Prokes di Rumah Lemah Jadi Pemicu Anak Sakit

Liputanberitaku.com – Angka kasus penyebaran sampai kematian karena Covid-19 pada anak-anak di Indonesia semakin dengan timbulnya virus corona variasi delta.

Ini sudah pasti membuat orang-tua agar lebih siaga, dan masih tetap mempertahankan kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah secara baik.

Apa lagi, selainnya Covid-19, banyak bakteri atau virus yang lain yang kemungkinan mengincar anak-anak kita bila keadaan rumah tidak bersih.

Dokter spesialis anak, dr Kanya Ayu Paramastri, SpA menjelaskan jika banyak orang-tua yang hanya menerapkan prosedur kesehatan (prokes) saat akan keluar dari rumah saja. Tetapi, tidak menerapkannya kembali saat pulang ke rumah.

“Saat kembali lagi ke rumah, orang-tua kemungkinan tidak langsung membersihkan diri atau membersihkan baju dan langsung berhubungan dengan anak,” ucapnya dalam seminar-online Lifebuoy Dokter Keluarga pada Selasa (13/7/2021).

“Hal hal yang dapat mengakibatkan anak-anak sakit, baik itu karena Covid-19 ataulah bukan, khususnya dari mereka yang kemungkinan mempunyai mekanisme imun yang rendah,” ujar ia.

Oleh karenanya, Dr.Kanya mengingatkan beberapa orangtua untuk displin jalankan prokes saat keluar dari rumah atau kembali lagi ke rumah buat kurangi resiko terserang penyakit.

“Selain membersihkan diri, beberapa barang yang kita membawa ke luar rumah harus juga lekas dicuci atau disemprotkan dengan disinfektan,” anjurannya.

“Untuk masker dapat dirobek dan dibuang pada tempat terpisah dari sampah lain. Bila ada anak bayi atau balita, kita tetap memakainya di dalam rumah sebagai pengaman,” lanjut ia.

 

 

 

Artikel asli