Menjelang Idul Adha, Pemerintah Akan Menggelar Takbir Akbar Secara Virtual Malam Ini

Liputanberitaku.com – Pemerintah menyelenggarakan Takbir Akbar Virtual melalui Kementerian Agama (Kemenag) untuk memeriahkan malam Idul Adha 1442 Hijriah/2021 M.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengajak masyarakat khususnya umat Islam untuk menyambut malam Idul Adha dengan menggemakan takbir di rumah masing-masing.

“Mari rayakan malam Idul Adha di Takbir Akbar Virtual,” kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Senin (19 Juli 2021).

Proyek Takbir Akbar Virtual ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, para menteri senior kabinet dan pimpinan lembaga Indonesia.

Kemudian, TNI/Polri, gubernur, masyarakat dan lain-lain bergabung secara virtual dari tempat tinggal masing-masing sesuai rencana.

“Mari gemakan takbir, agungkan Asma Allah Yang Mahabesar dan Mahakuasa, dari rumah masing-masing, seraya berharap pandemi ini segera berakhir,” ujar Yaqut Cholil.

Takbir Akbar Virtual kali ini mengangkat tema ‘Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat’ dengan tagar #TakbirDiRumahAja.

Acara rencananya dijadwalkan akan dimulai pada pukul 19.30 WIB dan disiarkan stasiun-stasiun televisi, radio, dan media lainnya, termasuk media sosial.

Yaqut berkata, Idul Adha mengingatkan umat Islam pada pesan penting Rasulullah SAW saat menyampaikan khutbah wukuf pada Haji Wada’ 14 Abad silam, salah satunya yaitu pesan untuk menjaga darah dan jiwa setiap manusia.

“Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Idul Adha saat pandemi, mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat,” ucap beliau.

Sebelumnya, Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.

 

 

 

 

Artikel asli