Setelah 6 Tahun Akhirnya Bendungan Tukul Pacitan Diresmikan Jokowi

Liputanberitaku.com – Pembangunan Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur akhirnya selesai juga. Bendungan senilai Rp 916 miliar ini sudah siap untuk dioperasikan.

Peresmian Bendungan Tukul

Bendungan ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan datang langsung ke Pacitan.
“Alhamdulillah pada siang hari ini Bendungan Tukul yang telah dimulai 6 tahun yang lalu dengan biaya yang tadi itu Rp 916 miliar hari ini sudah selesai dan siap difungsikan,” ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Bendungan Jadi Infrastruktur Daerah

Sumber Gambar : www.presidenri.go.id

Jokowi berharap dengan beroperasinya Bendungan Tukul nanti bisa menjadi infrastruktur yang bisa memperkuat ketahanan air dan pangan, khususnya untuk wilayah sekitar.
“Saya meminta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten benar-benar bisa memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya. Sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah,” tegas Jokowi.

Bendungan Untuk Pengendali Banjir

Jokowi juga meyakini bendungan ini bisa berperan penting nantinya untuk pengendalian banjir, irigasi, dan penyediaan air dengan volume sekitar 300 liter per detik.
“Tentu saja ini untuk warganya bapak bupati pacitan dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik bendungan ini bisa memberikan manfaat sangat besar yaitu 600 hektare sawah yaitu meningkatkan indeks pertanaman yaitu dari tadinya satu kali. Satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija menjadi 2 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija. Insya Allah ini sudah bisa dilihat dan dilakukan,” terang Presiden Jokowi.