Munculnya “Google terus berhenti” di Android dan Cara Mengatasinya

Liputanberitaku.com – Hari ini, Selasa (22/6/2021), banyak pengguna Android menemukan bahwa ponsel mereka terus menampilkan pop-up notifikasi kesalahan, menampilkan “Google terus berhenti” atau “Google terus berhenti” dalam pengaturan bahasa Inggris.

Bahkan jika aplikasi Google telah dihentikan secara paksa, jendela pop-up akan selalu muncul tanpa henti.

Selain itu, beberapa layanan Google seperti pencarian dan Gmail juga mengeluh tidak berfungsi. Notifikasi serupa juga muncul di perangkat Android di luar Indonesia, yakni terjadi dalam skala global.

Masalah ini diyakini berasal dari pembaruan terbaru ke aplikasi Google yang menyebabkan kesalahan. Berdasarkan pantauan KompasTekno di Twitter, hingga pukul 14.05 WIB, kata kunci “Google” masih menjadi topik hangat di Twitter di Indonesia.

Google mengkonfirmasi melalui akun Twitter perusahaan bahwa ada masalah dengan layanannya, tetapi belum menjelaskan alasannya.

Google merekomendasikan untuk menekan dan menahan tombol daya selama 30 detik untuk memulai ulang dengan lembut.

Cara mengatasi Google terus berhenti dan Google keeps stopping di Android

Tribunnews.com

Untuk memperbaiki masalah “Google terus berhenti”, pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul.

Langkah-langkahnya, buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.

Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Hapus instalan pembaruan”. Klik “ok” di prompt yang muncul.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno dengan perangkat yang mengalami masalah serupa, cara di atas efektif menghentikan pop-up “Google terus berhenti”.

Namun, ini mungkin hanya solusi sementara. Perbaikan sepenuhnya boleh jadi harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus error Android WebView beberapa waktu lalu.

 

 

 

 

Artikel asli