5 Cara Membangun Mental Kuat Dari Diri Sendiri

Liputanberitaku.com – Dalam menghadapi tantangan hidup, kita tidak perlu menjadi terlalu keras pada diri sendiri. Yang kita butuhkan yaitu kesadaran, kemahiran, dan bagaimana kita mengelola pikiran kita agar memiliki mental yang siap.

Kemampuan untuk membangun mental yang kuat juga tidak datang secara tiba-tiba. Jadi, kita harus membangunnya dengan melakukan berbagai strategi yang tepat.

Nah, para ahli kesehatan memberikan beberapa cara untuk membangun mental yang lebih kuat dan tangguh, seperti berikut ini.

1. Jangan takut pada kegagalan

Michael Jordan selalu menganggap dirinya belum sempurna. Itu adalah kunci kenapa dia bisa menjadi seorang atlet basket yang hebat dan dikagumi banyak orang.

“Saya telah gagal berulang kali dalam hidup saya. Namun saya tetap bergerak maju untuk membuat keberhasilan dalam tembakan bola saya,” ungkapnya.

Di satu sisi, pelatih pribadi dan pemilik Ignite Peak Performance di Vermont, Lisa Stephen menyatakan bahwa melakukan kesalahan hanyalah pengingat yang memberi tahu kita kalau kita sedang ke luar jalur.

“Gunakan kegagalan untuk berfokus pada apa yang harus dilakukan selanjutnya. Lalu lupakan kesalahan itu,” terangnya.

“Intinya ialah kita tidak dapat melakukan yang terbaik jika selalu berfokus pada yang terburuk,” lanjut dia.

2. Jangan menunda pekerjaan

Lepaskan konsep bahwa inspirasi hanya bisa datang dalam zona yang nyaman, sebab ini akan membuat kita banyak menunda pekerjaan.

Kenyataannya, tidak akan pernah ada waktu yang “nyaman” untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga jika kita menunggu suasana hati yang baik, itu akan membuat pekerjaan jadi terbengkalai.

3. Menjadi lebih kuat secara fisik

Direktur kebugaran Men’s Health, Ebenezer Samuel berkata bahwa tubuh manusia bisa beradaptasi untuk menghadapi tantangan baru yang mungkin tidak selalu nyaman.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kekuatan mental, kita juga perlu menjadi lebih kuat secara fisik terlebih dulu.

4. Berani menolak beban kerja yang tidak masuk akal

Belajar mengatakan tidak pada atasan dikarenakan beban kerja yang tidak masuk akal memang sulit dan membutuhkan waktu untuk melakukannya.

Banyak orang tidak berani menolak karena mereka takut kehilangan kesempatan atau dianggap tidak mampu bekerja oleh atasan.

5. Berlatih yoga

Marks berkata bahwa yoga merupakan cara tepat untuk menghilangkan stres dan bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang kurang menyukai meditasi.

Latihan yoga juga bermanfaat mengurangi stres serta berfokus pada pernapasan yang dapat membantu merilekskan tubuh, melemaskan otot yang tegang, dan meredakan ketegangan.

 

 

 

Artikel asli