Tanda-tanda Anda Perlu Ganti Atap Rumah

liputanberitaku.com– Atap rumah memiliki fungsi yang penting dalam sebuah bangunan. Atap rumah yang kuat bisa membuat perlindungan Anda dari panas matahari, hujan lebat, dan peristiwa atau keadaan cuaca ektrem yang lain.

Tetapi, sama dengan sisi bagunan lain secara umum, atap rumah mempunyai umur dan ketahanan yang makin lama makin sedikit. Anda harus bisa ketahui kapan saat yang pas untuk menukar atap rumah.

Saat Anda biarkan atap ringkih dan tidak menukarnya, akan beresiko pada keamanan Anda di dalam rumah. Berikut tanda-tanda Anda perlu mengganti atap rumah:

1. Periksa dan perbaiki atap secara bertahap

Untuk ketahui seperti apakah keadaan atap rumah Anda, hal yang penting dilaksanakan ialah mengeceknya sisi atap rumah. Anda bisa periksa satu-satu dan dapatkan sisi atap yang mulai rusak, berlubang atau bocor, percah dan ringkih. Bila mendapati hal tersebut, cepatlah menukarnya dengan atap yang baru. Langkah ini dipandang juga efektif supaya pergantian atap tidak dilaksanakan keseluruhannya hingga bisa mengirit pengeluaran Anda.

Disamping itu, sepanjang bekerja Anda pun perlu mengecek tiap ruang yang alami kebocoran. Bisa maka bocor itu dikarenakan oleh ada atap atau genteng yang rusak dan memiliki masalah.

2. Berusia 30 tahun

Atap dari material tanah liat umumnya mempunyai umur yang lumayan lama yakni sekitaran 20 sampai 30 tahun. Atap ini dipandang tahan lama dan dapat menahan panas cahaya matahari masuk ke ruang rumah Anda. Dalam pada itu, atap yang dari material asbes lebih singkat umurnya cuman sekitar di antara 4 sampai lima tahun saja.

Pada umumnya atap juga bergantung pada keadaan cuaca di tempat, atap bisa bertahan sedikit lama di wilayah yang lebih dingin dibanding atap di cuaca yang lebih panas. Bila umur atap telah pada batasan penggunaannya, Anda perlu selekasnya menggantinya dengan atap yang baru.

3. Atap berlumut

Salah satu tanda atap yang perlu ditukar ialah ada lumut yang menempel pada atap rumah Anda. Atap yang berlumut maknanya alami kelembapan di mana hal ini mengisyaratkan jika atap rumah ringkih. Karena ringkih, atap yang lembab ini beresiko pada kebocoran. Cepatlah mengganti tiap atap yang telah berlumut dan tidak pantas gunakan ini. Hal tersebut untuk selamatkan supaya atap yang bagus tidak dipengaruhi dengan keadaan atap yang jelek.

4. Bocor

Bocor menjadi salah satu pertanda jika atap rumah Anda memiliki masalah. Anda bisa jadi membenahi atap yang bocor itu dengan menambalnya tapi itu bukan jalan keluar.

Baiknya mengganti dengan atap yang baru, untuk mencegah kebocoran rumah secara sempurna.

5. Atap memudar dan kendur

Atap rumah yang memudar karena paparan matahari dan factor alam yang lain ini jadi pertanda jika umur atap rumah Anda telah tua. Pemudaran ini umumnya dituruti oleh ada sisi atap yang mulai lembek susunannya.

Bila mengalami hal tersebut, bertindaklah cepat, panggil pekerja professional dan perbaikilah atap rumah Anda dengan menukarnya sama yang baru. Walau berkesan tidak begitu mencelakakan, tapi resikonya kana terus meningkat dari waktu ke waktu.

Salah satunya cara tentu untuk ketahui jika atap Anda tidak berperan sebagus yang semestinya tak perlu mengeceknya dengan mengawasi bill energi. Bila Anda berasa makin mahal ongkos untuk memanasi atau mendinginkan rumah, kemungkinan pemicunya ialah atap. Karena memburuk, jadi kurang efektif sebagai isolator, membiarkan udara hangat keluar pada musim dingin.