Waktu yang Tepat Ganti Wiper Mobil

liputanberitaku.com– Komponen lain pada mobil, wiper perlu diganti seiring dengan pemakaian. Jika pemilik mengabaikan, dalam periode waktu menengah bisa merugikan.

Ada banyak tanda-tanda yang bisa memberi pertanda jika wiper mobil harus selekasnya diganti. Tanda-tanda intinya ialah karet wiper telah tipis dan getas. “Disini saja telah kelihatan jika keadaan wiper tidak sehat hingga bisa memberinya hasil kurang efisien saat sapu air hujan di kaca depan,” kata Aftersales Divisi Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Saat wiper coba sapu hujan di kaca depan mobil, lebih ia, masih tetap ada garis-garis air yang ketinggalan. Itu tanda-tanda lain jika wiper harus selekasnya ditukar. Ukuran wiper mobil sendiri di antara sisi kiri dan kanan berlainan. Beberapa pemilik atau pemakai dapat ketahuinya dengan menanyakan langsung ke diller sah. Hingga, tidak salah ukuran saat akan lakukan penggantian.

“Sudah pasti ada pemicu dari design semacam ini. Pertama, design kaca mobil edisi terkini lebih agak miring dan lebar bila dibanding wujud awalnya,” tutur Imansyah.

Ini pasti lurus sebanding dengan design mobil modern yang kurang tahan udara. Pada akhirnya, ukuran wiper ikuti dimensi kaca depan mobil. Ke-2 , penglihatan disamping pengendara jadi lebih jernih karena sapuan wiper memang makin luas. Berikut yang pada akhirnya membuat ukuran wiper disamping pengendara jadi lebih panjang dibanding disamping penumpang.

Garis pada Kaca

Lalu kapan saat yang pas mengganti karet wiper?

Menyikapi hal itu, Agung menjelaskan sapuan wiper jadi ciri-ciri khusus ketahui elemen ini harus segara ditukar atau tidak.

“Bila sapuan wiper masih bersih, karena itu keadaannya masih tetap baik. Jika ada garis karena sapuan air kurang prima karena itu wiper mulai hancur dan harus selekasnya ditukar,” papar Agung.

Waktu untuk Ganti Wiper

Tidak itu saja, jika ada suara gesekan saat wiper bekerja, pemilik kendaraan harus selekasnya mengganti komponen. Tidak boleh salah pilih, pemilik harus juga memperhatikan wiper yang dipakai.

“Dan jika wiper tidak bersih bersihkan air di kaca dan kedengar suara gesekan kuat tanda wiper telah hancur,” ucapnya.