Tips Memilih Kayu yang Digunakan dalam Aquascaping: Hardscape Essentials

liputanberitaku.com— Artikel ini adalah bagian pertama dari seri kami di mana kami telah melihat elemen hardscaping secara lebih rinci. Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana kayu digunakan dalam aquascaping. Kita akan melihat jenis-jenis kayu yang umum digunakan, Hubungan antara kayu dan batuan aquascaping, dan cara menyiapkan kayu akuarium untuk aquascape Anda.

Ketika Anda menghabiskan waktu memilih sepotong kayu yang dirasa bagus untuk ditampilkan di aquascape Anda, Anda pasti ingin itu terlihat bagus. Namun, Anda tidak hanya memilihnya semata-mata karena kualitas estetikanya.

Kayu adalah item hardscaping yang penting untuk menambatkan tanaman dan terlihat eksotis dengan tanaman yang melekat padanya. Beberapa jenis kayu akuarium juga akan membantu menurunkan tingkat pH air di dalam akuarium.

Jika Anda memiliki ikan di aquascape, maka menambahkan kayu merupakan fitur desain yang bagus untuk untuk meniru ekosistem alami tempat ikan tersebut ditemukan di alam liar. Di lingkungan alami mereka, ikan akan menggunakan kayu untuk bersembunyi, bertelur, dan berkembang biak.

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin menambahkan kayu di aquarium Anda, Anda harus memastikan bahwa kayu yang ingin Anda gunakan akan aman digunakan di tank Anda. Hal terakhir yang tidak Anda inginkan adalah merusaknya dengan menambahkan sepotong kayu yang tidak sesuai untuk tank Anda. Pastikan potongan kayu yang Anda pilih aman!

Setiap bagian kayu akan memiliki ciri khas unik sendiri. Banyak jenis kayu yang akan bekerja dengan baik di akuarium Anda, tetapi beberapa dapat memengaruhi kadar pH air tank Anda. Untuk mendapatkan hasil akuarium yang sehat, pilihlah kayu yang tepat untuk setting tank Anda.

Berikut tips memlilih kayu untuk hardscape anda :

1. Pastikan itu aman untuk akuarium anda. Kayu reptil mungkin terlihat bagus, tetapi tidak selalu aman.
2. Jangan menggunakan kayu yang Anda temukan sendiri kecuali Anda yakin dapat membuatnya 100% aman.
3. Pertimbangkan tanaman yang menempel seperti javamoss pada kayu Anda untuk membantu Anda menciptakan tampilan yang alami.
4. Gunakan lem atau benang untuk menempelkan tanaman pada kayu, agar tidak mudah lepas saat sudah diisi air

Dalam Aquascaping banyak pekerjaan sedang dalam tahap perencanaan. Tentukan di mana Anda ingin meletakkan kayu dan pertimbangkan bagaimana nuansa aquascape Anda akan berubah tergantung pada orientasi dan posisi kayu.

Luangkan waktu Anda untuk mengerjakan tata letak desain yang berbeda. Menggambar sketsa kasar untuk membantu Anda memvisualisasikan bagaimana potongan akhir akan terlihat tanpa perlu memindahkan hardscaping setelah Anda memposisikannya. Tambahkan air dengan hati-hati setelah menempatkan bahan hardscape baru. Keseluruhan proses ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Tetapi anda akan puas dan mengagumi karya seni Anda.

 

 

 

 

#artikel_asli