Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer

 

cara menyambung internet dari hp ke komputer — Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer benar-benar gampang, satu diantaranya dapat lewat kabel data. Menghubungkan ponsel ke netbook secara umum dilaksanakan untuk dua keperluan yakni mengalihkan data/file, dan untuk menyambungkan koneksi internet.

Memindahkan data atau file dari ponsel ke netbook biasa dilaksanakan untuk kurangi kemampuan penyimpanan pada ponsel supaya tidak penuh, hingga bisa memuat file-file baru. Biasanya, file yang besar tiba dari video dan foto.

Lalu untuk keperluan ke-2 yakni menyambungkan jaringan internet, Anda bisa melakukan dengan manfaatkan feature hotspot yang ada pada piranti handphone.

Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer ini dikenali dengan sebutan tethering, dan jadi pilihan yang terpopuler bila jaringan wifi yang tersambung ke netbook tiba-tiba terputus.

Cara Menyambung Internet dari HP ke Komputer Tetering
Cara Menyambung Internet dari HP ke Komputer Tetering

Tethering ponsel ke laptop benar-benar gampang dan dapat dilaksanakan secara cepat. Selainnya dengan sistem itu,Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer dapat dilakukan dengan memakai kabel USB.

Memakai kabel USB ini dapat disebut sebagai Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer yang paling stabil. Cuman dengan modal kabel data USB, Anda dapat memperoleh internet yang lebih bagus.

Untuk langkah lebih detilnya, Anda bisa membacaCara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer pada artikel ini.

Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer

1. Via Kabel USB

Sebelum lakukan cara ini, pastikan ponsel Android yang bakal dipakai telah berlangganan paket data internet dan telah terdeteksi pada PC/netbook.

Jika belum terdeteksi dan membutuhkan piranti lunak tertantu, sebaiknya install lebih dulu driver sesuai merek handphone yang Anda pakai sebagai berikut:

  • Sambungkan ponsel Android ke komputer atau laptop lewat port USB
  • Buka Settings – Wireless and Networks.
  • Khusus untuk pemakai ponsel Samsung, tentukan Tethering and Portable Hotspot selanjutnya aktifkan USB Tethering
  • Tunggu sampai aktif yang diikuti dengan ada tulisan Tethered
  • Sesudah berhasil, check piranti apa PC atau laptop Anda dapat memakai akses internet dengan click pada ikon network di PC (letaknya sudut kanan bawah dekat jam).

Bila sukses menjadikan ponsel sebagai modem maka terlihat tulisan Network Internet Access. Langkah ini secara umum bisa dilakukan untuk semua ponsel Android, tetapi ada banyak ponsel yang mempunyai penataan berlainan.

Biar lebih jelas dan tidak ada kekeliruan saat cobanya, seharusnya Anda membaca dahulu buku petunjuk dari ponsel Android yang Anda punyai.

2. Lewat WiFi

Disamping memakai USB, Cara Menyambung Internet dengan WiFi Dapat disebut cara ini sebagai cara paling mudah karena Anda hanya butuh menyiapkan ponsel dengan paket data internet yang aktif, dan daya battery yang periode memakainya panjang. Jika sudah, Anda bisa lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke setting lalu tap bagian Connection atau Jaringan yang lain
  • Selanjutnya tentukan Tethering dan portable hotspot
  • Hidupkan Hotspot WiFi Android
  • Hal yang terpenting dan penting diingat, Anda harus memberikan nama Jaringan/Network SSID,
  • Pengamanan/Security tentukan WPA2-PSK, dan sandi/password selanjutnya Simpan/Save.
  • Kemudian hidupkan wireless pada netbook, dan check jika sambungan itu berhasil
  • Bila ID terbaca, lalu click connect
  • Kemudian Masukan Security key atau sandi

itulah Cara Menyambung Internet melalui wifi. Kami peringatkan kembali, pastikan battery ponsel Anda masih lumayan banyak, karena memakai Android sebagai modem membuat battery ponsel akan cepat habis.

3. Via Bluetooth

Sesudah dua langkah di atas, ada satu lagi Cara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer  yang dapat mempermudah Anda untuk memberinya akses internet pada laptop atau komputer lewat Android.

Anda dapat memakai jaringan Bluetooth sebagai jembatan jaringan nirkabel share internet. Dalam sistem operasi Android, selainnya share internet lewat jariangan WiFi, bisa dilaksanakan dengan ikatan Bluetooth.

  • Nyalakan jaringan Bluetooth di ponsel Android
  • Masuk ke pengaturan atau setelan
  • Selanjutnya, masuk pada menu jaringan dan mencari feature ‘Menambatkan dan Hotsport
  • Portable’ lalu tap ke opsi itu
  • Setelah masuk, centang pilihan ‘Penambatan Bluetooth’
  • Jika ada handphone yang lain ingin bergabung dengan hotspot Bluetooth dari ponsel Anda, tentu saja harus mengaktifkan fitur tethering lewat Bluetooth pada piranti hp-nya.

Cara Menyambung Internet lumayan gampang, hingga Anda bisa berbagi internet meskipun jaringan WiFi di salah satu piranti ponsel tidak ada atau rusak.

Walaupun langkah penataan dan pemakainnnya gampang, tetapi sedikit ada kekurangan pada langkah ini. Kecepatan internet dengan memakai Bluetooth lebih lamban jika dibandingkan dengan WiFi mealui tethering.

Demikian penjelasan mengenaiCara Menyambung Internet dari Hp ke Komputer. Mudah-mudahan trik di atas dapat bermanfaat!