Memori HP Penuh? Atasi 6 cara ini

Liputanberitaku.com – Pernahkah Anda menerima pemberitahuan “penyimpanan tidak mencukupi”? Jika pemberitahuan ini muncul, telepon akan memberi tahu Anda bahwa kapasitas memori HP sudah penuh atau tidak cukup lagi untuk menampung file baru.

Oleh karena itu, jika memori HP penuh, pengguna tidak akan bisa lagi menyimpan file foto, video, musik, dan berbagai jenis file lainnya.

Memori HP yang penuh tentu mengganggu, apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas penting seperti merekam video atau mendownload file.

Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan memori HP adalah dengan menggunakan kartu microSD eksternal untuk menambah kapasitas memori.

Namun bagaimana jika memori tersebut juga digunakan secara maksimal? Di ponsel Android dan iOS, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah memori HP yang tidak mencukupi.

Untuk mempelajari cara mengatasi memori ponsel yang tidak mencukupi, silakan simak langkah-langkah berikut yang dirangkum KompasTekno dari WikiHow, Kamis (12/8/2021).

Menemukan aplikasi yang paling banyak menggunakan memori

Untuk menemukan aplikasi yang paling banyak menggunakan memori ponsel, pertama buka menu “Pengaturan” dan pilih menu “Tentang Ponsel”. Selanjutnya, pilih opsi penyimpanan atau memori. Harap dicatat bahwa opsi/menu ini berbeda-beda menurut model telepon.

Pada artikel ini, KompasTekno menggunakan ponsel Mi 10. Setelah memilih opsi penyimpanan atau memori, ponsel akan secara otomatis menampilkan deretan kategori file dan jumlah memori yang digunakan. Pilih kategori yang paling banyak menggunakan memori.

Ponsel akan menampilkan daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel serta kapasitas memori yang digunakan pada tiap-tiap aplikasi, pilih aplikasi yang tidak diinginkan atau jarang dipakai, lalu menghapusnya.

Hapus aplikasi yang jarang-jarang/tidak dipakai

Setelah melihat daftar aplikasi berikut kemampuan memori yang digunakan, Anda bisa hapus file atau aplikasi yang jarang-jarang/tak lagi dipakai. Anda dapat menghapus file foto, video, musik, dan file yang lain secara manual lewat aplikasi File Manajer.

Sementara itu, Anda bisa mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi lewat menu Settings selanjutnya, tentukan pilihan Apps > Manage Apps.

Tentukan program yang ingin dihapus dan tentukan pilihan Uninstall. Anda bisa juga pilih pilihan sort by usage penyimpanan untuk mensortir program berdasar ukuran.

Membersihkan data cache Data cache ialah data sementara dari program yang dipasang dan disimpan di memory handphone. Tiap program mempunyai file cache masing-masing serta memerlukan ruangan penyimpanan.

Makin kerap dipakai, data cache akan makin menumpuk. Misalkan saja saat buka situs di browser/browser, mekanisme akan simpan gambar yang disaksikan dan menyimpan di file cache. Untuk hapus data cache, silahkan ke menu Settings > Apps > Manage Apps.
Seterusnya mencari program yang tersering dipakai dan tentukan pilihan delete cache.

Taruh file di cloud atau memory eksternal

Memori internal mempunyai pekerjaan khusus untuk simpan program. Untuk kurangi kemampuan pemakaiannya, Anda bisa membagikan gambar, video, dan file yang lain ke memory external atau service cloud, seperti Google Drive.

Service milik Google ini menyediakan tempat untuk menyimpan gratis dengan kemampuan sampai 15 GB. Anda tidak perlu cemas file yang disimpan akan lenyap karena file itu bisa dijangkau setiap saat memakai program Google Drive.

Streaming lebih disarankan

Melihat film di Netflix atau Disney Plus lebih bagus dilakukan secara streaming. Ini bisa dilaksanakan untuk menahan pemakaian memory internal, ingat satu film atau seri yang didownload ke handphone dapat mengambil alih kemampuan penyimpanan sampai ratusan Megabyte (MB).

Hindari aplikasi pembersih RAM

Saat sedang menelusuri toko program Google Play Toko dan App Toko, seringkali Anda akan mendapati referensi program yang diklaim bisa kurangi pemakaian RAM handphone. Tetapi, tidak semua aplikasi ini dapat berjalan baik dan seringkali justru memberatkan performa handphone.