hit counter

Pengertian Aplikasi Absensi Online dan Perbedaannya dengan Absensi Manual

Pengertian Aplikasi Absensi Online dan Perbedaannya dengan Absensi Manual

Liputanberitaku.com — Tehnologi yang semakin berkembang membuat dunia makin banyak lakukan peralihan ke digital. Ini kelihatan makin terang dalam beragam perusahaan yang manfaatkan keringanan dunia digital saat lakukan aktivitas usahanya. Salah satunya alat berbasiskan digital yang bisa mengurangi beban kerja perusahaan ialah aplikasi absensi online.

Perkembangan dunia secara digital hasilkan beragam jenis pengembangan pada mekanisme absensi, dengan aplikasi absensi online jadi yang paling terpenting. Tetapi, apa sebetulnya aplikasi absensi online? Apa kekurangan dan keunggulannya? Baca artikel ini untuk mengetahuinya.

Apakah itu Aplikasi Absensi Online dan Bedanya dengan Absensi Manual

Aplikasi Absensi Online ialah mekanisme yang bermanfaat untuk menulis jam kedatangan pegawai lewat sebuah web yang di komputer atau memakai program pada handphone yang tersambung dengan internet. Biasanya, pegawai perlu masukkan username dan sandi di program yang berada di handphone mereka untuk lakukan absensi.

Absensi lewat cara online terang berlainan dengan absensi manual. Ketidaksamaan intinya ialah jika mekanisme mangkirsi manual memerlukan media khusus (umumnya kertas), sedang aplikasi absensi online bisa dilaksanakan dari komputer dan handphone asal tersambung dengan internet.

Untuk ketahui kekurangan dan kelebihan aplikasi absensi online bila dibanding dengan mekanisme mangkirsi manual dan kebalikannya, lihat pembahasan di bawah ini.

Aplikasi Absensi Online

Kelebihan Absensi Manual

Pertama, kami akan memberitahu berkenaan apa kelebihan absensi manual bila dibanding dengan aplikasi absensi online. Berikut penjelasannya.

a. Pengeluaran yang Lebih Sedikit

Perusahaan manfaatkan sumber daya manusia yang telah dipunyai untuk mengaplikasikan mekanisme absensi tipe ini. Dengan begitu, biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan akan menyusut karena tidak harus beli alat khusus atau software tertentu.

b. Simpel untuk Diaplikasikan

Bila jumlah pegawai cuman sedikit, karena itu bisa disebutkan jika penerapan mekanisme manual bisa dilaksanakan secara mudah. Kertas yang biasanya dipakai sebagai media untuk mangkirsi manual bisa dijadikan bukti nyata data kedatangan oleh perusahaan.