6 Tips Merawat AC Mobil Tetap Dingin

liputanberitaku.com– Mekanisme pendingin AC sekarang kelihatannya menjadi feature yang wajib ada setiap mobil. Pasti karena ada AC di dalam mobil membuat kita berasa dingin dan semakin nyaman saat berkendaraan setiap hari, apa lagi keadaan cuaca di negara tropis seperti Indonesia yang cukup panas dan lembab dan belum juga ditambahkan keadaan lalu-lintas terutamanya Jakarta yang selalu macet membuat kedatangan AC jadi benar-benar berguna dan diperlukan. Belum lagi saat hujan kehadiran AC akan berguna untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil.

Seringkali karena terlalu seringnya digunakan setiap waktu membuat performa AC jadi tidak optimal. Kemungkinan banyak antara kamu yang sempat alami AC nya memiliki masalah seperti tidak dingin.

Permasalahan itu tentu saja akan cukup mengusik kamu dalam berkendaraan setiap hari. Nach, karena itu yok silahkan kita sedikit mengenali pemicu AC mobil tidak dingin dan 6 panduan gampang menjaga AC mobil supaya masih tetap dingin.

Kemungkinan beberapa dari kamu terkadang berasumsi jika AC tidak dingin “ahh paling freonnya doang yang habis atau mungkin kurang, tinggal lebih freon saja”. Nach, perlu kamu kenali jika freon pada AC mobil tidak habis untuk periode waktu lama, itu maknanya bila freon pada AC mobil kamu kerap cepat menyusut atau bahkan juga habis, kemungkinan ada kebocoran pada mekanisme pendingin AC mobil kamu.

Karena itu cematilah dulu saat sebelum menambahkan freon dan kenali penyebab-penyebab AC mobil yang tidak dingin berikut:

Nach, 6 panduan gampang menjaga AC mobil supaya masih tetap dingin.

1. Jaga Kebersihan Pada Kabin Mobil

Pastikan kabin mobil kamu selalu bersih dari debu dan kotoran, kabin yang kotor dan berdebu sangat tidak bagus untuk kebersihan AC mobil, karena debu dan kotoran itu bisa melekat pada kabin dan jok mobil.

2. Jauhi Membuka Lebar Kaca Saat AC Menyala

Jangan mengemudikan mobil dengan jendela lebar terbuka, apa lagi saat AC dinyalakan.

3. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Upayakan lakukan perawatan periodik di bagian kondesor AC, membersihkan kondensor saat kamu membersihkan mobil untuk buang kotoran dan debu yang melekat, yang bisa mengakibatkan kebocoran dan korosi.

4. Hindari Merokok Dalam Keadaan AC Mobil Menyala.

Bila ingin merokok dalam mobil seharusnya matikan AC dan bukalah kaca supaya asap rokok itu keluar dan tidak melekat di kabin mobil.

5. Bersihkan Filter Kabin

Janganlah lupa selalu untuk menjaga dan bersihkan filter kabin. Kerjakan perawatan dengan saat lakukan service di tukang service AC mobil. Bila sudah disarankan untuk tukar, seharusnya lakukan penggantian filter kabin secara periodik.

6. Lakukan Selalu Servis Berkala Pada AC Mobil

Dengan lakukan servis berkala pada AC akan membuat kamu jadi lebih gampang saat lakukan perawatan dan teratur dalam penggantian parts pada mekanisme pendingin AC mobil kamu.

Sebetulnya, langkah yang termudah dan bisa kamu kerjakan setiap waktu untuk jaga AC mobil supaya masih tetap dingin dan tidak bau apek yakni dengan selalu jaga kebersihan pada kabin mobil. Kabin yang bersih dan tidak berdebu akan menolong menjaga AC mobil kamu jadi tetap dingin dan tidak bau apek