Lakukan ini jika Mobil Terbakar Tiba-tiba

liputanberitaku.com– Kasus terbakarnya Ford Mustang Shelby GT500 di teritori Pondok Cantik, Jakarta Selatan, pengendara mobil harus ketahui banyak hal berkaitan dengan keselamatan. Karena peristiwa mobil terbakar dapat menerpa siapa dan kapan pun.

Beberapa hal yang menjadi pemicu berlangsungnya kejadian ini, tetapi yang terpenting pengendara harus dapat mengatur emosi. “Kerap kali sopir langsung cemas saat mobilnya terbakar, seharusnya masih tetap tenang dan mengatur emosi,” tutur Sony Susmana, Pelatihan Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Jika sempat, Sony merekomendasikan, supaya mobil yang ingin terbakar atau keluarkan asap selekasnya dipinggirkan atau dibawa ke arah tempat yang semakin aman dan jauh dari keramaian. “Kemudian, selekasnya lakukan penyelamatan penumpang. Mengambil alat pemadam api enteng (APAR) yang ada dan semprot ke sumbernya (umumnya api di ruangan mesin),” sebut Sony.

“Tetapi bila kobaran api telah jadi membesar perlu team pemadam kebakaran yang mempunyai perlengkapan lebih mencukupi,” ucapnya.

Sony menjelaskan, APAR yang berada di dalam mobil cuman untuk tangani kebakaran yang karakternya masih teratasi atau memang belum jadi membesar. Tetapi bila keadaannya tidak teratasi dan api makin jadi membesar, cuman memercayakan APAR saja memanglah tidak akan mampu untuk memadamkannya. “Memang jika tidak selekasnya diatasi api tentu makin besar, karena banyak bermaterial mobil tidak fireproof,” ucapnya.

 

Bila Anda punya niat ingin membantu penumpang yang berada di dalam mobil, pastikan Anda telah ada di luar. Sesudah semua keluar mobil, segera menjauhi lokasi kebakaran dan cari lokasi yang aman. Jika masih aman, coba membuka kap mobil dan cabut salah satunya kepala accu dari katubnya untuk memutuskan saluran listrik.

Pakai kain bila ingin memutusnya secara paksa, karena umumnya sisi ini akan bertambah temperaturnya. Bila di mobil ada alat pemadam enteng atau umum disebutkan APAR, semprotkanlah ke sumber api. Janganlah lupa untuk selekasnya minta kontribusi pemadam kebakaran dan tenaga kesehatan bila Anda atau penumpang yang semobil alami cedera.

 

Ingat, tidak boleh coba memandamkan api yang telah jadi membesar karena cuman ingin ambil barang bernilai yang ketinggalan dalam mobil. Seberharga berapa saja barang itu, tetapi lebih penting nyawa Anda sendiri. Tidak ada kelirunya simpan pisau lipat di laci, karena Anda bisa selekasnya ambil perlakuan jika ada penumpang yang terjerat dengan sabuk pengaman.

Untuk menahan mobil terbakar, seharusnya lihat dengan cermat banyak hal di bawah ini. Jika ada kebocoran yang menyebabkan mobil jalan dengan tidak prima, selekasnya check buat mengecilkan resiko kebakaran. Check, adakah kabel yang hancur atau kendur, lalu check sisi oli dan cairan yang lain buat menahan ada kebocoran.

Saat di jalan, Anda harus fokus penuh agar selekasnya mengenal ada pertanda bahaya, seperti berlangsungnya peralihan yang cepat di tingkat bahan bakar dan kenaikan secara mencolok temperatur mesin. Jika bawa bahan bakar, tampunglah di tempat yang bisa disegel dan membuka saja jendela mobil. Paling akhir, jangan sekalipun memarkir mobil di beberapa tempat yang gampang terbakar.