Fungsi Sekring pada Sepeda Motor

liputanberitaku.com– Sistem kelistrikan pada sepeda motor terhitung sisi yang paling penting. Apa lagi, untuk motor jaman saat ini yang telah mengadopsi tehnologi injeksi. Mari kita bahas Fungsi Sekring Sepeda Motor

Sistem kelistrikan sepeda motor diperlengkapi komponen pengaman untuk menghindar korsleting. Elemen itu ialah Fuse atau dengan bahasa setiap hari kerap disebutkan dengan istilah sekring. Ukuran elemen ini kecil, tetapi mempunyai peranan besar pada sebuah serangkaian kelistrikan pada sepeda motor. Sekring berperan untuk memutuskan arus listrik berlebihan.

Sub Dept Head Technical Servis PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, menjelaskan, sekring akan automatis terputus atau putuskan saluran listrik, bila dalam serangkaian kelistrikannya terjadi korsleting atau jalinan pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran atau kerusakan.

“Terputusnya saluran listrik itu, akan manghilangkan atau turunkan kekuatan berlangsungnya kerusakan yang lebih kronis baik itu pada elemen kelistrikannya atau komkabel kabel dan elemen yang lain,” tutur Ade, dalam info resminya.

Ade menambah, dengan sekring, serangkaian kelistrikan akan terjaga keamanannya bila terjadi jalinan arus pendek atau saluran arus listrik berlebihan yang disebabkan karena banyak factor. Karenanya, untuk menahan berlangsungnya korsleting dan permasalahan lain pada sepeda motor, pemilik sepeda motor perlu lakukan pengecekan dan perawatan periodik.

Fungsi Sekring Sepeda Motor

Cara kerja sekring atau fuse

Cara kerja dari fuse ini adalah saat di dalam satu serangkaian kelistrikan kendaraan terjadi kelebihan muatan arus listrik atau terjadi jalinan arus pendek, karena itu secara automatis sekring barusan akan terputus hingga arus listrik stop mengucur / tidak diteruskan ke serangkaian elemen kelistrikan yang lain yang ada di belakang sekring hingga tidak ada kerusakan yang tidak diharapkan pada serangkaian itu.

cara kerja sekring fuse

Banyak orang bila sekring kerap putus, yang sudah dilakukan dengan lakukan jumper dengan memakai serabut kabel, menyambung kabel langsung atau menukar sekring sama ukuran yang semakin besar misalkan yang sebelumnya 5A jadi 10A. Walau sebenarnya ini benar-benar tidak dianjurkan, selainnya beresiko untuk elemen yang berdi belakang sekring, berefek berlangsungnya kebakaran pada mobil atau motor.

Bila pada kendaraan kalian sekring atau fuse nya kerap alami putus dan berkali kali menukar, kemungkinan ada permasalahan di bagian mekanisme kelistrikan, sebaiknya kerjakan pengecekan arus yang masuk ke sisi sekring itu, mencari pemicunya dan melakukan pembaruan.

Pemicu sekring meleleh

Secara umum pemicu mengapa sekring menetes ialah kualitas dari sang sekring itu yang buruk, atau karena saat penempatan kurang pas, ada sisi yang kendur hingga memunculkan recikan bunga api dan hasilkan panas yang pada akhirannya membuat sekring itu menetes.

Oleh karena itu saat akan beli sekring seharusnya lihat kualitas dari sekring itu, tidak boleh tergoda pada harga yang murah, karena saat mekanisme kelistrikan sedang bekerja, sekring ini akan memunculkan panas. Nach bila bahan pembikin isolator ( plastik ) dari rumah sekring kwalitasnya rendah dan tidak bisa meredam panas secara baik sudah tentu akan menetes.

Lihat juga saat kalian akan memasangkan sekring di dalam socketnya, connector atau socket sekring yang umum disebutkan “fuse holder” ini kendur, bisa memunculkan saluran arus yang tidak konstan dan memunculkan recikan bunga api hingga sekring bisa juga menetes karena ini.

Itulah tadi artikel tetang Fungsi Sekring Sepeda Motor, semoga bermanfaat!