Perbedaan Earphone,Handfree, Headset dan Headphone

Sering kalian menyebutkan aksesoris ponsel yang berfungsi untuk mendengarkan dengan sebutan headset? Walau apa saja bentuknya kalian menyebutnya tetap headset?

Ternyata aksesoris handphone yang sering kita sebut dengan “Headset” itu ternyata ada bermacam-macam. Antara lain Headphone, Headeset, Earphone, dan handsfree.

Dari namanya berbeda tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda juga dong!. Berikut ini liputan beritaku ulas perbedaan headset dan headphone , Earphone, Handfree.

Perbedaan Headset dan Headphone tak terkecuali Earphone dan handsfree

1. Headset

Headset Terdiri dari dua buah speaker yang terpasang di kedua telinga. Kedua speaker tersebut dihubungkan oleh Bando untuk meletakkan di kepala. Headset selain fungsinya untuk mendengarkan juga ada mikrofon yang terpasang. Headset adalah gabungan antara funsi mendengarkan audio dan berbicara atau berkomunikasi.

Biasanya Headset digunakan untuk melakukan panggilan video atau aktivitas sejenins main game dengan komunikasi supaya tidak ada gangguan dari sekitar.

2. Headphone

Hampir mirip dengan Headset , headphone terdiri dari dua speaker yang terhubung dengan Bando. Namun Headphone hanya berfungsi untuk mendengarkan audio secara pribadi. Biasanya Headphone diproduksi khusus untuk menghasilkan suara yang sangat bagus.

Handphone sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu :

Headphone Open-Back

Jenis Headphone Open-Back biasanya di desain terbuka atau terdapat lubang-lubang untuk mengalirkan gelombang suara dari speaker. Desain Terbuka ini biasanya suara akan juga terdengar keluar sehingga bisa didengarkan oleh orang sekitar.

Headphone Close-Back

Jenis Close-Back sering dipakai karena bagian housing nya tertutup, sehingga suara bisa diredam oleh headphone ini, dan pengguna tidak akan khawatir suara akan bocor keluar, biasanya suara yang dihasilkan akan lebih terasa bassnya.

3. Earphone

Berikutnya adalah earphone yang memiliki bentuk yang kecil dan dalam penggunaannya hanya perlu dimasukkan kedalam lubang telinga yang kecil.

Earphone sangatlah praktis karena earphone bisa dengan mudah dibawa kemana-mana, untuk sekarang ini kualitas yang dihasilkan oleh earphone tidak kalah dengan headset.

4. Handsfree

Selanjutnya adalah Handsfree bentuknya mirip dengan earphone, tetapi memiliki mikrofon dan fungsi tombol. handsfree digunakan saat ingin berkomunikasi, Fungsi tombol ini untuk menerima dan memutuskan panggilan.

Handfree ada dua jenis juga yaitu dengan kabel dan dengan bluetooth.

Itu tadi perbedaan headset dan headphone yang perlu teman-teman ketahui, semoga bermanfaat!