Berapakah Biaya Desain Rumah Dan Kontraktor ? Ini Perhitungannya!

Berapakah Biaya Desain Rumah Dan Kontraktor ? Ini Perhitungannya!

Liputanberitaku.com — Ingin membuat rumah sendiri memakai jasa arsitek? Kenali dahulu berapakah Biaya Desain Rumah dan kontraktor saat sebelum memutuskan untuk membuat rumah!

Permasalahannya, banyak orang tidak tahu-menahu terkait penghitungan Biaya Desain Rumah dan pada akhirnya enggan karena takut harga mahal.

Buang pemikiran semacam itu, bila tidak paham karena itu harus cari info lebih dulu, kan?

Rupanya perhitungannya tidak sesulit yang dipikirkan, ini penghitungan Biaya Desain Rumah dan kontraktor.

Cara Tepat Hitung Biaya Desain Rumah

1. Jasa Arsitek Per Meter Persegi

Langkah penghitungan Biaya Desain Rumah dan kontraktor ini ialah langkah yang terbanyak diaplikasikan di Indonesia. Kisaran umum jasa desain berdasar ukuran bangunan atau per meter perseginya ialah 100 ribu sampai 1 juta per meternya, terhitung saat pilih jasa arsitek rumah minimalis sekalipun.

Factor penentu ketidaksamaan harga ini umumnya berdasar jam terbang atau ketrampilan si arsitek. Makin tinggi jam terbang dan ketrampilan si arsitek, pasti makin tinggi biaya bentuknya.

Catat! Jangan hanya ingin biaya desain rumah yang murah, kamu malah asal pilih desainer. Pilih harga yang sesuai bujetmu dan lihat sarana dan profesionalitas yang diberi oleh desainer.

Penghitungan semacam ini lebih memberikan keuntungan karena harga telah ditetapkan pada awal dan akan membuat kamu lebih irit.

2. Penghitungan Jasa Arsitek Berdasarkan IAI

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan cara resmi sudah keluarkan tabel honorarium arsitek sebagai dasar biaya desain rumah.

Tabel itu ialah penghitungan berdasar biaya bangunan atau dihitung dari prosentase gagasan bujet biaya (RAB) keseluruhan bangunan. IAI sudah mengategorikan biayanya berdasar tipe bangunan yang sudah tercantum dalam kelompok itu.

Semacam ini contoh perhitungannya: bila kelompok bangunan ialah kelompok 1 dan biaya pembangunannya 1 milyar, karena itu biaya bentuknya ialah 25 juta.

Catat! Biaya desain itu tidak dibayar secara utuh pada awal pembuatan, tetapi dibayarkan dalam beberapa tahapan sesuai persetujuan.

3. Penghitungan Biaya Kontraktor

Penghitungan biaya kontraktor dalam membuat rumah ditetapkan berdasar material untuk bangunan yang diputuskan. Makin bagus kualitas materialnya, karena itu makin besar biaya kontraktornya.

Ini karena kontraktor ambil biaya jasa dari prosentase material untuk bangunan yang diputuskan. Untuk mekanisme pembayarannya, umumnya kontraktor tawarkan mekanisme term dengan bayar uang muka.

4. Paket All-in

Sesuai namanya, paket all-in meliputi biaya desain rumah dan kontraktor dalam satu paket. Maknanya, harga yang dibanderol telah meliputi biaya desain sampai pengerjaan rumah.

Dengan pilih paket ini, kamu tak perlu repot cari kontraktor karena arsitek umumnya telah pilih kontraktor paling dipercaya untuk membangun rumahmu.

5. Jasa Arsitek Renovasi Rumah

Langkah hitung jasa arsitek renovasi rumah dapat disebut serupa dengan beberapa cara yang sudah disebut sebelumnya. Namun, penghitungan biaya perbaikan rumah balik lagi pada persetujuan dengan si arsitek.

Berikut opsi penghitungan jasa arsitek perbaikan rumah:

  • Berdasar luas bangunan
  • Persentase biaya konstruksi
  • Beradasarkan biaya tetap
  • Bebas biaya desain