5 Cara Mudah Ternak Belut Tanpa Lumpur – Cocok Untuk Pemula!

Cara Mudah Ternak Belut Tanpa Lumpur

Liputanberitaku.com — Mempunyai gagasan untuk manfaatkan tempat di belakang rumah untuk budidaya belut?  Nach, untungnya kali ini Blog Tempatbelajar akan mengulas topik  Cara Mudah Ternak Belut.  Cara Mudah Ternak Belut  yang ini tidak memakai kolam atau drum seperti umumnya, tetapi prosesnya cukup mudah untuk dilakukan pemula.

Salah satunya kekurangan dari sistem yang ini hanya penyiapan makanan yang semakin banyak karena belut cuman mendapatkan makanan dari pakan itu.

Tetapi, kekurangan itu dapat menjadi kelebihan karena belut semakin dapat dikendalikan saat terserang penyakit dan turunnya angka kanibalisme.

Seperti dikutip dari infoagribisnis.com,langsung yok dibaca Cara Mudah Ternak Belut selengkapnya!

Cara Mudah Ternak Belut  tanpa Lumpur

Penyiapan Air dan Tempat Budidaya

Persiapkanlah sebuah kolam yang dibeton sekitarnya karena hewan ini sukai sekali mengeruk dan jala sesuai luas kolam yang dibikin.

Disamping itu, persiapkan air bersih yang jernih dan tidak memiliki kandungan zat kimia dengan temperatur 26-28 derajat Celsius.

Jauhi pemakaian air PDAM karena kandungan kaporitnya yang tinggi, air sumur yang kurang kandungan oksigen, dan air sampah. Pokoknya, persiapkan air yang kaya oksigen, khususnya untuk bibit belut yang kecil.

Penyeleksian Bibit dan Cara Menebarkannya

Sesudah tempatnya dipersiapkan, cara seterusnya yang perlu dilaksanakan ialah mempersiapkan bibit yang bakal dipakai. Berikut beberapa ciri bibit baik yang perlu jadi perhatian:

  • tidak cedera atau cacat
  • memiliki ukuran 10-12 cm
  • lincah
  • tidak terlihat pucat
  • mengeras saat dipegang

Sesudah kamu mendapati bibit dengan persyaratan di atas, seterusnya kamu harus menyebar benihnya. Karena  Cara Mudah Ternak Belut  ini tidak dilakukan dengan lumpur, maka kamu dapat menyebar semakin banyak bibit.

Jumlah bibit yang diperlukan untuk kolam memiliki ukuran 1×1 meter ialah 30 kg.

Pemberian Pakan

Pakan yang perlu diberi sebaiknya cocok, tidak terlalu sedikit atau banyak. Bila kebanyakan, maka air akan cepat kotor hingga belut akan mudah sakit dan mati. Jika kebalikannya, bisa jadi sifat kanibal belut akan muncul hingga mereka akan makan satu sama lain.

Sebagai catatan, sepanjang belut masih makan pakan yang kamu beri, tidak boleh menukar pakan dengan lainnya. Berikut tipe pakan yang disukai belut:

  • cacing merah
  • ikan cere
  • anakan ikan mas
  • kecebong
  • keong sawah
  • ulat Hongkong

Proses Perawatan

Kualitas air ialah hal yang perlu jadi perhatian saat lakukan budidaya belut. Disamping itu, kamu harus juga memberikan makan dengan teratur dan selekasnya tangani belut yang kelihatan sakit.

Beberapa ciri belut yang berpenyakit ialah seperti berikut:

  • terus bergerak dalam siang hari
  • selalu naik ke permukaan
  • saling serang satu sama lain

Adapun, belut sebagai makhluk hidup yang mengeluarkan lendir pada badannya sebagai proses pertahanan diri. Lendir itu rupanya dapat mempengaruhi pH air bila dibuat kebanyakan. Karena itu, selalu pastikan untuk mengganti atau mensirkulasi air saat keasaman optimal melebih 7 (batasan keasaman).

Panen

Proses panen belut rupanya relatif benar-benar mudah untuk dilaksanakan karena kamu tinggal mengusung jala yang telah dipersiapkan awalnya.

Bila kamu tidak memakai jaring, cukup menguras saja kolam itu. Saat sebelum panen, pastikanlah kamu telah mempersiapkan tempat untuk simpan belut-belut itu.

Itu  Cara Mudah Ternak Belut  tanpa drum yang dapat dicoba di dalam rumah.