McLaren Beralih ke Plug-in Hybrid V6 untuk Supercar Terbaru

Ini adalah mobil pertama yang menggunakan V6 baru McLaren, serta platform MCLA barunya.

Pada Selasa malam, McLaren meluncurkan supercar serba baru, Artura. Ini adalah EV hybrid plug-in baru pertama di perusahaan, yang menjanjikan semua kinerja superlatif biasa yang terkait dengan McLaren: 0-124 mph (200 km / jam) dalam 8,3 detik, waktu 10,7 detik seperempat detik. Mil dan kecepatan tertinggi 205 mph (330 km / h) menjadikanya yang terbaik di kelasnya. Tapi itu juga harus menjadi McLaren paling efisien hingga saat ini, yang mengeluarkan hanya 129g / km CO2 menurut tes WLTP UE.

Sumber Gambar : McLaren

Monosoque

Dan Artura benar-benar baru. McLarens sebelumnya, dari MP4-12C dan seterusnya, menggunakan semua varian sasis monocoque serat karbon yang sama dan turunan dari mesin bensin V8 yang sama, dengan kapasitas 3,8 liter atau 4 liter. Sebagai gantinya, Artura akan menggunakan platform baru, yang disebut Arsitektur Ringan Karbon McLaren. Dan powertrainnya juga benar-benar baru.

Sumber Gambar : McLaren

Komponen Pembakaran

Komponen pembakaran internal di dalamnya adalah mesin V6 3.0 liter twin-turbocharged 120 derajat “V panas” dengan output 577 hp (430 kW) dan 584 Nm. Dan McLaren mengklaim bahwa, dengan berat 353 lbs (160 kg), mesin baru ini, kode nama M630, beratnya 243 pound (110 kg) lebih ringan dari V8, serta secara signifikan lebih pendek.

Tapi V6 hanya sebagian cerita; ini adalah PHEV. Lalu ada motor listrik aliran aksial 94 hp (70 kW) 166 lb-ft (225 Nm), yang di katakan McLaren lebih bertenaga daripada mesin aliran radial konvensional. McLaren juga mengklaim motor listrik Artura memiliki kepadatan daya 33% lebih banyak per kilogram dibanding motor listrik yang digunakan pada hypercar P1. Motor listrik juga berfungsi sebagai kebalikan dari Artura: gerakan maju dari motor atau motor listrik terjadi melalui transmisi kopling ganda delapan kecepatan.

Sumber Gambar : McLaren

Motor listrik terkoneksi ke paket baterai lithium-ion 7.4kWh berpendingin cairan, yang terdiri dari lima modul dan dipasang di belakang monocoque. Baterai dapat diisi ulang dengan kelebihan daya dari mesin saat mengemudi; terhubung ke pengisi daya dinding AC, mobil (menurut McLaren) harus memakan waktu 2,5 jam untuk mencapai status pengisian 80%.

31 mil dengan kecepatan 25 mph

Tidak seperti hibrida McLaren sebelumnya (P1 yang disebutkan di atas dan Speedtail yang lebih baru), motor listrik Artura dapat menggerakkan mobilnya sendiri, dengan jangkauan serba listrik 19 mil (30 km), bahkan untuk kecepatan hingga 25 mph ( 40 km / jam). Ini mirip dengan hibrida McLaren (non-plug-in) sebelumnya, motor listrik juga menyediakan “pengisian torsi,” yang digunakan untuk melengkapi output V6.

Sumber Gambar : McLaren

McLaren bisa menjaga bobot Artura tetap rendah, meskipun ada penambahan motor listrik dan baterai. Dengan berat kering 3.075 lbs (1.395 kg), PHEV Artura lebih baik dibandingkan dengan supercar non-hybrid seperti Ferrari F8 atau Lamborghini Hurácan.

 

Pembaruan teknologi ini tidak hanya terbatas pada powertrain Artura. Untuk hal lain, ada serangkaian sistem bantuan pengemudi yang sangat canggih, termasuk cruise control adaptif. Dan ada sistem infotainment baru yang sekarang memiliki kemampuan Apple CarPlay dan Android Auto, serta aplikasi dari McLaren seperti telemetri trek. Mobil ini juga dilengkapi ban Pirelli P Zero Corsa baru mereka menyebut ini adalah teknologi “Cyber ​​Tire”, yang menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras menjadi ban yang “menghasilkan aliran data bernilai tinggi berdasarkan kondisi ban tertentu, yaitu , diteruskan ke sistem kontrol Artura untuk memberikan performa ban terbaik “.

Pengiriman diharapkan akan dimulai pada kuartal ketiga 2021 dan di AS Artura mulai dari 3,8 Milyar

Sumber Gambar : McLaren
Sumber Gambar : McLaren
Sumber Gambar : McLaren

 

Disinyalir dari arstechnica