Langkah Memasang id properti web analytics di Web Anda

Langkah Memasang id properti web analytics di Web Anda

Liputanberitaku.com — Pada intinya id properti web analytics dipakai untuk menganalisa trafik web yang Anda punyai. Data dan statistik penting untuk orang yang memulai usaha, karena berdasar data ini, Anda bisa tentukan taktik pemasaran selanjutnya yang bisa bekerja lebih bagus pada usaha Anda, atau Anda perlu meneruskan taktik yang sudah dilaksanakan karena insight dari data analytics telah memperlihatkan hasil baik. Berikut keutamaan data, semua bisa disaksikan, dijelajahi, dan diproses.

Google Analytics dapat kumpulkan beberapa data pengunjung web Anda selengkapnya mengenai demografi pengunjung, dimulai dari jumlah pengunjung web, asal lokasi pengunjung, lama lawatan, keyword yang dicari, web/link yang ke arah web Anda, halaman web yang terpopuler dan tersering didatangi pengunjung, beberapa konten artikel atau website yang paling dicintai pengunjung, langkah tingkatkan kecepatan web, dan ada banyak kembali.

Analytic penting untuk orang yang ingin meningkatkan usahanya lewat cara online atau digital. Dalam artikel ini akan diterangkan bagaimanakah cara memasangkan Google Analytics pada web Anda. Tetapi saat sebelum bergerak ke keterangan itu, perlu dimengerti jika Analytics bisa diaplikasikan pada basis WordPress atau Blogger . Maka Anda tak perlu cemas, di bawah ini beberapa langkah yang dapat Anda aplikasikan.

Langkah Mendaftarkan Akun Google Analytics

Hal pertama kali yang harus Anda siapkan tentu saja ialah sebuah web aktif dengan basis dari WordPress. Web yang dipunyai dapat e-commerce, website individu, company profil, government, individual, pertunjukan, news portal, dan lain-lain. Hal ke-2 yang penting disiapkan ialah mempunyai account Google Analytics. Tetapi bila Anda belum mempunyai account ini, tidak boleh cemas karena triknya lumayan gampang :

  1. Buka situs Google Analytics selanjutnya tentukan “sign in to Analytics”
  2. Di halaman login, masukan alamat e-mail Anda selanjutnya click “next”
  3. Masukan sandi dan click “sign in”
  4. Click “sign up” untuk proses membuat account Analytics
  5. Masukan beberapa informasi seperti ‘nama akun’, ‘nama website’, ‘URL website’, ‘kategori industri’, dan ‘zona waktu’
  6. Click contreng semua ‘data share setting’ yang direferensikan oleh Google
  7. Click “Get Tracking ID” dan click “I Accept” pada situs persyaratan dan service
  8. Kemudian, Anda akan memperoleh treking kode Google Analytics berupa JavaScript yang perlu terpasang di dalam HTML web Anda. Umumnya treking kode ini dengan diawali UA yang memiliki arti Universal Analytics.
  9. Pada intinya, code ini bisa dipakai secara universal untuk semuanya web.
id properti web analytics
id properti web analytics

Langkah Memasangkan id properti web analytics pada basis WordPress

tahap selanjutnya sesudah mempunyai account Google Analytics dan treking kode Google Analytics ialah memasangkannya pada web Anda. Ini kali basis yang hendak dipakai ialah WordPress . Maka yang pertama perlu Anda siapkan tentu saja ialah web berbasiskan basis WordPress, yang ke-2 ialah treking kode yang sudah Anda punyai dari account Google Analytics. Sebetulnya ada tiga langkah untuk mengimplementasikan code ini ke web yakni dengan menambah treking kode langsung ke file header.php, menambah baru di file functions.php, atau memakai Plugins.

Menambah tracking kode ke file header.php

  1. Login ke WordPress Administrator
  2. Pada dasbor, click Appearance > Editor
  3. Membuka header.php dan memulai ubah
  4. Masukan treking kode Google Analytics yang sudah Anda punyai awalnya pada tag paling akhir, selanjutnya click “up-date file”
  5. Yakinkan untuk selalu menambah code ini saat Anda mengganti topik web

Menambah treking kode ke functions.php

  1. Login ke WordPress Administrator
  2. Pada dasbor, click Appearance > Editor
  3. Membuka functions.php dan memulai ubah
  4. Lebih dahulu ganti treking kode, dan tulis code itu ke sisi bawah file functions.php pada tag saat sebelum tag paling akhir pada HTML web
  5. Taruh dan click “up-date file”
  6. Yakinkan untuk selalu menambah code ini saat Anda mengganti topik web

Memakai Plugins

Langkah ini ialah langkah paling mudah dan yang tersering dilaksanakan oleh beberapa pemilik basis WordPress yang ingin masukkan treking id properti web analytics mereka.

  1. Login ke WordPress Administrator
  2. Pada dasbor, click Plugins, mencari dan install Plugins “Google Analytics Dasbor for WP (GADWP)”
  3. Sesudah Plugins aktif, click “Google Analytics” dan click tombol “Authorize Plugin”
  4. Click “peroleh code akses” dan tentukan account Google yang dipakai untuk akses Google Analytics
  5. Click “perkenankan”
  6. Tulis code yang diberi
  7. Tempel code ke dasbor Google Analytics dan click “taruh code akses”