Daftar 5 Negara di Dunia yang Mengalami Matahari Tengah Malam

Liputanberitaku.com – Matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari. Matahari sangat penting bagi kehidupan di bumi. Manusia sangat membutuhkan sinar matahari. Salah satunya berfungsi sebagai penanda kapan harus memulai aktivitas dan istirahat.

Namun, jika matahari terus bersinar selama 24 jam, apa yang akan terjadi bahkan di tengah malam ? Fenomena ini disebut matahari tengah malam atau matahari tengah malam.

Menurut Encyclopedia Britannica, matahari tengah malam adalah fenomena di mana matahari tidak terbenam dalam jangka waktu tertentu.

Lamanya waktu bervariasi, tetapi biasanya matahari tengah malam akan berlangsung selama dua hingga enam bulan.

Biasanya fenomena ini terjadi di sekitar Lingkaran Arktik, sekitar bulan April dan September. Ketika matahari tengah malam muncul, bahkan di tengah malam, orang dapat dengan bebas melakukan aktivitas apa pun sepanjang hari, seperti bepergian, mendaki gunung, atau mengadakan festival.

Kira-kira negara mana sajakah di dunia yang mengalami midnight sun atau matahari tengah malam?

Kanada

Dikutip dari ABC News, selama 56 hari, Inuvik di Kanada terus disinari matahari selama 24 jam penuh.

Inuvik terletak di barat laut Kanada, dan posisinya berada di Lingkaran Arktik. Sebelum midnight sun terjadi, Inuvik telah mengalami kegelapan malam selama satu bulan penuh.

Ketika fenomena ini terjadi, penduduk Inuvik banyak yang menghabiskan waktunya dengan mengadakan festival, memancing, ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Selain Inuvik, beberapa kota di daerah barat daya Kanada, juga mengalami fenomena ini, walau tidak selama 24 jam penuh.

Islandia

Secara geografis, Islandia tidak sepenuhnya berada di Lingkaran Arktik. Biasanya fenomena midnight sun terjadi di Islandia sekitar bulan Mei hingga Agustus.

Dikutip dari National Geographic, Reykjavik menjadi salah satu tempat di Islandia yang sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati fenomena ini.

Saat fenomena matahari tengah malam terjadi, warga Islandia sering mengadakan festival atau kegiatan semacamnya.

Mereka juga menikmatinya dengan berjalan-jalan di tengah malam, menonton paus, bahkan mendaki gunung.

Swedia

Dilansir dari Visit Sweden, Lapland, Swedia menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati matahari tengah malam.

Biasanya fenomena ini terjadi sekitar akhir Mei hingga pertengahan Juli. Apabila lokasinya semakin mengarah ke Utara, fenomena ini dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lebih lama.

Fenomena ini bisa dinikmati di Abisko, Bjorkliden, Gallivare, Jokkmokk, dan Riksgransen antara Swedia dan Norwegia. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini sering menghabiskan waktunya dengan bermain golf dan berkemah.

Finlandia

Finlandia juga mengalami fenomena matahari tengah malam. Selama kurang lebih dua bulan dari Mei hingga Agustus, negara ini terus disinari matahari selama 24 jam penuh.

Makin jauh ke selatan, matahari dapat dilihat hampir sepanjang waktu di bulan Juni dan Juli. Biasanya warga Finlandia menghabiskan waktunya dengan berenang dan sauna di malam hari.

Karena air danau akan cenderung menghangat, mulai Juni hingga seterusnya. Tidak hanya itu, mereka juga sering mendaki gunung, memancing, bahkan bermain golf di malam hari.

Norwegia

Dalam situs Visit Norway, disebutkan jika Norwegia, terutama Norwegia Utara, mengalami matahari tengah malam selama 76 hari, mulai Mei hingga Juli.

Saat musim panas tiba, penduduk Norwegia dan para wisatawan bisa menikmati indahnya matahari bersinar selama 24 jam.

Beberapa lokasi di Norwegia Utara yang menjadi tempat favorit untuk menyaksikan fenomena ini ialah Helgeland, Bodo dan Salten, Lofoten dan Vesteralen, Troms, Finnmark, Svalbard, dan Hammerfest.

 

 

 

 

Artikel asli