Cara Merawat Taman agar Tetap Indah

liputanberitaku.com– Sebagian besar orang sedang menambahkan keindahan rumah dengan mempunyai taman. Pohon-pohonan dan bunga yang terurus membuat semua rumah kelihatan cantik.

Tetapi untuk memperoleh taman yang baik bukan hal mudah. Harus dilaksanakan pemelihara dengan teratur dalam waktu tertentu supaya sebuah taman dapat terlihat prima.

Berikut sejumlah panduan simpel tetapi efisien yang dapat Anda kerjakan untuk taman di dalam rumah dan mengawasinya masih tetap sehat dan bersih.

1. Periksa tanaman saat sebelum beli

Bila Anda ingin jaga taman Anda masih tetap terurus, lihatlah beberapa jenis tanaman yang akan dibeli.

Periksa sisi atas tanaman dengan benar-benar berhati-hati dan lihat juga kualitas akarnya. Terkadang tanaman yang kelihatan sehat di atas kemungkinan mempunyai akar busuk.

2. Tetap rapi dan bersih

Menjaga kebersihan taman Anda selama setahun khususnya sepanjang musim gugur. Tidak ada saat yang pas untuk bersihkan taman harus dilaksanakan dengan teratur selama setahun.

Bila Anda biarkan kebun Anda tidak terurus untuk waktu lama, maka pasti jadi benar-benar kotor dan penuh dengan serangga dan kuman.

3. Singkirkan serangga

Serangga benar-benar tidak bagus untuk taman, jadi Anda harus terus-terusan mengeceknya. Kuman seperti virus serta bakteri mayoritas bisa masuk tanaman saat tanaman berlubang. Serangga dapat membuat lubang pada salah satunya sisi tanaman dan membuat jadi rawan terkena.

Jika sudah kronis, seharusnya diskusi dengan perusahaan pengendalian hama professional supaya hama serangga dari taman dapat disingkirkannya.

4. Pakai pupuk dengan berhati-hati

Untuk menyuburkan tanaman, pakai pupuk alami seperti kompos. Tetapi bila Anda memutuskan untuk memakai pupuk bikinan pabrik, seharusnya berhati-hati. Jika Anda memakai pupuk yang keliru dampaknya langsung bisa membakar akar tanaman, dan kurangi kekuatan peresapan air. Ini mengakibatkan tanaman jadi sters karena menanggung derita kekeringan. Jika tidak teratasi, tanaman dapat mati.

Untuk menghindari ini, Anda bisa lakukan tes tanah dan memperoleh info tentang tingkat nutrisi dalam tanah hingga dapat menyesuikan takaran pupuk.

5. Sirami tanaman dengan benar

Sama dengan manusia, tanaman memerlukan air yang cukup buat bertahan hidup. Tapi jumlah air yang diberi harus tepat. Terlampau sedikit air bisa membuat tanaman tidak bernyawa sementara kebanyakan air bisa menggenangi tanah dan mengakibatkan pembusukan akar.

Karenanya, penting untuk ketahui tingkat keperluan air masing-masing tanaman agar bisa diberi dengan jumlah yang cukup.

6. Pengendalian hama

Jika hama telah serang, tumpas habis dengan simpel yakni dengan ambil dan buang hama seperti belalang, siput, dan yang lain, atau pakai kontribusi beberapa obat penghilang hama.

Anda dapat memakai obat hama biologis yang aman, ramah lingkungan, dan gampang untuk dibikin, atau mungkin dengan memakai pestisida. Kerjakan pengaturan hama dimulai dari usaha pencegahanya, yakni jaga kebersihan taman dan tempat sekitaran, dan jaga tingkat kelembapan

7. Penyiraman

Ketahui tanda-tanda tanaman yang kelebihan atau kekurangan air. Tes tingkat kebasahan tanah dengan memakai jari dan melakukan penyiraman sesuai keperluan. Saat yang terbaik untuk menyirami taman ialah di sore atau pagi hari hingga proses penyerapan air dapat jalan lebih prima.

Penyiraman sebagai salah satunya faktor penting dalam perawatan taman. Penyiraman perlu dilaksanakan secara tepat dan teratur supaya tanaman tidak alami kekeringan atau kelebihan air.

8. Pemangkasan

Pemotongan dapat dilaksanakan dengan menggunting cabang, dahan, atau daun tanaman. Pemotongan tanaman perlu dilaksanakan dengan teratur supaya masih tetap kelihatan rapi dan menarik khususnya untuk taman minimalis yang menunjukkan kesederhanaan. Beberapa panduan terkait dengan pemotongan sebagai sisi dari perawatan taman ialah:

  • Potong tangkai dan daun yang bergerombol dengan arah supaya sinar matahari dan udara dapat bersirkulasi dengan bebas. Ini berguna untuk menolong perkembangan tanaman. Khusus untuk tanaman buah, pemotongan semacam ini akan menolong hasilkan panen yang banyak.
  • Pergunakan alat seperti gunting dan sabit yang bersih dan tajam untuk memudahkan proses pemotongan.
  • Jangan berlebihan karena bisa menghancurkan tanaman Anda. Dianjurkan supaya tidak memotong lebih dari 1/3 sisi pohon untuk memperoleh hasil terbaik.
  • Janganlah lupa bersihkan tempat taman dari tanaman kering dan daun-daun kering yang mungkin melekat pada pohon. Kumpulkan daun-daun kering itu dan gunakan sebagai bahan pembuatan kompos.

9. Menjaga kualitas media tanam

Untuk tanaman dalam pot, perlu dilaksanakan pergantian tempat tanam secara periodik. Disamping itu, alihkan tanaman ke pot yang semakin besar dan sesuai ukuran tanaman itu.

Untuk tanaman dikebun Gemburkan tanah dengan teratur untuk mempermudah akar tanaman dalam memperoleh oksigen dan mempernyerap air. Susunan tanah dan tempat tanam yang bagus untuk tumbuhan sebaiknya gembur, gampang remuk, dan gampang dikeduk.