5 Langkah Memperbaiki Pintu Rumah yang Geret dan Berderit

Liputanberitaku.com – Pintu rumah yang geret dan berderit pasti menghalangi kegiatan masuk-keluar yang tinggal di rumah. Karena, pintu jadi susah dibuka atau ditutup dan memunculkan suara yang mengusik.

Biasanya, persoalan semacam ini terjadi saat musim penghujan karena material pintu yang memuai dan punya pengaruh pada engsel atau pintu.

Tetapi, ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk menangani persoalan itu. Merilis dari beragam sumber, Jumat (2/7/2021), berikut langkah membenahi pintu rumah yang geret dan berderit.

1. Yakinkan pintu pada keadaan kering dan tidak lembab

Saat sebelum membenahi atau membedah pintu, seharusnya cek lebih dahulu apa pintu pada kondisi kering atau lembap.

Karena, pintu yang terlampau lembap bisa mengakibatkan geret dan suara berderit saat dibuka dan ditutup.

Ini karena pada kondisi lembap, pintu lebih gampang memuai dan jadi keras hingga susah didorong atau diambil.

2. Menjemur Pintu

Untuk menangani persoalan pintu geret, hal yang bisa dilaksanakan adalah melepaskan pintu dan menjemurnya di bawah cahaya matahari langsung sampai kering dan tidak lembap.

Yakinkan semua permukaan pintu terserang cahaya matahari secara detail.Langkah ini dilaksanakan untuk kembalikan ukuran pintu seperti sebelumnya.

Sesudah pintu kering, cat ulangi sisi pintu yang berpori-pori supaya pintu seperti terlihat baru dan tidak lusuh.

3. Memberinya pelumas

Saat itu, untuk pintu yang berderit, kamu dapat menanganinya dengan memberinya pelumas di bagian engsel pintu. Pintu yang berderit umumnya karena engsel kering, berkarat, telah terlampau, dan tidak terurus.

Dengan memberinya pelumas pada engsel, logam engsel tidak memunculkan gesekan dan suara derit pintu juga bisa ditangani.

Kamu dapat memakai pelumas khusus engsel atau beberapa bahan rumahan yang lain seperti minyak kelapa, minyak zaitun, bodi lotion, atau baby oil,

4. Mengencangkan skrup

Bila pintu dan engsel masih baru, tapi keluarkan suara berderit, peluang pemicunya ialah skrup yang kendur.

Pakai obeng untuk kencangkan skrup dengan melepas pintu dan slop besi yang menyambungkan engsel dan sekrup, lalu masukan fischer atau bantalan engsel.

Apabila sudah berada di posisi pas, mengencangkan dengan obeng dan pasang pintu kembali lagi ke kusen. Janganlah lupa memberikan pelumas supaya tidak geret atau berderit kembali.

5. Mengganti engsel

Langkah memperbaiki pintu rumah yang geret dan berderit setelah itu mengganti engsel pintu lama dengan engsel baru.

Sebelumnya, tentukan material kayu dan engsel yang berkualitas agar tahan lama pada cuaca atau debu hingga tidak gampang hancur dan keropos.

 

 

 

Artikel asli