Apakah Perbedaan Konduktor dan Isolator ?

Apakah perbedaan konduktor dan isolator adalah pertanyaan yang sering muncul saat kita menghadapi pelajaran SMP fisika.

Liputanberitaku akan mengulas kembali tentang Apakah perbedaan konduktor dan isolator di artikel ini, yuk simak sampai habis!

Apa Itu Konduktor ?

Konduktor merupakan salah satu zat atau bahan konduktif yang sangat mudah menghantarkan arus listrik.

Contoh zat konduktor adalah :

  1. Tembaga
  2. Besi
  3. Aluminium
  4. Emas

Konduktor memiliki sebuah ketahanan hal ini tergantung dari bahan dan ukuran yang digunakan. Untuk bahan tertentu tingkat resistansi akan sangat berbanding terbalik dengan luas penampang.

Contoh kawat tembaga, jika kawat tembaga tersebut memiliki bidang yang tebal, maka resistensi yang dihasilkan akan semakin rendah, begitu pula sebaliknya.

Apa Itu Isolator?

Isolator merupakan bahan atau zat yang bisa menghambat arus listrik jika dihubungkan dengan tegangan.

Contoh Zat Isolator adalah :

  1. Kayu
  2. Karet
  3. Kaca
  4. Kertas

Fungsi isolator untuk menghindari sengatan listrik, dimana isolator bisa dipakai untuk menghindari bahaya kebakaran karena kabel yang saling bersentuhan dan dapat menghasilkan sambungan silang.

Biasanya dalam hal ini isolator digunakan sebagai penopang beban atau pemisah antar konduktor yang berfungsi untuk membuat aliran arus tidak konslet.

Demikian artikel ” Apakah perbedaan konduktor dan isolator ” yang liputanberitaku ulas, semoga hal ini menjadi pengingat kita disaat kita masih duduk di bangku SMP, dan juga tentunya semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian para pembaca!