Samsung Galaxy Z Flip 3 Resmi Hadir, Layar Mini Lebih Lebar dan Tahan Air

Liputanberitaku.com – Selain Galaxy Z Fold3, Samsung juga kembali meluncurkan ponsel lipat pada acara “Galaxy Unpacked” yang digelar Rabu (11/8/2021) sebagai penerus Galaxy Z Flip, yakni Galaxy Z Flip3.

Fold 3, Z Flip 3 juga dilengkapi dengan fungsi tahan air bersertifikat IPX8, bahkan jika dijatuhkan ke dalam air 1,5 meter selama 30 menit, itu dapat bekerja dengan normal.

Ponsel lipat ini juga dihias dengan bingkai dan engsel berbahan aluminium armor yang diklaim 10% lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Untuk mengesankan orang, kulit terluar Galaxy Z Flip 3 dilindungi oleh kaca Gorilla Glass Victus, yang dikatakan 50% lebih kuat dari Gorilla Glass 6.

Dari segi desain, ponsel lipat ini masih memiliki mekanisme lipat yang mirip dengan Galaxy Z Flip generasi pertama, yakni mode flip-folding. Atau flip serupa.

Saat dilipat, ponsel ini akan memiliki bentuk persegi yang ringkas, sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku celana atau baju.

Dalam mode ini, pengguna akan melihat layar bantu kecil bertipe Super AMOLED (Cover Screen), yang dikatakan empat kali lebih besar dari Galaxy Z Flip, yaitu 1,9 inci (resolusi 260 x 512 piksel).

Layar mini ini sendiri dapat menampilkan banyak informasi penting, seperti notifikasi dari berbagai aplikasi, halaman pengaturan (quick setting) untuk mengubah tingkat kecerahan, volume, dll, widget, dan aplikasi pembayaran Samsung untuk kemudahan transaksi.

Selain itu, layar ini juga mendukung fungsi snapshot, pengguna dapat mengambil gambar atau merekam video melalui kamera utama tanpa harus membuka ponsel.

Aktivitas fotografinya sendiri kini didukung oleh dua kamera belakang yang tersusun vertikal di sisi kiri cover screen.

Layar awal lebih cepat, ketika Galaxy Z Flip3 dibuka, bentuk perangkat biasanya menyerupai smartphone Android. Dalam mode ini, pengguna akan dapat melihat layar utama ponsel ini, yang dilengkapi dengan panel Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci (resolusi Full HD Plus) dan Infinity Flex Display dengan kecepatan refresh 120Hz.

Saat refresh rate meningkat, animasi dan konten yang ditampilkan di layar pasti akan lebih cepat daripada Galaxy Z Flip dengan layar refresh rate 60 Hz. Di bagian atas layar, terdapat modul “Infinity-O”, yang berisi kamera selfie 10 MP (f/2.4).

Soal performa, Galaxy Z Flip3 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 888, dengan pilihan RAM 8 GB dan memori 128 GB dan 256 GB. Kapasitas baterai Galaxy Z Flip 3 adalah 3.300 mAh.

Fitur pendukung lainnya termasuk dukungan 5G, sistem operasi Android 11, sidik jari samping dan panel mode Flex, yang dapat memberikan dua mode tampilan saat membuka aplikasi yang didukung.

Samsung Galaxy Z Flip3 hadir dalam warna krem, hitam hantu, hijau, dan lavender. Untuk pemesanan yang dilakukan melalui Samsung.com, ada tiga pilihan warna tambahan yaitu putih, pink dan abu-abu.

Di Amerika Serikat, harga minimum ponsel lipat ini adalah US$999, yakni sekitar Rp14,3 juta. Pengguna dapat mempercantik Galaxy Z Flip3 dengan aksesoris housing, strap dan cover ring warna yang dijual terpisah, sehingga perangkat mudah dibawa saat dilipat.

 

 

 

Artikel asli