Tips Merawat Motor Metic Sehari-Hari

liputanberitaku.com–Mempunyai sepeda motor matic memang seharusnya memerlukan banyak perawatan.Khususnya untuk anda yang menggunakan motor matic untuk operasional kerja setiap hari atau sebagai sales/ojol yang perlu habiskan beberapa waktu di jalan bersama motor matic anda, karena itu anda harus membaca langkah menjaga motor matic ini sampai usai.

Perawatan motor yang sudah dilakukan dengan teratur dibengkel pasti baik untuk selalu jaga perform motor. Tetapi selainnya perawatan teratur ke bengkel sah, anda pun wajib melakukan pengujian dan perawatan sendiri setiap hari. Ini agar keadaan motor matic anda selalu terlindungi dan masih tetap dalam perform sempurna.

Berikut panduan merawat motor metic:

1. Jaga Agar Tetap Bersih

Langkah menjaga motor matic yang pertama ialah jaga kebersihan. Membersihkan motor dengan teratur akan membuat motor matic Anda selalu kelihatan bagus. Ada keuntungan tertentu jika anda membersihkan sendiri motor anda, yakni anda dapat sekaligus lakukan “diagnosis” kesemua sisi motor anda. Adakah baut yang penting dikenjangkan, atau ada aksesori yang ingin terlepas dan lain-lain.

Bukan hanya waktu mencucinya saja, tetapi saat keringkan motor juga, Anda akan mempunyai peluang untuk menyaksikan kembali adakah tempat yang memiliki masalah. Keadaan motor yang bersih menghalangi debu-debu atau kotoran melekat yang dapat menghancurkan elemen motor matic anda.

2. Ganti Oli Mesin

Sepeda motor baik matic ataulah bukan memang memerlukan pergantian oli secara periodik supaya masih tetap “sehat” keadaan mesinnya.

Jeda yang dianjurkan tiap 2-3 bulan atau tiap 2.000 km (yang mana terlebih dahulu). Pakai saja tipe oli yang telah direferensikan oleh pabrikasi. Tak perlu memakai oli yang “aneh-aneh” terkecuali anda memang memahami dengan tipe mesin bermotor anda dengan keperluan oli-nya. Karena banyak tipe variasi oli dengan beragam kekentalan yang sudah pasti memiliki arah yang berbeda.

3. Periksa Selalu Ban Motor Anda

Mengecek ban motor matic Anda dan menjaga kekerasan ban yang pas penting pada motor apa saja. Saat sebelum pergi, lakukan untuk mengecek ban lebih dulu, apa ban motor anda masih rata dan masih juga dalam penekanan yang akurat.

Check pelek untuk pastikan tidak ada penyok atau rengat. Jika anda melakukan modifikasi velg motor matic dengan velg jari-jari, karena itu sekaligus check jari-jari velg untuk menyaksikan adakah yang hancur atau kendur.

Bila Anda cuman punyai dana untuk beli satu alat perawatan sepeda motor, karena itu belilah alat pengukuran penekanan udara yang berkualitas. Selalu check keadaan kekerasan ban saat dingin (belum dipakai), dan tambah udara sama sesuai keperluan.

4. Pemeliharaan Komponen Penting

Lakukan untuk dengan teratur mengecek mur, baut dan beberapa komponen lain untuk kekencangan dan keamanan. Lakukan check keadaan baut motor anda secara detail dengan kunci cocok yang pas untuk pastikan baut masih kuat.

Sepeda motor rawan pada getaran, mur bisa makin kendur dan ini sedikit akan mencelakakan. Tidak boleh berikan seutuhnya pada mekanis bengkel sebab bisa saja terjadi “human error”. Selalu check ulangi kekencangan semua baut motor anda.

5. Periksa Lampu

Selalu lakukan untuk mengecek keadaan beberapa lampu di motor anda, baik lampu depan, lampu belakang, lampu kota dan lampu reting. Khususnya untuk anda yang di kota, lampu depan yang mati memiliki arti anda punyai peluang besar untuk bermasalah dengan pak polisi.