6 Tokoh Paling Sukses di Industri Ototmotif
6 Tokoh Paling Sukses di Industri Ototmotif

6 Tokoh Paling Sukses di Industri Ototmotif

6 Tokoh Paling Sukses di Industri Ototmotif

Liputanberitaku.com — Industri mobil adalah substansi usaha paling besar di dunia dengan beberapa puluh merk. Dan tiap merk digerakkan dengan style kepimpinan yang lain keduanya.

Ada Henry Ford yang legendaris. Ada Elon Musk yang modern. Terhitung ada Carlos Ghosn yang fantastis tetapi usai “ironis”. Mereka ialah orang luar biasa di waktunya semasing. Berikut ialah kumpulan biografi pengusaha sukses di bidang otomotif.

Henry Ford

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama Henry Ford
  • Status Pendiri Ford Motor Company
  • Lahir 30 Juli 1863 di Greenfield Township, Michigan, AS
  • Wafat 7 April 1947 di Fair Lane, Dearborn, Michigan, AS
  • Pendidikan Institut Bisnis Detroit

Ford mempelopori lajur perakitan dalam industri otomotif, hingga pembikinan mobil lebih efektif dan efisien.

Industri yang ekonomis itu membuat harga mobil jadi dapat dijangkau, dan beberapa orang sanggup membeli mobil. Dia juga memutar mekanisme transportasi Amerika, dan dunia.

Selain pendekatan inovatifnya di proses produksi, dia memberikan peningkatan upah yang memberikan kepuasan untuk beberapa karyawan. Ide ini saat ini dikenali sebagai “Fordisme”, yaitu produksi massal beberapa barang murah dengan gaji yang semakin tinggi untuk beberapa karyawan.

Sistem produksi itu diilhami lawatan Ford ke toko daging lokal. Gaji karyawan minimal dikatrol dari $ 2,34 jadi $ 5 di tahun 1914. Beberapa teknisi terbaik di Detroit bersama-sama ke Ford untuk kerja di situ.

Henry Ford menghasilkan mobil pertama kali yang sanggup dibeli oleh beberapa kelas menengah Amerika, terhitung oleh mekanik yang bekerja di Ford.

Model T dikenalkan di tahun 1908, dan semenjak waktu itu Ford mengubah mobil dari keingintahuan yang mahal jadi transportasi praktis yang berpengaruh berarti pada budaya era ke-20.

 

Carlos Ghosn

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama Carlos Ghosn
  • Status Eks Chairman dan CEO Renault, Nissan, dan Renault-Nissan Alliance; eks Chairman Mitsubishi Motors
  • Lahir 9 Maret 1954 di Porto Velho, Brasil
  • Pendidikan Pakar Tehnik dari École Polytechnique dan École des Mines de Paris

Ghosn mempunyai beberapa nama panggilan, seperti Si Pemangkas Ongkos dan Bos yang Membenahi. Dia atur putaran keuangan Renault diakhir dasawarsa 90-an untuk membuat koalisi yang kita mengenal saat ini, Renault-Nissan.

Ghosn ialah orang pertama di dunia yang jalankan dua perusahaan dalam perincian Fortune 500 secara bersamaan. Dia anggota 74 dewan di 16 industri berbeda yang terkait dengannya.

Tetapi yang paling mengagumkan ialah Ghosn sanggup mengganti perusahaan yang nyaris tutup karena tidak untung, yaitu Nissan, jadi perusahaan yang memberikan keuntungan.

Susul pembaruan Nissan pada awal 2000-an, koalisi Renault-Nissan sekarang jadi produsen mobil paling besar ke-3 di dunia.

Walau akhir-akhir ini dia dituduh lakukan penggelapan keuangan dan pajak oleh faksi berwajib Jepang, Ghosn teruslah orang yang sukses di periode saat dia benar-benar diperlukan.

Walaupun Ghosn sudah dihentikan dari kedudukannya di Renault, Nissan, dan Mitsubishi (Nissan mempunyai 34% saham Mitsubishi), dia ialah orang yang cerita kesuksesannya pernah dibikin komik dan terkenal di Jepang.

 

Elon Musk

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama Elon Reeve Musk
  • Status CEO Tesla Motors, dan CEO dan CTO Space X
  • Lahir 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan
  • Pendidikan Ilmu Fisika dan Ekonomi di University of Pennsylvania

Elon Musk dipandang kece oleh beberapa orang karena akhir-akhir ini intensif meningkatkan perusahaan roket Space X, sesudah terlebih dulu pimpin salah satunya perusahaan mobil listrik paling inovatif di dunia, Tesla.

Awalnya kembali, dia dikenali jadi orang yang beraksi di mekanisme keuangan Paypal. Musk masuk ke dunia otomotif di tahun 2003 sebagai salah satunya pendiri Tesla Motors. Tetapi, perhatian dunia mulai tertuju kepadanya saat tahun 2008 melaunching Tesla Roadster, mobil sport listrik pertama di dunia yang dibuat massal.

Pada Desember 2016, Tesla Motors sudah jual lebih dari 186.000 mobil listrik di penjuru dunia semenjak pengangkutan Tesla Roadster pertama kalinya di tahun 2008.

Tesla sekarang jadi pembikin mobil listrik plug-in paling besar ke-2 di dunia sesudah Renault-Nissan Alliance yang terlebih dahulu jual Nissan Leaf.

Tetapi, Tesla Motors hanya salah satunya argumen kami kagum pada Mr. Musk. Komitmennya untuk menebarkan energi surya secara luas dan turut kurangi pemanasan global, dan usahanya dalam industri roket, ialah hal yang bakal selalu membuat kelihatan kece.

 

Mary Teresa Bara

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama Mary Teresa Barra
  • Status CEO General Motors
  • Lahir 24 Desember 1961 di Royal Oak, Michigan, AS
  • Pendidikan Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford

Dia ialah CEO wanita pertama kali yang pimpin satu dari empat pembikin mobil paling besar di AS dan salah satunya yang paling besar di dunia, General Motors (GM). Mary Barra -demikian dia biasa disebut- tergabung dengan GM semenjak berumur 18 tahun.

Dia mengawalinya dari bawah dan menggenggam beragam status tehnik dan administrasi, terhitung jadi manager pabrik perakitan.

Barra dipilih menjadi CEO pada Januari 2014. Sepanjang tahun pertama kalinya, GM mau tak mau umumkan 84 recall yang mengikutsertakan lebih dari 30 juta kendaraan (lebih dari 3x jumlah yang dijualnya di penjuru dunia pada 2013, dan lebih dari keseluruhnya recall industri otomotif di AS pada 2013).

Dia sempat diundang Konferensi untuk jawab pertanyaan mengenai produk GM yang memiliki masalah dan berkaitan dengan 13 kematian. Sudah pasti Barra hadapi rintangan berat untuk membuat kembali keyakinan customer.

Walau hadapi awalan yang susah, Barra sukses bersihkan budaya “politik yang bikin rugi perusahaan” yang sudah lama berada di GM. Dia menggerakkan efektivitas, kecepatan produksi, dan kualitas yang lebih bagus untuk produk GM.

 

JRD Tata

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama JRD Tata
  • Status Chairman Tata Group dan pemegang saham Tata Sons
  • Lahir 29 Juli 1904 di Paris, Prancis
  • Wafat 29 November 1993 di Jenewa, Swiss
  • Pendidikan Janson de Sailly School

Jehangir Ratanji Dadabhoy Tata merupakan salah seorang perintis dan pengusaha awalnya dalam transportasi di dunia. Tapi yang terpenting dia mengganti transportasi India -negara dengan warga lebih dari semilyar jiwa selainnya China- dengan membangun Tata Motors dan Air India di akhir delade 30-an dan 40-an.

 

Ke-2 perusahaan itu tetap bekerja dan memberikan keuntungan sampai ini hari. Lahir dari salah satunya keluarga terpenting di India, JRD Tata dibesarkan menjadi penerbang pelopor dan membuat salah satunya industri paling besar di India.

Di tahun 1938, pada umur 34 tahun, dia dipilih sebagai Chairman Tata dan Sons, yang membuat jadi kepala barisan industri paling besar di India.

Ia awali dengan 14 perusahaan di bawah kepimpinannya dan di saat kepergiannya di tahun 1988, Tata dan Sons ialah konglomerasi dari 95 perusahaan.

Yang kurang dijumpai luas ialah Tata Motors dibangun sebagai produsen lokomotif kereta api. Dan di tahun 1954 perusahaan ini menghasilkan kendaraan komersil pertama bekerjasama dengan Daimler-Benz AG (berjalan sampai 1969). Semenjak waktu itu, Tata memimpin bidang kendaraan komersil dari India.

Tata benar-benar memerhatikan kesejahteraan pegawai dan ini kelihatan di semua perusahaan di group Tata. Di tahun 1956, dia memprakarsai program ‘asosiasi pegawai dengan management’ untuk memberinya status yang semakin kuat untuk pegawai dalam soal perusahaan. Dia menegakkan hari kerja delapan jam, kontribusi klinis gratis, dan asuransi kecelakaan kerja.

 

Akio Toyoda

biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
biografi pengusaha sukses di bidang otomotif
  • Nama Akio Toyoda
  • Status CEO Toyota
  • Lahir 3 Mei 1956 di Nagoya, Jepang
  • Pengajaran MBA di Babson College

Akio Toyoda (60) ialah cucu pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda. Dia jadi CEO pembuat mobil paling besar di dunia 8 tahun lalu. Akio memimpin Toyota melalui krisis ekonomi global, dan gempa bumi dan tsunami tahun 2011.

Ia sukses tangani kontroversi sekitar recall kendaraan pada 2009/2010, yang pada akhirnya membuat Toyota menyepakati penuntasan $ 1,2 miliar untuk konsumen AS.

Toyoda menyebutkan penarikan itu sebagai ‘titik balik’ dalam riwayat perusahaan dan peluang untuk kembali lagi ke filosofi dasar Toyota mengenai ‘pelanggan yang diprioritaskan’.

Toyota ialah pembikin mobil paling besar di dunia disaksikan dari jumlahnya mobil yang terjual tiap tahunnya. Dan Akio Toyoda sukses makin memperbesar perusahaan peninggalan kakeknya itu.

Bagaimana tidak, bahkan juga saat ide permobilan dunia ke arah kendaraan hybrid, listrik, dan fuel cell, Toyota dapat merampas salah satunya status paling depan lewat produk Prius dan Mirai.

 

web counters