10 Jenis Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya

Jenis Jenis Virus Komputer — Biasanya yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah terkena virus. Dan akibat dari serangan virus tersebut dapat membuat performa laptop atau pc menjadi lambat, yang lebih parahnya file penting bisa tidak terbaca atau hilang hingga peretasan akun di komputer kamu.

Namun dengan berkembangnya zaman, teknologi untuk membendung virus juga semakin canggih itulah kenapa saat ini jarang terjadi serangan-serangan virus yang menggemparkan.

Jenis Jenis Virus Komputer

10 Jenis Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya

1. Virus Worm

Virus Worm menginfeksi komputer menggunakan email, Virus Worm dapat menggandakan dirinya membuat file acak tidak berguna di komputer hingga menyebabkan memori penyimpanan cepat sekali penuh dan sistem komputer kalian menjadi lemah.

2. Virus Trojan

Selanjutnya  adalah virus trojan, biasanya virus ini hasil dari download sesuatu di internet. Bahayanya dari virus Trojan ini memiliki kemampuan untuk mendapatkan informasi seperti password dari kebiasan pengguna yang tercatat di user log, yang lebih parahnya Virus Trojan dapat mengendalikan targetnya.

3. Multipartite Virus

Virus Multipartite ini dapat merusak sistem operasi pada program tertentu, dan jika tidak kunjung diatasi akan membuat RAM dan Hardisk kamu cepat rusak.

4. Web Scripting Virus

Jenis Jenis Virus Komputer berikutnya ada Web Scripting Virus, virus ini akan muncul jika komputer tersambung dengan jaringan internet. Sebenarnya ini bukan termasuk golongan virus, namun karena sangat mengganggu maka ini dikelaskan dalam golongan virus juga.

5. FAT Virus

FAT virus sangat jahil, dia mampu menyembunyikan file kalian di komputer sehingga terlihat seperti terhapus.

6. Memory Resident Virus

Virus ini dapat menginfeksi RAM dan program Komputer kalian hingga membuat kinerja laptop kalian akan lambat. Dan lucunya virus ini aktif saat kalian menghidupkan laptop atau PC kalian.

7. Companion Virus

Virus ini sangat mengganggu data pribadi kamu yang tersembunyi di dalam hardisk, Kesulitan dari virus ini adalah kerjanya merusak format data palsu.

8. Virus BackDoor

Hampir mirip dengan Virus Trojan, hanya saja bentuknya hampir mirip dengan file game. Nama Backdoor diambil karena merujuk pada mekanisme virus dapat mengakses sistem, jaringan, dan aplikasi.

9. Directory Virus

DIrectory Virus adalah virus yang mampu membuat komputer lambat dan tidak bisa membuka program. Virus yang mampu menginfeksi file dengan extensi .exe hingga file tersebut bisa hilang atau error tanpa suatu alasan. Dan parahnya ketika satu file .exe berjalan maka dia akan menginfeksi file .exe lainnya.

10. Macro Virus

Macro Virus menyerang file .pps, .xls atau file yang lain. VIrus ini terformat dengan bahasa pemrograman pada suatu aplikasi sistem, dan biasanya virus ini didapat dari email.

Nah berikut diatas adalah Jenis Jenis Virus Komputer yang liputanberitaku rangkum, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua !