6 Cara Budidaya Pakcoy Hidroponik Panen Dalam Satu bulan!

Cara Budidaya Pakcoy Hidroponik Panen Dalam Satu bulan!

Liputanberitaku.com — Kamu suka makan sawi pakcoy? Tanaman asal China dan Asia Timur ini dapat kamu tanam sendiri dengan tehnik hidroponik, lo. Sebagai tutorial, berikut cara Budidaya pakcoy hidroponik yang gampang buat kamu turuti!

Beberapa penggemar masakan oriental pasti akrab dengan sawi pakcoy. Sayur hijau satu ini sepintas sekilas terlihat seperti caisim, tapi daun dan batangnya condong bundar seperti mangkuk.

Disamping itu struktur tangkai daunnya lebih gurih saat kamu gigit. Bila tertarik menanamnya, baca cara Budidaya pakcoy hidroponik berikut, yok!

Cara Budidaya Pakcoy dengan Tehnik Hidroponik

1. Penyiapan Alat dan Bahan Hidroponik

Pertama persiapkan alat dan bahan sesuai tehnik hidroponik yang bakal kamu pakai. Pada tutorial ini, tehnik hidroponik yang dipilih ialah sistem rakit apung. Untuk mekanisme ini kamu memerlukan alat dan bahan berikut ini:

  • Media tanam berbentuk rockwool
  • Bibit pakcoy berupa biji
  • Alat potong, bagusnya pakai gergaji besi atau cutter
  • Nutrisi hidroponik
  • Netpot
  • Alat pengukur pH

Tidak itu saja, pastikan telah mempersiapkan sistem hidroponik rakit apung berbentuk bak berisi air, ya.

2. Tahap Penyemaian Bibit Sawi Pakcoy

Sesudah alat dan bahan siap, kamu wajib melakukan penyemaian lebih dulu pada bibit pakcoy. Triknya, celup bibit pakcoy ke air, angkat, lalu buntel memakai kain atau tisu yang basah.

Di dalam 1-2 hari biji akan pecah hingga lebih pakcoy lebih gampang tumbuh saat kamu tanam dengan tehnik hidroponik.

Selanjutnya kerjakan cara berikut ini:

  1. Potong rockwool jadi ukuran 2×2 cm dan lubangi sedikit tengahnya
  2. Masukan satu biji berkecambah ke satu lubang tanam
  3. Basahi rockwool sama air, taruh pada tempat tertutup dan teduh
  4. Kerjakan penyiraman 2x satu hari, tetapi janganlah sampai tempat tanam terlampau becek
  5. Alihkan ke lokasi dengan cahaya matahari langsung bila kecambah telah ada

3. Tahapan Pemidahan Bibit Pakcoy Hidroponik

Saat daun sejati telah ada, kamu dapat lakukan perpindahan tanaman. Tetapi periode terbaik sebetulnya ialah saat telah ada dua daun sejati pada sebuah bibit pakcoy. Ada dua opsi cara yang dapat kamu kerjakan dalam tahapan ini.

Pertama, kerjakan pemindahan dengan netpot. Maknanya, rockwool akan ditempatkan dalam netpot baru ditempatkan ke mekanisme hidroponik rakit apung.

Ke-2 kamu dapat lakukan tahapan berpindah tanam tanpa netpot.  Triknya,langsung tempatkan rockwool di bak karena dia akan mengapung. Dampaknya pada perkembangan, bila tanpa netpot karena itu akar tanaman dapat tumbuh lebih bebas

Budidaya Pakcoy
Budidaya Pakcoy

4. Mengatur Gizi Sawi Pakcoy Hidroponik

Bila menanam pakcoy di tanah, tanaman pasti memperoleh gizi secara alami. Tetapi bila ditanamkan secara hidroponik, kamu harus teratur memberikan gizi manual, Salah satunya triknya yaitu, dengan memberikan gizi hidroponik dari sampah organik.

Disamping itu, kamu harus atur pH air yang dipakai supaya konstan di range 6,0-7,0. Biasanya air PDAM mempunyai pH sampai 8,5, untuk menurunkannya kamu dapat menambah asam nitrat atau asam sulfat ke air.

5. Tahap Perawatan Sawi Pakcoy

Ada tiga hal yang penting kamu lihat saat menanam pakcoy hidroponik, yaitu:

  • Jumlah air di bak
  • Tingkat kepekatan gizi tanaman
  • Resiko hama tanaman
  • Makin besar tanaman, akan makin banyak air yang dia serap untuk tumbuh.

Persisnya, bila kamu 50 bibit pakcoy yang nyaris panen, kurang lebih air yang menyusut dapat capai 10-15 liter sehari-harinya.

Oleh karenanya, kamu perlu mengatur jumlah air dan kepekatan gizi tanaman dengan teratur. Pakai pupuk hidroponik terbaik supaya perkembangan tanaman makin konstan. Janganlah lupa, kamu harus juga memeriksa resiko pakcoy terserang hama seperti leaf miner dan laba-laba.

6. Masa Panen Pakcoy Hidroponik

Bila lokasinya bagus, pakcoy hidroponik bisa dipanen dalam kurun waktu empat minggu. Kamu dapat lakukan pemanenan di sore atau pagi hari supaya kwalitasnya lebih bagus. Jika kamu menanamnya untuk konsumsi individu, tak perlu memetik semua pakcoy sekalian.

Tetapi apabila sudah telanjur, tampung pakcoy dalam plastik dan taruh di almari pendingin supaya lebih tahan lama.