Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya

Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya

Liputanberitaku.com — Perubahan tehnologi dan globalisasi yang ada sekarang ini, sudah pasti tidak dapat terlepas dari namanya laptop, computer atau handphone. Banyaknya komputer yang ada sekarang ini juga dikuasai oleh kebutuhan pasar yang ada. Disamping itu, kualitas dan spesifikasi yang ada di komputer juga sanggup dipakai multifungsi.

Komputer sendiri sangat gampang dijumpai di kehidupan setiap hari. Tetapi walau kamu kerap menemuinya di kehidupan harianmu, namun kamu memahami atau mungkin tidak peranan dari beberapa bagian computer?

Salah satunya sisi paling penting dari computer adalah hardware atau piranti keras. Piranti keras ini sebagai sisi computer yang dapat kamu saksikan langsung.

Hardware pada komputer juga terdiri atas beberapa bagian utama. Namun elemen pada hardware yang paling utaman adalah motherboard.

Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya
Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya

Bila kamu anak IT sudah pasti harus paham donk apa peranan motherboard dan bagian-bagiannya. Motherboard sendiri pertama kalinya dibikin di tahun 1977. Motherboard ini dibikin oleh Apple untuk Apple II.

Tetapi bila kamu belum ketahui apa peranan motherboard dan bagian-bagiannya, tidak perlu cemas. Karena Liputan6.com sudah meringkas dari beragam sumber berkenaan peranan motherboard dan bagian-bagiannya, Jumat (7/3/2019) di bawah ini.

 

Motherboard sendiri adalah tempat bebagai elemen elektronik yang sama-sama tersambung pada suatu PC. Disamping itu, motherboard juga mempunyai chip bios atau program pendorong, lajur dan connector untuk menyambungkan masing-masing perangkat. Motherboard sendiri banya dijumpai pada PC.

Karena terhitung dalam piranti atau elemen paling penting, sudah pasti peranan motherboard dan bagian-bagiannya ini perlu kamu kenali. Fungsi motherboard dan bagian-bagiannya ini sudah pasti berlainan. Bergantung dari tipe pemakaiannya.

Fungsi utama dari motherboard sendiri sebagai pusat penyambung di antara satu piranti dengan piranti yang lain. Dapat disebutkan jika fungsi motherboard ini sebagai penyatu dari sistem perangkat keras yang ada.

Disamping itu, peranan motherboard dan bagian-bagiannya ini mampu untuk mengsinergikan kode-kode yang ada jadi sebuah kegiatan kinerja pada suatu komputer.

Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya
Apa Pengertian Motherboard dan Bagian-Bagiannya

Selainnya ketahui peranan dari motherboard, kamu perlu untuk ketahui beberapa bagian yang ada di motherboard. Pada peranan motherboard dan bagian-bagiannya berikut yang sanggup untuk menyambungkan langsung atau mungkin tidak langsung dengan piranti computer yang lain. Berikut beberapa beberapa bagian motherboard yang penting kamu kenali.

1. Socket CPU

Socket CPU atau Prosesor Socket ini salah satunya sisi dari motherboard. Ada dua type socket yang umum dipakai, yakni LIF dan ZIF. Lif sendiri adalah socket mode lama ringkasan dari Low Insertion Force.

Sedang ZIF sebagai soket mode baru. ZIF sendiri sebagai ringkasan dari Zero Insertion Force. Sedang pada processor AMD menggubnakan istilah sendiri yakni socket A.

2. Konektor Power Supply Unit

Konektor power supply unit adalah sebauh pin yang menghubungkan di antara motherboard dan power suplai pada suatu computer. Disamping itu, ada dua tipe connector power suplai, yakni AT dan ATX. Untuk AT sendiri terdiri dari dua kabel atau baggian dari power suplai yang jadi satu.

Sedang untuk ATX sendiri sebagai satu kabel power suplai yang ada pada satu header. Kebanyakan motherboard terkini sudah menggubnakan konektor power supply dengan type ATX.

3. BIOS atau Basic Input- Output System

BIOS sendiri sebagai program dasar yang selalu dipakai di antara mekanisme operasi dan motherboard. BIOS sendiri ada pada ROM atau Read Only Memory. BIOS berikut yang atur bagaimana satu elemen dapat bekerja dengan tersambung pada motherboard.

4. North bridge controller

Fungsi dari north bridge controller sendiri adalah untuk menyambungkan di antara soket CPU, Slots RAM dan slots AGP. Disamping itu, letak dari north bridge controller ini juga dekat sama processor, hingga north bridge controller sebagai salah satunya bagian utama yang ada di motherboard.

5. South bridge controller

Untuk south bridge controller mempunyai peranan untuk atur kerja paeripheral yang berada di computer. Seperti IDE controller, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, LAN, Modem dan peranan yang lain. South bridge controller juga sama dengan north bridge controller. Mereka adalah piranti atau bagian utama yang ada pada motherboard.

6. Slot RAM

Sama dengan namanya, bagian dari motherboard ini berperan untuk menyisipkan atau meletakkan RAM. Pada motherboard baru, mereka akan menggunakan jenis DDR3.

7. CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS ini ialah baterai yang ada di motherboard. Baterai ini mempunyai peranan untuk memberinya daya pada suatu memory di motherboard yang mempunyai peranan sebagai setting konfigurasi.

8. Slot IDE dan SATA

IDE sendiri sebagai ringkasan dari Integrated Device Electronic. Slot IDE sendiri mempunyai peranan untuk memberikan dukungan perangkay harddisk atau floppy disk.

Sedang SATA atau Serial Advance Tecnology Attachment bermanfaat untuk menghubungkan serial ATA. Tetapi, di saat ini pada suatu motherboard ada ke-2 slot ini. Karena awalnya pada suatu motherboard cuman ada salah satunya slot saja.

9. Slot PCI

Slot ini kepanjangan dari Peripheral Component Interconnect. Peranan dari slots PCI ini adalah untuk menyelipkan Add-on Card LAN atau sound bahkan juga TV Tunner.

10. Slot AGP

Accelerated Graphics Port sebagai slots untuk memasukkan AGP Card yang berperan tampilkan grafis pada layar komputer. Letak dari slots AGP ini juga bersebelahan dengan slot PCI. Bahkan juga ke-2 slots ini juga hampir serupa bila kamu tidak dapat membedakannya.