Mitos atau Fakta, Air Kelapa Membantu Lawan Covid-19 ?

Liputanberitaku.com – Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat tajam pada bulan lalu, yang membuat masyarakat mulai mencari cara lain untuk melindungi diri dari virus tersebut.

Oleh karena itu, berbagai mitos tentang cara melawan virus corona bermunculan, salah satunya adalah mitos tentang air kelapa.

Banyak orang yang percaya bahwa meminum air kelapa dipercaya dapat mencegah efek negatif dari infeksi Covid-19 dan membantu pemulihan.

Oleh karena itu, kelapa sudah menjadi barang langka. Hingga pekan pertama Juli 2021, dilaporkan penjualan kelapa di seluruh Indonesia mengalami peningkatan, bahkan harganya pun mengalami kenaikan.

Bahkan banyak media yang menyebut bahwa panic buying air kelapa sudah memasuki tahap panic buying.

Tren ini juga berdampak pada minuman air kelapa dalam kemasan yang mulai dicari orang karena kandungan kesehatannya yang setara dengan air kelapa asli.

Apakah Benar Air Kelapa Ampuh Melawan Virus Corona ?

Dalam sebuah siaran pers, satgas Covid-19 sendiri sebenarnya telah beberapa kali menyampaikan bantahan terkait resep atau ramuan terkait air kelapa.

Namun demikian, Satgas menyatakan bahwa air kelapa belum terbukti bisa membasmi Covid-19.

Berbagai macam fakta serta penjelasan ilmiah mengenai manfaat kesehatan sebenarnya juga telah diulas cukup luas di berbagai media sepanjang minggu lalu. Namun, tampaknya tidak meredakan perburuan air kelapa di masyarakat.

Banyak pemberantas Covid-19 mengaku bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mereka melalui masa-masa kritis saat menderita Covid-19.

Misalnya, Bupati Aceh Barat H. Ramli MS yang mengatakan ia bisa sembuh dari infeksi virus corona berkat khasiat yang didapat dari meminum air kelapa secara berkala selama positif Covid-19.

Ia sendiriĀ  mengaku rutin minum air kelapa yang dicampur sedikit garam dapur, satu sendok madu dan sedikit perasan jeruk nipis.

Ramuan alami tersebut rutin diminum H. Ramli MS dua kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan makan malam.

Hasilnya, kondisi kesehatannya pun perlahan-lahan membaik, hingga akhirnya dinyatakan negatif Covid-19.

Lalu tenaga perawat di RS Bhayangkara Indramayu Jawa Barat Cecep Nanang juga mengatakan ia juga terbantu khasiat air kelapa dirinya positif COVID-19 pada bulan Juni 2021.

Menurutnya, salah satu kunci kesembuhan yaitu dengan menjaga agar tubuh mendapat asupan cairan yang baik dan cukup setiap saat.

Dengan minum air kelapa, ia merasa tubuhnya tetap mendapat cairan, kesegaran dan energi tambahan dari kadar gulanya, serta manfaat dari kandungan mineral dan vitaminnya untuk mendorong kesembuhannya.

 

 

 

 

Artikel asli