Macam macam Virus Computer dan Virus Paling Berbahaya

Liputanberitaku.com — Permasalahan umum yang umum terjadi pada computer atau netbook ialah diserang virus. Akibatnya karena gempuran virus itu dapat membuat perform laptop melamban, file penting tidak bisa dibaca atau lenyap, sampai peretasan account. Tetapi, bersamaan mengembangnya jaman, tehnologi untuk mengadang virus makin hebat. Itu kenapa saat ini jarang ada gempuran virus yang mengguncangkan.

Macam-macam Virus Komputer

1. Virus Worm

virus worm merupakan Jenis Virus yang menginfeksi computer memakai e-mail dan tersambung dalam koneksi internet. Virus ini bisa menduplikasi diri, membuat file random tidak bermanfaat pada computer hingga membuat memory penyimpanan cepat penuh dan sistem computer jadi rapuh.

2. Virus Trojan

Virus ini muncul lewat koneksi internet dan e-mail yang diterima. Trojan mempunyai kemampuan mendapat info seperti sandi, kebiasaan pemakai yang terdaftar dalam sistem log, data, bahkan juga mengontrol target.

3. Multipartite Virus

Virus ini menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang bila tidak ditangani akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk.

4. Web Scripting Virus

Web Scripting ada saat computer terhubung dengan internet dan mengganggu program dalam computer. Sebetulnya, Web Scripting ialah sebuah kode program yang dipakai untuk menjalankan content dalam web dan bukan termasuk virus. Tetapi, karena mengganggu karena itu dikelompokkan ke virus.

5. FAT Virus

Vorus yang terselinap pada tempat penyimpanan data personal dan mampu menghancurkan file tertentu. Virus ini dapat menyembunyikan file hingga kelihatan jika file hilang atau terhapus.

6. Memory Resident Virus

Virus ini mengontaminasi RAM dan program computer hingga membuat performa laptop melamban. Virus ini aktif saat computer dihidupkan dan menyebabkan program berjalan tidak normal.

7. Companion Virus

Virus ini mengganggu data personal punya Anda dan sembunyi dalam hard disk. Benar-benar susah untuk mendeteksinya karena vorus ini menghancurkan format data palsu.

8. Virus Backdoor

Virus ini serupa dengan trojan, tetapi memiliki bentuk sama dengan file biasa seperti games. Nama backdoor mengarah pada proses virus dapat yang terhubung mekanisme, jaringan, atau program.

9. Directory Virus

Virus ini membuat computer melambat dan tidak dapat membuka program. Virus ini menginfeksi file berekstensi.exe hingga file dapat lenyap atau eror tanpa alasan. Saat file.exe ini bekerja, virus itu akan aktif dan menginfeksi file yang lain.

10. Macro Virus

Tipe virus dalam bahasa pemograman satu program sistem operasi. Virus ini umumnya tiba dari e-mail dan serang file.pps,.xls, atau file yang lain. Karena itu, jauhi mengklik sembarangan pesan yang tidak terang.

Sekitaran tahun 2000-an, banyak gempuran virus yang paling bikin rugi. Beberapa salah satunya dikatakan sebagai virus paling berbahaya. Ingin tahu ceritanya?

Virus Komputer Paling Berbahaya Tahun 2000-an

1. Melissa

Melissa virus terkenal di Amerika Serikat tahun 1999. Penyebaran virus ini lewat file Word. Bila file itu dibuka, karena itu file itu akan dilanjutkan ke 50 contact e-mail seseorang. Kerugian dari dampak Melissa diprediksi US$1.2 miliar. Pencipta virus itu langsung tertangkap dan dipenjara.

2. ILOVEYOU

Virus ini menyebar ke 45 juta orang pada tahun 2000 dan mengobrak-abrik komputer. ILOVEYOU dapat menghapus photo, audio, dan file yang lain. Kerugian diprediksi capai US$15 miliar. Subyek ILOVEYOU benar-benar membuat ingin tahu, kan? Itu cara pembuat menarik penerima e-mail untuk mengklik.

3. Anna Kournikova

Virus worm ini menebar dari e-mail ke e-mail. Saat e-mail itu di-click, virus langsung menebar ke semua contact di account e-mail. Pembuat virus memakai photo atlet Anna Kornikova untuk memancing penerima e-mail supaya mengklik.

Tahun 2001, virus ini kuasai penjuru dunia dan mengontaminasi komputer di dunia. Kerugian yang disebabkan oleh virus capai US$166 ribu. Pembuat virus menyerahkan diri dan dijatuhi hukuman.

4. SQL Slammer / Sapphire

Virus menyebar di Amerika Serikat sekitaran tahun 2003 dan membuat beberapa kerusakan seperti mengacaukan jadwal maskapai penerbangan karena online ticketing rusak, menghentikan server ATM, membuat telephone 911 macet, dan memblokir 27 juta orang dari internet.