Aplikasi Benchmark di PC / Laptop Terbaik Paling Akurat

Aplikasi Benchmark di PC / Laptop Terbaik

Liputanberitaku.com — Pernah dengar istilah benchmark? Istilah ini digunakan saat kita ingin ketahui seperti apakah kualitas atau potensi dari komputer atau laptop. Tanpa benchmark, kita tidak paham apa perform yang dipunyai piranti kita sesuai keperluan yang kita harapkan. Sebetulnya, istilah benchmark sendiri tidak cuma dipakai untuk computer tetapi digunakan untuk handphone.

Lantas apa itu benchmark? Benchmark sebuah proses yang dipakai untuk mengetes kekuatan dari satu piranti dengan manfaatkan program atau software khusus.

 

Dalam kata lain, ada software yang direncanakan khusus untuk menolong kita mendapatkan info seputar performa komputer atau handphone.

Untuk proses benchmark cukuplah sederhana karena kita perlu memasang program benchmark selanjutnya jalankan program itu. Kemudian, kita tinggal menanti sesaat sampai program benchmark memberinya info sekitar perform piranti yang kita tes.

Aplikasi Benchmark di PC / Laptop

Terkait dengan program benchmark di PC atau netbook, berikut ini kami telah mempunyai beberapa program terbaik yang menjadi opsi pas untuk mengetes apa piranti yang kita punyai mempunyai perform sama sesuai ekspekstasi khususnya sesuai harga yang dijajakan.

 

1. MSI Afterburner

MSI Afterburner sebagai salah satunya aplikasi cek vga PC atau netbook terbaik sekarang ini. Program ini dapat dipakai untuk lakukan overclock dan memantau software di pada sebuah program. Program ini akan tampilkan info sekitar pemakaian RAM, temperatur, speed clock, pemakaian CPU dengan berdasar core, kecepatan kipas, dan sebagainya.

Kelebihan MSI Afterburner yakni pemakai dapat simpan penataan overclocknya . Maka, saat computer atau netbook dihidupkan dan program ini diaktifkan, karena itu penataan overclock itu akan tersetting secara automatis sama seperti yang telah diletakkan awalnya.

2. Intel Extreme Tuning Utility atau XTU

Sesuai namanya, aplikasi cek vga pc yang ini dibikin oleh Intel yang bernama telah kita mengenal. Program ini sediakan beragam feature yang lumayan komplet. XTU akan lakukan benchmark lewat cara online untuk lakukan tes pada RAM, processor, IGP atau Integrated Graphics, GPU, secara automatis.

XTU diperlengkapi dengan profil manajemen di mana pemakai dapat lakukan advanced tuning. Adapun waktu lakukan benchmark dengan XTU lebih kurang sekitar di antara 3 sampai 10 menit. Tentu saja periode durasi waktu itu sesuaikan dengan detail yang ada di computer atau netbook yang dibenchmark.

3. CPU-z

Sebetulnya, CPU-Z sebagai aplikasi yang dibikin untuk tampilkan info sekitar beberapa komponen computer sama seperti yang diperlihatkan oleh XTU. Program bikinan CPUID ini mempunyai versus terbaru yang telah diperlengkapi dengan feature benchmark. Dalam kata lain, CPU-Z termasuk salah satunya program benchmark di netbook atau PC.

Namun, ada yang memiliki pendapat jika hasil benchmark yang diperlihatkan oleh CPU-Z masih tidak cukup demikian optimal. Ini karena CPU-Z mempunyai kekuatan yang terbatas saat lakukan benchmark. Saat yang dibutuhkan juga benar-benar singkat yakni sekitaran 15 s/d 20 detik saja. Penggguna bisa juga memencet tombol ‘Stop’ selanjutnya stress tes dapat stop.

4. CineBench

CineBench ialah aplikasi cek vga pc bikinan Maxon yang dapat menjadi satu diantara opsi terbaik untuk mengetes kekuatan processor. CineBench sanggup mengetes processor baik yang singgel-thread atau multi-thread dengan cara lakukan render pada gambar dan lakukan pengetesan pada GPU.

Tetapi sebetulnya, aplikasi cek vga pc ini lebih pas digunakan untuk menguji perform processor dan stress tes processor karena cara kerjanya memang memberinya beban yang berat pada processor.

Di saat lakukan benchmark pada processor, perform RAM tentukan berapa tinggi score benchmark yang didapat. Untuk durasi waktu lakukan benchmark lebih kurang 3 sampai 10 menit. CineBench sebagai program yang dapat didapat dengan gratis. Namun, aplikasi cek vga pc ini mempunyai ukuran file yang besar.

5. wPrime

Masih berkaitan dengan aplikasi cek vga pc atau laptop, ini kali kami akan mengulas mengenai wPrime. Program ini dibikin untuk lakukan pengetesan pada multi-thread processor. Cara kerjanya yakni dengan membuat processor hitung bilangan sempurna dalam jumlah 32 juta. Satu diantara keunggulan yang diberi wPrime ialah pemakai dapat atur sendiri beruapa thread yang bakal dites performnya.

Saat itu, saat yang dibutuhkan untuk lakukan stress tes umumnya tidak begitu lama yakni sekitaran 30 detik. Tetapi untuk pengetesan 1024 M umumnya memakan waktu di antara 3 sampai 10 menit. Ada yang memiliki pendapat jika kemampuan RAM tidak punya pengaruh pada score benchmark. Tetapi ada pula yang memiliki pendapat bila RAM bisa juga tentukan score benchmark. Bila ingin tahu, silahkan ambil wPrime lewat link berikut ini.