Tentang Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)

Liputanberitaku.com — Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) ialah sebuah perguruan tinggi swasta yang dipunyai oleh Sinarmas Grup. Kampus ITSB menempati tempat selebar 5 Ha, di Central Bussines Distric Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Pada tempat universitas ini gagasannya akan dibuat 10 block gedung untuk sarana akademis dan non akademis ITSB.

Kampus ini di gagas oleh Yayasan Institut Tehnologi dan Sains Bandung (Yayasan ITSB) yang sudah dibuat dan ditetapkan dengan akte notaris Wiratni Ahmadi, S.H.No.7 tanggal 5 Februari 2001 dan sudah mendapatkan kesepakatan Menteri Pengajaran Nasional lewat SK Mendiknas No. 86/D/O/2001.

Pengurusan Yayasan ITSB selanjutnya diperbarui lewat Akte Notaris H.M. Karunia Hidayat, S.H. No. 07 tanggal 27 Januari 2010 dengan Dewan Pembimbing yang dipimpin oleh Ir. M. Hatta Rajasa dan mendapatkan support penuh dari Sinarmas Grup dan Institut Tehnologi Bandung (ITB) dalam meningkatkan aktivitas pengajaran.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) yang diperkembangkan di Universitas Kota Deltamas Bekasi, sebagai realisasi dari kerja sama di antara Institut Tehnologi Bandung (ITB) dengan Pemerintahan Kabupaten Bekasi sesuai Kesepakatan kerja sama No. 423.1/09.05-DTR/2007 dan No.031/KO1/DN/2007 yang diberi tanda tangan oleh Rektor Institut Tehnologi Bandung dan Bupati Kabupaten Bekasi di tanggal 3 Juli 2007.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) disokong oleh Institut Tehnologi Bandung (ITB) dalam penerapan dan peningkatan standard akademis, yang realisasinya dituangkan dalam Kesepakatan Kerja sama di antara Yayasan ITSB dengan Institut Tehnologi Bandung No. 002/PKS/I/YITSB/2010 dan No. 058/KO1.03/PKS/DN-1/2010 tanggal 27 Januari 2010.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)sebagai Feeder University ITB, yakni mahasiswa berprestasi di Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)bisa di transfer jadi mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB sama seperti yang tercantum pada Nota Persetujuan Bersama No. 143/KO1.1/DN/2010 dan No. 031/ITSB-DN/KS.01/VI/10 tanggal 23 Juni 2010.

Institut Teknologi Sains Bandung dengan misi Eco-Industry Oriented University diprogramkan untuk hasilkan alumnus yang sanggup berkualifikasi pada sektornya dan ditujukan supaya sanggup penuhi keperluan warga dalam zaman industrialisasi, globalisasi, otonomi wilayah, dan perubahan pembangunan nasional yang cukup cepat. Disamping itu, sebagai sisi dari Sinar Mas, lulusan dari ITSB diharap juga bisa mempunyai kapabilitas yang sama sesuai dan diperlukan oleh pilar usaha Cahaya Mas.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) sekarang ini berdiri dengan didukung oleh 8 (delapan) program study sarjana dan 3 (tiga) program study diploma, di mana dua salah satunya mempunyai program beasiswa khusus dan ikatan kerja bekerja bersama dengan PT.Smart Tbk., dan PT.Asia Pulp and Paper.

Disamping itu ITSB disokong oleh ada pengadaan beasiswa dari Eka Tjipta Foundation, Sinarmas Land, dan beasiswa ITSB sendiri untuk menolong mahasiswa berprestasi tetapi mempunyai kekuatan keuangan terbatas dalam tempuh pengajaran di Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB).

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)dirancang berdasar ide ramah lingkungan sama sesuai konsep ekologi ruangan terbuka hijau yang ideal, hingga bisa memberinya kenyamanan untuk aktivitas universitas. Gedung universitas direncanakan sebagai Green Building yang sudah penuhi syarat dan peringkat yang dirumuskan berdasar kerja sama di antara Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) dengan Green Building Council Indonesia (GBCI), ada di teritori terintegrasi Kota Deltamas, di mana di dalamnya ada teritori industri, perumahan, perkantoran, dan komersial, diharap Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) dengan ide Eco-Industry Oriented University bisa memberinya juga kontributor pada peningkatan daerah sekitaran secara eksklusif, dan secara luas untuk =pembangunan Indonesia.

Institut Teknologi dan Sains Bandung

buka program Sarjana dan Program Vokasi Yakni :

  • Fakultas yakni Fakultas Teknik dan Kreasi (FTD)
  • Fakultas Vokasi (FV).

Semua Program Study pada ke-2 fakultas itu sudah terakreditasi BAN-PT.

Didirikan : 7 Oktober 2001
Tipe : Perguruan Tinggi Swasta
Rektor : Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek, MSc
Lokasi : Kabupaten Bekasi (Jawa Barat)
Situs web : http://www.itsb.ac.id