Asuransi Mobil Terbaik 2021

Asuransi Mobil Terbaik 2021

Asuransi mobil ialah asuransi yang memberi ganti kerugian bila kendaraan alami kerusakan, baik rusak kronis atau sekedar lecet, dan hilang. Disamping itu, ada manfaat tambahan berbentuk penggantian kerusakan karena banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan perlindungan ini, perusahaan asuransi akan meng-cover kendaraan jika alami kerusakan atau hilang dalam periode waktu satu tahun. Oleh karenanya, pilih asuransi mobil terbaik supaya memperoleh keuntungan sama sesuai keperluan dengan premi dapat dijangkau.

Pilih Asuransi Mobil Terbaik daZn Termurah

Panduan pilih asuransi terbaik dan paling murah, pastikan beli tipe asuransi mobil yang sesuai type mobil. Selanjutnya, tentukan perusahaan asuransi dengan integritas paling dipercaya, bengkel partner yang luas, dan bandingkan premi dan feature yang ada.

Bandingkan polis terbaiknya cuman di Lifepal. Lifepal ialah marketplace asuransi paling besar di Indonesia yang sediakan beberapa ratus opsi polis asuransi mobil dengan manfaat dan keuntungan extra yang dapat disamakan dengan keperluan nasabah.

Tipe Asuransi Mobil

Tipe asuransi mobil terdiri dari tiga, yakni asuransi mobil TLO (total loss only), asuransi mobil all risk (comprehensive), dan gabungan. Berikut keterangan dari ke-3 nya:

  • Asuransi TLO: memberinya pertanggungan cuman jika mobil hancur kronis (kerusakan minimum 75%) dan kehilangan.
  • Asuransi all risk: Memberinya pertanggungan keseluruhannya, dimulai dari hancur kronis s/d lecet atau tergesek.
  • Gabungan: Sebagai kombinasi faedah pertanggungan all risk di tahun awal dan TLO di tahun seterusnya.

Premi Asuransi Mobil

Besaran premi asuransi mobil ditata oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) lewat Surat Selebaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 mengenai Penentuan Premi atau Kontributor pada Baris Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor di tahun 2017.

Sebagai pedoman, preminya dipisah berdasar tipe polis (all risk dan TLO) yang dihitung dari kategori daerah, harga mobil, dan jaminan peluasan.

Klaim Asuransi Mobil

Yang penting jadi perhatian ketika akan ajukan klaim asuransi mobil ialah ketahui proses dan dokumen yang diperlukan.

Adapun laporan klaim harus dilaksanakan maksimal 5×24 jam, atau sesuai sama peraturan perusahaan asuransi. Selanjutnya, pihak perusahaan asuransi akan lakukan survey dan analisa pada klaim. Baru selanjutnya klaim akan dibayar atau mobil memperoleh ijin perbaikan ke bengkel.