Macam-macam Jaringan Komputer, Lengkap dengan Pengertiannya

Macam-macam Jaringan Komputer — Komputer menjadi sisi dari kehidupan manusia. Dengan computer, perkembangan tehnologi internet semakin cepat. Karena ada internet, penyebaran info jadi lebih cepat diterima oleh beragam kelompok masyarakat.

Jaringan computer ialah satu mekanisme yang terdiri dari 2 computer ataupun lebih, yang sama-sama terkait satu sama yang lain lewat media transmisi atau media komunikasi hingga dapat sama-sama share program, data atau share hardware komputer.

Istilah jaringan computer bisa juga disimpulkan sebagai satu kelompok beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua computer ataupun lebih yang sama-sama tersambung. Arah dibuatnya jaringan computer ialah agar data atau info yang diusung oleh transmitter (pengirim) dapat sampai ke receiver (yang menerima) secara tepat, cepat dan tepat.

Macam-macam Jaringan Komputer
Macam-macam Jaringan Komputer

Dengan adanya jaringan komputer, pemakainya bisa berbicara keduanya secara mudah. Disamping itu, peranan dari jaringan komputer ini benar-benar diperlukan untuk mengintegrasi data antara komputer-komputer client hingga bisa mendapat satu data yang berkaitan. berikut 5 tipe tipe jaringan komputer, Senin (4/3/2109).

1. Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terkonsentrasi ialah tipe jaringan computer yang terdiri dari 1 komputer induk dan satu ataupun lebih komputer terminal. Komputer induk berperan untuk sumber data yang diperlukan oleh komputer terminal.

Komputer induk berikut yang simpan semua beberapa data atau aplikasi program untuk selanjutnya dialokasikan ke komputer terminal.

Sedang komputer terminal tersebut umumnya cuman berperan menjadi mediator pemakai untuk terhubung komputer induk.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terbagi sebagai tipe jaringan computer yang terbagi dalam beberapa computer induk. Berlainan dengan jaringan terkonsentrasi, pada jaringan terdistibusi, semua host yang tersambung pada jaringan ini dapat berperanan sebagai komputer induk seperti peranan computer induk dalam jaringan terkonsentrasi.

Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer tipe ini bukan hanya dari 1 komputer induk (server).

Tipe tipe jaringan computer berdasar peranan dan hubungan setiap komputer dalam memproses data

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari 1 ataupun lebih computer yang bertindak selaku server dan beberapa computer yang berperanan sebagai klien. Umumnya yang bertindak selaku server cuman satu computer dan computer yang lain berperanan sebagai klien.

Computer server berperanan sebagai penyuplai sumber daya atau data, sedang computer klien memakai sumber daya atau data yang disiapkan oleh computer server itu.

2. Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini tipe ini, masing-masing computer, baik computer klien atau computer server memiliki peranan dan posisi yang serupa. Dalam kata lain, computer server menjadi computer klien, dan kebalikannya, computer klien juga menjadi computer server.

Jenis tipe jaringan komputer berdasar Topologi

1. Topologi Hybrid

Topologi hibrid ialah topologi yang luas yang mana topologi itu ialah gabungan dari 2 ataupun lebih tipe topologi yang lain. Topologi hybrid itu memiliki semua beberapa ciri dan karakter dari tipe topologi yang berada di dalamnya.

2. Topologi Jaringan Ring

Topologi ring atau topologi cincin merupakan Topologi jaringan yang rangkaiannya berbentuk titik yang mana masing-masing titik sisi kanan dan kirinya terhubung ke dua titik yang lain sampai ke komputer yang pertama dan pada akhirnya membuat cincin atau lingkaran.

3. Topologi Star

Topologi star sebagai wujud jaringan yang mana ada satu penyambung (Hub/Switch) sebagai pusat dan tiap computer tersambung ke penghubung itu.

Hub/Switch ini tempatnya berada di central dan berperan untuk menghubungkan satu computer ke tiap komputer yang tersambung dan menghubungkan computer ke File Server.

4. Topologi Mesh

Topologi Mesh atau gampangnya dinamakan topologi jaring ialah wujud topologi jaringan yang mana semua Workstation dapat tersambung keduanya secara random atau mungkin tidak teratur.

Karena Workstation langsung tersambung dengan Workstation tujuan karena itu arus data dapat dilaksanakan secara cepat tak perlu lewat workstation lain.

5. Topologi Jaringan Tree

Topologi jaringan tree atau pohon sebagai topologi jaringan yang bertingkat dan hierarki yang mana antara jaringan memakai Hub/Switch dan masing-masing Hub tersambung dengan file server.

Topologi tree sebetulnya ialah gabungan dari topologi star dan topologi bus tetapi yang membedakannya ialah topologi tree ini ada beberapa Hub dalam jaringannya dan mekanismenya yang hierarki.

Tipe tipe jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis

1. LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya meliputi tempat atau daerah yang kecil saja. Biasanya dipakai pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN ialah jaringan computer pada sebuah kota atau antara kota tertentu dengan kecepatan data transfer yang tinggi. Jaringan computer ini menyambungkan beragam lokasi seperti perkantoran, universitas, pemerintah, dan sebagainya.

3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN ialah satu tipe jaringan komputer yang paling luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang umum dipakai dalam jaringan WAN ialah kabel bawah laut dan satelit.

Tipe tipe jaringan komputer berdasar media transmisi data

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network ialah tipe jaringan komputer yang memakai kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel itu dipakai untuk menyambungkan komputer dengan komputer yang lain supaya komputer-komputer itu bisa sama-sama tukar data atau tersambung dengan internet.

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak memakai kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran info/data antara komputer memakai gelombang elektromagnetik.

Ă—