Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

Pengertian Jaringan Komputer — Penggunaan internet saat ini sudah hampir seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pengguna internet aktif meningkat sangat signifikan. Disini fungsi dari internet sendiri adalah menghubungkan antara satu jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lain.

Disini nanti liputanberitaku.com akan mengulas tentang jaringan komputer sampai jenis-jenis dan manfaatnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling terhubung dan terkoneksi satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data.

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya
Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

Setiap jaringan memiliki tandap pengenal sendiri yang biasa disebut dengan IP Address atau Alamat media Access Control. Endpoint bisa mencakup server, Komputer, Telepon, dan perangkat keras lainnya. Biasanya jaringan komputer dibuat dengan menggunakan gabungan antara teknologi kabel dan wireless.

Ada dua jenis jaringan komputer yaitu private dan publik. Jaringan pivate biasanya memerlukan akses user untuk masuk ke dalam windows dan biasanya diisi secara manual oleh pengguna, berbeda dengan jaringan publik yang tidak membatasi akses pengguna.

Sejarah Jaringan Komputer

Awal mula adanya jaringan komputer adalah adanya ide dan gagasan untuk menggunakan satu komputer secara bersama-sama. Hal ini dikemukakan ileh Howard Aiken dari Universitas Havard.

Pada Tahun 1950 terdapat satu komputer super yang diciptakan menggunakan TSS ( TIme Sharing System ) Pada tahun itu merupakan moment penting dimana jaringan komputer pertama kali diaplikasikan.

Dan Pada tahun 1985 Transmission COntrol Protocol (TCP) berhasil ditemukan. Dan Pada tahun 1984 Domain Name System (DNS) juga telah ditemukan. Dan moment paling bersejarah adalah tahun 1990 dimana World Wide Web (WWW) berhasil ditemukan oleh Beners Lee, dan perkembangan-perkembangan berikutnya jaringan komputer semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Jenis Jaringan Komputer

DIsini dalam artikel ” pengertian jaringan komputer “kita juga akan membahas hal-hal terkait dengan jaringan komputer, apa saja hal-hal tersebut akan kita kupas dibawah ini:

1. PAN ( Personal Area Network )

Jaringan PAN mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya hanya satu wilayah kantor dan biasanya hanya digunakan untuk keperluan Internet dan printer, serta tidak memerlukan resource besar untuk menggunakan jaringan PAN ini.

2. LAN ( Local Area Network )

Jaringan LAN juga menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi yang kecil. Biasanya Jaringan LAN digunakan di sekolah, kantor, ataupun Rumah Pribadi.

LAN juga bisa menyediakan terdapat teknologi jaringan Wireless dengan munggunakan Wifi atau biasa disebut WLAN ( Wireless Local Area Network )

3. CAN ( Campus Area Network )

Jaringan ini biasanya hanya berada di ruang lingkup kampus, dan banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain-lain.

4. MAN ( Metropolitan Area Network )

Sesuai dengan namanya jaringan ini hanya berada pada ruang lingkup kota saja, jaringan ini lebih besar daripada jaringan LAN.

5. WAN ( Wide Area Network )

WAN adalah kumpulan dari beberapa LAN yang tersebar secara geografis, biasanya jaringan WAN ini menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, dan Frame Relay agar terkoneksi jarak yang lebih jauh.

6. Internet

Pengertian Jaringan Komputer internet adalah jaringan yang terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup internet mencakup seluruh dunia. Semua orang siapaun bisa mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat, semisal TV, PC, SMartphone dan lain-lain

7. VPN ( Virtual Private Network )

VPN adalah solusi yang menyediakan koneksi internet yang lebih aman. Kelebihan VPN bisa membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Sampai saat ini banyak sekali yang menyediakan jasa VPN ini di internet.

Demikian Artikel TEntang pengertian jaringan komputer dan jenisnya yang liputanberitaku rangkum , semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca !

 

Ă—