Mengapa Gatal Setelah Digigit Nyamuk ?

Liputanberitaku.com – Kita semua pernah digigit nyamuk, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Selain kemampuannya menularkan banyak penyakit, gigitan nyamuk juga meninggalkan tonjolan merah dan gatal.

Lalu apa penyebab gigitan nyamuk dan gatal-gatal ?

Menurut orang dalam, sensasi gatal setelah digigit nyamuk berkaitan dengan rasa gatal setelah digigit nyamuk dan sistem kekebalan tubuh kita.

Nyamuk tidak hanya menghisap darah, tetapi juga menyerang kulit dengan air liur. Persis proses inilah sistem kekebalan tubuh kita bereaksi terhadap rangsangan.

“Reaksi sistem kekebalan kulit menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal,” kata Jeffrey M. Cohen, asisten profesor dan dokter kulit di Yale University School of Medicine.

Namun, kita tidak perlu khawatir soal rasa gatal akibat gigitan nyamuk, karena ada beberapa solusi untuk meredakannya.

1. Menggunakan antihistamin

“Antihistamin ini seperti obat alergi yang dapat mengurangi beberapa sinyal di tubuh kita yang memberi tahu rasa gatal di kulit kita,” kata Cohen.

Contoh antihistamin adalah Benadryl. Kita dapat menggunakan dosis anak-anak sehingga tidak membuat kita mengantuk.

2. Menggunakan lotion anti-gatal analgesik

Analgesik biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi ada beberapa yang secara khusus dibuat untuk menghilangkan rasa gatal.

Cohen merekomendasikan losion anti-gatal Sarna atau Cerave Itch Relief Moisturizing Cream. Dia mengatakan kedua produk ini akan menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

3. Jangan menggaruknya

Meskipun keinginan kita untuk menggaruknya begitu besar, ada baiknya kita bersabar dan menghindari tindakan ini.

“Menggaruk dapat mengiritasi area gatal lebih dari yang sudah ada, dan membuat gigitan bertahan lebih lama dan lebih gatal,” kata Cohen.

Selain itu, perlu diketahui bahwa garukan dapat menyebabkan infeksi bila tangan atau kuku kita kotor.

4. Menggunakan obat steroid topikal

Cohen mengatakan bahwa banyak salep yang mampu mengurangi aktivasi kekebalan di kulit, sehingga mengurangi rasa gatal. Contoh salep steroid yang dijual bebas adalah krim hidrokortison seperti Cortizone 10.

5. Hindari digigit

Cohen menyatakan cara terbaik untuk gigitan nyamuk adalah dengan menghindarinya. Kita dapat melakukan ini dengan mengenakan pakaian pelindung, lotion anti nyamuk dan obat nyamuk.

 

 

 

 

Artikel asli