hit counter

Cara Rawat Furnitur Rotan Agar Awet

liputanberitaku.com– Furnitur rotan memberinya sentuhan ciri khas bagus untuk dekorasi dalam atau luar ruang. Berbahan yang enteng, bertahan lama, dan ramah lingkungan membuat menjadi satu diantara material favorite untuk isi pojok tempat tinggal.

Sayang, rotan dapat cepat ringkih atau hancur saat terserang panas atau udara lembap yang terlalu berlebih. Tetapi, perawatan periodik akan mengawasinya masih tetap kuat sepanjang tahun di depan.

Furniture rotan dikenali banyak memiliki pojok dan sela yang bisa memuat kotoran dan debu. Karenanya, furniture ini harus dibikin bersih dengan sikat tiap minggu. Untuk membersihannya tiap minggu, Anda dapat memakai kain lap halus pada semua permukaan furniture. Ini akan menahan penimbunan debu yang terlalu berlebih.

Kemudian, pembersihan yang lebih lengkap memakai air harus dilaksanakan tiap bulan. Ini mempunyai tujuan untuk bersihkan bintik makanan, minuman, atau lumpur yang kemungkinan ketinggalan. Untuk pembersihan setiap bulan, pakailah kontribusi air supaya tiap bintik dapat terangkut dengan optimal. Pakai sikat gigi untuk menolong hilangkan kotoran yang jadi kering pada rotan.

Selanjutnya, basahi kain simpan setetes cairan pembersih piring di atas kain. Membersihkan tempat yang bernoda. Kemudian lap dengan kain basah dan diamkan tempat itu mongering. Bila ada lumpur yang masih ada, pakai sendok atau pisau pijakl untuk mengusungnya dari rotan. Tidak boleh kerjakan secara kasar karena akan menghancurkan struktur furniture.

Kemudian, pakai kain basah dan furniture rotan jadi kering sendirinya. Minimal satu tahun sekali, kerjakan pengecekan serat dan perkembangan jamur terlebih bila furniture rotan ada di luar ruang. Mencari pada furniture apa ada tempat yang terbelah atau patah. Bila furniture diletakkan di luar ruang, check adakah jamur dan lumut yang sering ditemui pada tempat kaki.

Bila ada jamur, membersihkan memakai campur larutan pemutih dan air dengan perbedaan yang serupa. Selanjutnya jemur di bawah cahaya matahari, untuk pengeringan yang cepat. Supaya usia furniture dari rotan ini dapat tahan lama, lapisi permukaan atasnya dengan minyak biji rami. Minyak akan menambahkan kelembapan dan menolong menahan kerusakan.