Mengapa pilih SMK Jurusan Teknik Bodi Otomotif

Mengapa pilih SMK Jurusan Teknik Bodi Otomotif

Liputanberitaku.com — Jurusan Tehnik Bodi Otomotif – Kenapa pilih Jurusan Teknik Bodi Otomotif ? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempunyai jargon “SMK BISA” sebagai Sekolah menengah yang cetak lulusanya supaya siap kerja, baik kerja di perusahaan atau buka lapangan pekerjaan sendiri (wiraswasta). Pelajar SMK akan di didik dan dilatih sesuai Jalurya dimulai dari kelas X (sepuluh) hingga dari sejak awalnya masuk sekolah pelajar SMK telah ditujukan, dilatih untuk bekerja sesuai sektornya/jalurya (Kapabilitas Ketrampilan) semasing.

Sesuai jargonya “SMK BISA”, karena itu alumni SMK diharap dapat Kerja dan bisa juga Kuliah. Berlainan dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) penjurusan akan dilaksanakan di kelas 11, ini maknanya kamu belajar dahulu sepanjang satu tahun, baru selanjutnya dilaksanakan Penjurusan, kamu diminta pilih jalur yang sesuai minat dan bakat yang umumnya berdasar nilai pada kelas 10.

Sekolah Menengah Atas (SMA) mempunyai jalur yang memiliki sifat umum karena tamatan SMA ditujukan agar meneruskan ke Perguruan Tinggi (kuliah). Kemampuan/ Ketrampilan untuk pelajar SMA akan didapat saat berada di Perguruan Tinggi.

Berbeda hal dengan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), jika di SMK penyeleksian jurusan (Kapabilitas Ketrampilan) langsung akan dilaksanakan semenjak pertama mendaftarkan hingga kamu segera dapat pilih jalur (Kapabilitas Ketrampilan) yang sesuai minat dan bakat yang kamu punyai. Masing-masing SMK belum pasti mempunyai jurusan (Kapabilitas Ketrampilan) yang serupa hingga kamu bebas pilih SMK yang buka Jalur sesuai talenta ketertarikan yang kamu punyai.

Seperti jurusan (Kompetensi Keahlian) Teknik Bodi Otomotif ini, tidak seluruhnya SMK mempunyai jalur Teknik Bodi Otomotif. Seharusnya saat sebelum mendaftarkan ke SMK kamu harus mengenal talenta ketertarikan yang kamu punyai, selanjutnya kamu dapat cari SMK yang buka jalur yang sesuai minat dan bakat kamu. Misalkan kamu mempunyai minat dan bakat mengenai modifikasi body mobil atau motor, karena itu kamu dapat pilih jurusan Teknik Bodi Otomotif, tapi bila kamu mempunyai hoby mesin mobil atau motor, kamu dapat pilih jalur Tehnik Kendaraan Enteng (TKR) atau Jalur Tehnik Sepeda Motor, bila hoby kamu pada alat berat, kamu dapat pilih jalur Tehnik Alat Berat, dan lain-lain.

Untuk kamu yang masih bimbang ingin tentukan jurusan (Kompetensi Keahlian) apa di SMK, berikut salah satunya jurusan (Kapabilitas Ketrampilan) di SMK yang lumayan menjanjikan untuk masa datang kamu. Jalur yang dapat kamu tentukan satu diantaranya ialah jurusan Teknik Bodi Otomotif.

Jurusan (Kompetensi Keahlian) Teknik Teknik Bodi Otomotif ini umumnya cuman disukai oleh lelaki saja, jadi tidak bingung jika di jalur ini dikuasai oleh Pelajar lelaki. Sesudah lulus dari SMK kamu langsung bisa bekerja, tapi untuk yang ingin meneruskan ke Perguruan Tinggi (Kuliah) lebar terbuka untuk pilih jalur yang serupa seperti saat di SMK atau jalur yang lain. Fakultas Tehnik dengan Jalur Tehnik Otomotif ialah jalur yang pas bila ingin meneruskan ke Perguruan Tinggi.

Banyak yang memandang jika anak tehnik sukanya tawuran dan memiliki prestasi rendah. Faktanya tidak begitu, bahkan juga anak tehnik banyak yang berpretasi yang membesarkan hati ditingkat lokal atau nasional, misalkan saja anak tehnik kendaraan enteng (TKR) sudah sukses membuat motor listrik, mobil dengan memadankan kapabilitas otomotif Tehnik Kendaraan Enteng dan Teknik Bodi Otomotif.

Ini memperlihatkan jika Jurusan Teknik khususnya Teknik Bodi Otomotif tidak jelek bahkan juga jalur ini sebagai jalur yang lumayan menjanjikan dan benar-benar di meminati untuk sekarang ini. Banyak bengkel-bengkel bodi otomotif memerlukan jalur ini.

Di Jalur Teknik Bodi Otomotif, kamu akan diperkenalkan dengan Pembaruan Panel Body, Perawatan dan Pembaruan Kelistrikan Body dan Assesories, Pengecatan Body Otomotif, Perawatan dan Pembaruan Interior, dan lain-lain. Pada jalur Teknik Bodi Otomotif pelajari Gambar Tehnik Otomotif, Tehnologi Dasar Otomotif, Tugas Dasar Tehnik Otomotif.

Karena itu tidak boleh bingung jika anak Tehnik Bodi Otomotif jago menggambar tehnik otomotif dan mengusai dalam Perawatan dan Pembaruan kelistrikan Body dan Assesories motor atau mobil. Kapabilitas Teknik Bodi Otomotif ini lebih banyak dicari oleh perusahaan otomotif terutamanya bengkel Body Otomotif.

Bukan hanya sampai disana, alumnus jalur Teknik Bodi Otomotif bisa juga berwirausaha dengan membuat/ buka bengkel pembaruan body otomotif, pengecatan, dan lainnya. Alumnus jalur ini bisa juga bekerja di perusahaan otomotif seperti Astra atau perusahaan otomotif lainnya.