Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl Murah ?

Liputanberitaku.com – Lantai vinyl Murah saat ini sedang menjadi trend bagi pecinta desain interior dan dekorasi ruangan. Kehangatan dan keindahan pertunjukan adalah salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan lantai serat kayu ini.

Lantai vinyl Murah adalah bahan sintetis yang terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Umumnya, lantai vinyl Murah adalah kayu keras, terbuat dari PVC atau semacam kayu sintetis.

Namun, sebelum menggunakan lantai vinyl Murah  di rumah, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dilansir dari toko lantai, Kamis (15/7/2021), berikut kelebihan dan kekurangan lantai vinyl Murah . Selain memberikan kehangatan, kelebihan lantai vinyl juga bisa membuat tampilan rumah terlihat indah dan murah hati. Tidak hanya itu, lantai vinyl juga memiliki kelebihan.

Berikut ini adalah keuntungan dari lantai vinyl Murah .

Kelebihan dari lantai vinyl Murah 

1. Tahan goresan

Papan vinil juga merupakan pilihan lantai tahan gores yang bagus. Berbeda dengan kayu asli yang mudah retak atau peyok karena benturan setelah digunakan bertahun-tahun. Papan vinyl ini sangat sulit untuk tergores berkat lapisan keausannya yang sangat tahan lama.

2.Mudah dipasang

Ada banyak cara memasang lantai vinyl Murah dengan mudah, cepat, dan praktis sehingga tak perlu kerepotan atau membutuhkan tukang untuk memasangnya di rumah.

3.Murah

Dibanding lantai kayu jati, lantai vinyl Murah memiliki harga yang lebih terjangkau. Biasanya, lantai vinyl Murah dijual sekitar Rp400 ribu per tiga meter.

Kekurangan lantai vinyl Murah 

Di balik kelebihannya, lantai vinyl Murah juga memiliki kekuranggan. Berikut ini sejumlah kekurangan lantai vinyl Murah .

1.Mengeluarkan gas VOC

Karena lantai vinyl Murah  terbuat dari plastik, hal itu berpotensi mengeluarkan gas volatile organic compounds (VOCs), yakni aroma industri yang biasanya ditemui sehari-hari.

Selain bau yang mengganggu, gas ini juga tak baik bagi kesehatan. Meski tidak semua jenis lantai vinyl Murah mengeluarkan gas VOC, tapi kamu perlu waspada dan mencari opsi lantai vinyl Murah  yang rendah VOC.

2.Sulit diperbaiki

Kekurangan lantai vinyl Murah adalah sulit diperbaiki. Jika lantai vinyl Murah  rusak, akan sulit memperbaikinya. Apabila kamu merusak lapisan ausnya, ada produk yang bisa digunakan untuk menyembunyikan goresan.

Namun, apabila lapisan desainnya rusak, hal itu akan sulit diperbaiki sehingga harus diganti dengan baru.

3.Tidak ramah lingkungan

Walau awet dan estetik, tapi lantai vinyl Murah tidak ramah lingkungan. Hal ini karena bahan bakunya terbuat dari plastik, bukan bahan-bahan alami atau organik.

Karena iut, lantai vinyl  Murah  cenderung tidak dapat didaur ulang. Namun, jika menginginkan lantai vinyl Murah  yang lebih ramah lingkungan, bisa mencoba material rami.

 

 

 

 

Artikel asli