hit counter

Cara Aman Mencuci Sepeda Motor Listrik

liputanberitaku.com– Membersihkan sepeda motor pada hari liburan harus untuk beberapa pemilik kendaraan. Ini dilaksanakan supaya penampilan sepeda motor kecintaan masih tetap lezat dilihat.

Tidak itu saja, banyak pemilik kendaraan yakin jika kotoran yang melekat pada sepeda motor bisa juga mengusik peranan beberapa elemen. Tetapi buat motor listrik alias Electric Vehicle, ada cara yang perlu jadi perhatian lebih cermat. Karena, motor listrik membutuhkan perawatan yang lain dibanding dengan motor biasa.

Technical Servis Divisi PT Astra Honda Motor (AHM) Reza Rezdie menjelaskan, saat membersihkan motor listrik, pemilik kendaraan harus menghindar menyemprotkan langsung pada bagian battery dan socket isi daya.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel pengisian harus juga tertutup rapat. Selebihnya sich sama dengan motor biasa,” tutur Reza. Reza menjelaskan, customer yang ingin mencucinya di tukang bersihkan steam tak perlu cemas, asal tidak ada sisi kelistrikan yang terbuka.

Hal seirama disampaikan oleh Abdul, mekanik Viar yang menjelaskan, memang seharusnya bagian-bagian tidak disemprot air dengan penekanan tinggi. “Contoh, membersihkan dengan steam penting diingat untuk wilayah controller. Jangan dengan penekanan tinggi,” tutur Abdul.

Beberapa motor listrik seperti United T1800, mempunyai feature speaker yang dapat disambungkan dengan bluetooth. Menurut After Sales United Electric, seharusnya tidak menyirami air langsung ke speaker ini.

Menurutnya hal yang tidak kalah fatal ialah hub motor listrik. United T1800 memakai hub motor listrik yang ‘pasaran’ digunakan di motor listrik entry tingkat yang lain beredar banyak di Indonesia.

“Hub motor Bosch tidak boleh terendam banjir lebih dari setengah ban. Namun tetap bisa dicuci seperti umumnya,” catat After Sales United Electric.

Disamping itu, menurutnya yang seharusnya jauhi memakai air dengan penekanan yang tinggi dan biarkan motor listrik dicuci tanpa pemantauan pemilik.

“Kami telah coba membersihkan pada tempat bersihkan steam, hasilnya aman. Tetapi kami tidak merekomendasikan bila dicuci tanpa pemantauan pemilik motor,” catat After Sales United.

Untuk masalah sabun atau kimia yang dipakai, pihak After Sales United Electric merekomendasikan untuk pemilik kendaraan listrik memakai shampo yang diutamakan untuk membersihkan kendaraan.