Tren Teknologi Industri Manufacturing di Indonesia
Tren Teknologi Industri Manufacturing di Indonesia

Tren Teknologi Industri Manufacturing di Indonesia

Tren Teknologi Industri Manufacturing di Indonesia

Perkembangan tehnologi sudah mempengaruhi semua bidang kehidupan, termasuk di industri manufacturing. Keadaan ini juga bawa pengaruh baik hingga makin banyak beberapa perusahaan manufacturing yang mulai menginvestasikan waktu dan dayanya untuk ikuti perubahan yang ada. Lalu, seperti apakah trend tehnologi Teknologi Industri manufacturing di Indonesia? Berikut penjelasannya

Penerapan Cyber Security

Saat sebuah perusahaan manufacturing mengaplikasikan teknologi digital ke semua baris produksi, karena itu teror yang bakal mengincarnya ialah keamanan data. Masalahnya beragam hal berkaitan komunikasi tugas sampai jati diri ada secara digital dan dapat digunakan oleh siapa, terhitung faksi yang tidak bertanggungjawab.

Oleh karena itu, pihak perusahaan harus membuat perlindungan ini dengan mengaplikasikan Cyber Security membuat perlindungan bermacam data. Tiap perusahaan juga ada baiknya kalau lakukan penerimaan team untuk jaga keamanan dari segi teknologi informasi.

Efisiensi dengan Augmented Reality

Tingginya angka pekerja muda dengan kemampuan teknologi industri yang oke membuat perusahaan manufacturing di tahun ini perlu mengganti langkah kerjanya. Sekarang ini ada teknologi namanya Augmented Reality (AI).

Teknologi ini akan mempermudah dan mengefisiensikan banyak tugas di semua baris produk untuk capai hasil yang optimal. Data dari MarketWatch mengatakan jika perubahan Augmented Reality (AI) tumbuh sejumlah 75 % dari tahun 2017 sampai 2024.

Pemanfaatan 3D Scanning

Adapun trend teknologi industri manufacturing ialah pemanfaatan 3D Scanning. Program manufaktur yang ini sanggup lakukan pemindaian 3D dalam jumlah yang seperti Reverse Engineering, Additive Manufacturing, Virtual Parts Warehouses, dan Quality Inspections.

Pemanfaatan 3D Scanning ini juga terus akan alami perubahan bersamaan keperluan perusahaan untuk mengganti beberapa hal fisik jadi suatu hal yang virtual hingga mempermudah perusahaan untuk capai keuntungan yang optimal.

Baca Juga  Di Era Pandemi, Sektor Digital Jadi Kunci Pulihkan Ekonomi

Ada Invasi Mobile Robot

Dua perusahaan manufacturing paling besar di dunia sekarang ini yakni Amazon dan Alibaba sudah memakai robot pemindah yang sanggup bekerja sendiri. Keadaan ini juga digunakan oleh beberapa perusahaan lain terutamanya produsen dan gudang untuk mempermudah kerjanya.

Berlangsungnya agresi mobile robot terus alami kenaikan dari hari ke hari. Masalahnya efektivitas kerja dan rendahnya resiko tugas sebagai penyebab kehadiran mobile robot di teknologi industri manufacturing.

Pemakaian Internet of Things (IoT)

Terakhir, trend lain yang bergerak bersamaan perkembangan teknologi dan kecepatan internet yang makin lebih baik yaitu pemakaian Internet of Things. Teknologi ini disokong oleh kehadiran service 5G yang tawarkan kecepatan dalam mengambil dan kurangi ketertinggalan akses data.

IoT sendiri memungkinkannya bermacam baris produksi sama-sama berkaitan dengan mekanisme operasi yang terhidang ke antar-muka grafis yang dikonfigurasi ke panel kontrol dan piranti mobile. Ini juga membuat kegiatan perusahaan manufacturing lebih efisien.

Demikianlah informasi-informasi yang harus dipahami berkenaan trend teknologi industri manufacturing pada tahun ini. Di Indonesia, salah satunya lokasi vital dan selalu ikuti perubahan trend teknologi industri yaitu di Karawang New Industry City (KNIC). Kawasan yang berada di Jawa Barat ini mengangkat beberapa kelebihan terhitung teknologi industri dan sistem yang terintegrasi kelas dunia hingga kedatangan infrastruktur kelas dunia kelihatan jelas pada tempat ini.

Bukan hanya mempunyai tujuan untuk memberikan dukungan performa sebuah perusahaan manufacturing, KNIC datang untuk memberikan dukungan pemercepatan kemajuan ekonomi wilayah dan mendatangkan Multiplier Efek yang bermanfaat untuk perubahan sosio-ekonomi di Karawang dan beberapa daerah di kawasan Jawa Barat.