Bagaimana Merawat Tanaman Hias Calathea

Liputanberitaku.com — Bagaimana Merawat Tanaman Hias Calathea- Calathea adalah genus tanaman herba abadi rhizomatous neotropical; yang anggotanya umumnya di sebut sebagai Calatheas. “Tanaman doa” adalah istilah sehari-hari yang mengacu pada anggota genus Maranta, yang terkait erat dengan genus Calathea. Faktanya, mereka semua dianggap sebagai “tanaman doa”.

Daun Calathea digunakan di daerah tropis (terutama Brasil) untuk kerajinan tangan dan kemasan makanan. Karena keragaman bentuk daun, keranjang tersebut terjalin dengan daun lanset dan makanan di bungkus dengan daun yang lebih lebar. Tanda daun berwarna-warni di sebagian besar Calatheas menjadikannya penting secara ekonomi sebagai tanaman hias dan popularitasnya semakin meningkat. Calathea veitchiana “Medallion” (Medallion calathea), Calathea lancifolia (Rattlesnake calathea) dan Calathea ornata (Pinstripe calathea), adalah beberapa spesies yang paling populer.

Sederhananya, Marantaceae di juluki keluarga “Tanaman Doa” karena pergerakan harian daun tanaman yang dikenal sebagai nictinasty. Beberapa tumbuhan dalam famili ini membesarkan daunnya pada malam hari dan menurunkannya pada siang hari dengan ritme sirkadian. Mereka memindahkan daun dengan mengubah tekanan air di pulvin mereka, simpul bengkak di pangkal daun, di sepanjang tangkai daun (tangkai daun). Gerakan-gerakan tersebut di yakini memiliki tujuan mengikuti pergerakan matahari di langit guna memaksimalkan penyerapan cahaya. Bagaimana Merawat Tanaman Hias Calathea

Perawatan umum

Sinar matahari

Ia hidup dalam cahaya tidak langsung sedang hingga terang, tetapi dapat mentolerir cahaya tidak langsung yang rendah.

air

Sirami setiap 1-2 minggu, biarkan tanah mengering di tengah waktu di antara penyiraman. Berharap untuk menyiram lebih sering dalam cahaya yang lebih terang dan lebih jarang dalam cahaya redup.

Kelembaban

Jika memungkinkan, ini bekerja paling baik dalam kondisi kelembaban tinggi.

Suhu

65 ° F-85 ° F (18 ° C-30 ° C). Sebaiknya jangan biarkan suhu di bawah 15 ° C.

Masalah umum

GEJALA: Daun layu, keriting, tanah kering

PENYEBAB: di bawah air

 

GEJALA: daun menguning, pangkal hitam

PENYEBAB: Overwatered

 

GEJALA: bercak daun

PENYEBAB: Infeksi jamur atau penumpukan mineral dari air ledeng. Gunakan air suling dan air langsung di tanah sekitarnya.

Tindakan pencegahan

Tanaman ini ramah hewan peliharaan, tetapi praktik terbaiknya adalah selalu menjauhkan tanaman hias dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.