5 aplikasi Akuntansi Terbaik Buatan Indonesia

5 aplikasi Akuntansi Terbaik Buatan Indonesia

aplikasi Akuntansi Terbaik – Perkembangan tehnologi selalu menawarkan beberapa hal yang baru. Manusia selalu tertolongkan oleh perubahan tehnologi. Lewat beberapa alat untuk mempermudah tiap tugas manusia. Bila dahulu akuntansi dilakukan secara manual yang membutuhkan beberapa waktu menyelesaikannya, saat ini sudah banyak terbentuk tools (komputer) untuk membuat semua jadi mudah.

Makin berkembangnya jaman, computer terus alami perubahan. Dari yang awalannya cuman kalkulator sampai mempunyai monitor canggih, dari yang cuman kotak besar sampai jadi setipis kaca. Perubahan ini bukan hanya memengaruhi wujud fisik nya tetapi juga isi dan faedah dari computer itu.

Bersamaan evolusi computer yang paling cepat, program atau aplikasi yang ada di dalamnya juga turut diperkembangkan. Dari hal tersebut ada beragam aplikasi yang membantu tugas manusia sama seperti yang kerap kita pakai sekarang ini misalkan microsoft office.

aplikasi ini lebih mempermudah tugas kita lebih detil. Microsoft office misalkan yang mempermudah tugas dalam soal menulis laporan (word) olah data (excel) presentasi (power poin) dan lain sebaginya. Untuk seorang akuntan kuasai microsoft office ialah perbekalan standard saat membuat laporan keuangan atau laporan lainnya.

Tetapi kadang menguasai microsoft office saja masih belumlah cukup, akuntan harus dapat memakai beragam program computer khusus akuntansi. Tidak lain dan tidak bukan agar semakin memudahkan tugas nya.

Ada beberapa aplikasi akuntansi terbaik yang berada di Indonesia. Program ini bukan hanya bisa dipakai oleh beberapa orang yang pahami akuntansi tetapi juga untuk orang pemula yang baru mengenali akuntasi. Dalam artikel ini akan diterangkan bebeberapa aplikasi komputer untuk akuntansi yang tersebar di indonesia, tetapi sebelumnya silahkan kita baca detail umum dari aplikasi akuntansi itu.

Detail aplikasi Akuntansi

Aplikasi komputer atau yang lebih dikenali dengan perangkat lunak (software) mempunyai beragam jenis bentuk. Ada yang dipakai untuk mengubah photo seperti photoshop dan yang lain. aplikasi akuntansi sendiri ialah piranti lunak yang dipakai untuk memudahan pendataan dan kegiatan lain dari akuntansi.

aplikasi akuntansi ini memanfaatkan ide modularitas di mana rangkaian akitvitas yang sama diganti di dalam modul-modul yang detil. Misalnya pembelian (account payable), pemasaran (account receivable), pengupahan, buku besar dan yang lain.

Perusahaan besar umumnya mempunyai sisi sendiri untuk meningkatkan program akuntansi ini. Tetapi sering perusahaan atau UKM yang memakai faksi ke-3 untuk memperoleh aplikasi akuntansi terbaik. Faksi ke-3 ini sediakan aplikasi yang bakal dipakai kerap kali perusahaan itu bekerja bersama dengan faksi ke-3 barusan. Karena perbedaan cakupan pemakaian program ini ibarat perusahaan sampai UKM karena itu komplikasi dan kompetensi program ini juga berbagai macam bergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang bakal memakai.

Tetapi, dari keberagaman nya itu, aplikasi akuntansi ini selalu sediakan sejumlah fitur standard yang ada selalu dalam tiap program entah itu bikinan dalam negeri atau luar negeri misalnya:

  • Multi user
    Database
    Multi Company
    Impor dan Ekspor Data Excel
    Multi language
    Modul AR, AP, GL,
    Multi cabang
    Stok, Payroll dan sebagainya.
    Multi Currency

Manfaat aplikasi Akuntansi

Maksud dan fungsi utama dari aplikasi akuntansi ini ialah membantu akuntan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Keuntungan (Keuntungan Lost Pernyataant), Kontan Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Laporan itu didapat dari langkah pertama seperti membuat perkiraan atau akun atau ledger atau buku besar. Tiap ledger ini code dan nama tertentu yang umum dipakai dan mempunyai pos-pos yang terang dalam status neraca keuangan misalnya pos ledger untuk Neraca, rugi laba, cost pabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Nach, bila kita memakai aplikasi akuntansi terbaik hal-hal yang di atas barusan bisa dilaksanakan dengan cepat sekali hingga mengirit waktu. Bayangkan misalkan untuk neraca keuangan sebuah perusahaan besar dilaksanakan dengan manual yang rawan kekeliruan dan lama pasti akan kewalahan.

Disamping itu dengan aplikasi akuntansi terbaik ini kita bisa menjurnal semua aktivitas akuntasi seperti transaksi bisnis pemasaran, pembelian, produksi barang dan yang lain secara automatis. Hingga bisa terpadu dengan beragam jenis laporan yang lain memberikan dukungan dalam aktivitas perusahaan.

Jadi intinya ialah aplikasi akuntansi benar-benar membantu kita saat membuat management akkeuangan yang efisien.

4 aplikasi Akuntansi Terbaik dan Populer di Indonesia

Ada banyak aplikasi yang tersebar di Indonesia. Dari aplikasi yang gratis sampai aplikasi pada harga beberapa puluh juta. Berikut aplikasi akuntansi terbaik dan populer yang sering dipakai di Indonesia.

1. Easy Accounting System


Easy Accounting System dibuat semenjak tahun 2009 di bawah lindungan PT Global Info Fortuna Teknotama, sebagai aplikasi akuntansi terbaik keuangan dan point of sale (POS) sekalian aplikasi semi-ERP systems. aplikasi Easy bisa dipakai untuk jalankan beragam tipe operasi usaha dari Distribusi, Jasa, Ritel, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pengajaran, Ekspor Impor, Courier , dan Perusahaan manufaktur baik yang memiliki sifat perakitan (assembly) atau yang memiliki sifat Pembuatan (maker).

Easy Akunting Sistem sendiri dibuat memakai engine Firebird yang bisa dibuktikan andal dan konstan kesemua sistem operasi windows. Dengan feature khusus Impor Transaksi bisnis ( Jurnal voucer, invoice, COA, dan daftar barang), Versus Mobile (Easy Mobile) dan e-faktur ready , jadikan Easy Akunting pendatang baru yang cukup inovatif khususnya di bidang industri menengah. Walau cuman bisa berjalan di sistem operasi windows dan belum disokong oleh situs based.

Disokong pada harga yang cukup affordable dengan versus trading ialah delapan juta dan dan versus platinum 18 juta rupiah, dan versus manufacturing sejumlah 33 juta rupiah (belum terhitung pelatihan). Easy Accounting menyediakan service purna jual yang lumayan baik untuk customernya.

2. Jurnal.ID


Jurnal sediakan service aplikasi akuntansionline yang aman dan andal untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Jurnal ada sebagai service yang bisa dijangkau dari mana saja dengan koneksi via internet atau WIFI. Dengan Jurnal, tidak perlu unduh atau install apa saja di computer Anda. Tidak ada ongkos instalasi untuk memulai menggunakan Jurnal dan peroleh up-date gratis secara automatis dan tanpa perlu kontrak. Anda perlu daftar, login dan memulai kerjakan pembukuan usaha Anda kapan saja dan dimana saja. Usaha yang menggunakan Jurnal jalan lebih bagus karena lebih menghemat waktu pada proses administrasi dan operational.

Dengan memakai aplikasi akuntansi Jurnal, Anda akan memperoleh laporan asset secara real-time yang bakal tampilkan daftar asset masih tetap pada harga pencapaian awalnya, penumpukan penyusutan, sampai nilai asset itu.

Jadi dari masalah pembikinan Invoice/Faktur, pengujian Inventory secara real-time dan online sampai pembikinan Laporan Keuangan perusahaan Anda segera dapat dibikin lebih cepat dan mudah supaya Cashflow Usaha Anda juga dapat mengalami perkembangan lebih positif.

Ongkos dimulai dari Rp.149,000/bulan tanpa ongkos terselinap yang lain dan peroleh 14 hari GRATIS untuk semua pemakai baru yang mendaftarkan di Jurnal.id.

3. FINA

FINA dapat dikatakan sebagai aplikasi akuntansi untuk perusahaan terbaik, karena dari feature modul yang disiapkan benar-benar lengkap. Disamping itu aplikasi ini telah dipakai oleh lebih dari 800 perusahaan. FINA memberinya garansi 90 hari uang kembali ke pembelian softwarenya dan training operasionalisasi aplikasi sampai dapat.

Harga yang diberi untuk aplikasi tipe CC ialah 20 juta, sedang untuk AW 35 juta dan Distro 60 juta. Tiap tipe tipe ini dikenai ongkos 3.tiga juta untuk tambahan pemakai pada computer. Tetapi aplikasi ini cuman pas di pasang pada basis windows saja

 

4. Accurate


aplikasi ACCURATE terhitung aplikasi akuntansi terbaik bikinan asli Indonesia yang diperkembangkan oleh CPSSoft (PT Cipta Perangkat Sejahtera) di awal tahun 2000. aplikasi Accurate Pertama kalinya Release bernama ACCURATE 2000 yang cuman sebagai aplikasi Buku Besar (General Ledger),Lalu di tahun 2002 Accurate 2000 berkembang dan CPSSoft sukses release Accurate Versi 2 dengan tambahan modul inventory. Karena makin bertambahnya keinginan pada aplikasi akuntansi terbaik, Akirate Versus 2 terus diperkembangkan dan sukses release Accurate Versi 3 di tahun 2003 dengan modul yang lebih komplet.

Akirate memberinya garansi 30 hari uang kembali untuk paket yang dijualnya. Sayang nya akirate tidak bisa dikustom tetapi aplikasi akuntansi ini pas dipakai dengan basis windows dan linux yang mempunyai wine.