Masyakat Lebih Suka Menonton TikTok Daripada Youtube

Liputanberitaku.com – Popularitas TikTok semakin meningkat. Faktanya, TikTok sekarang mengalahkan YouTube di China. Hal ini terlihat dari hasil riset perusahaan riset aplikasi mobile App Annie, mulai Juni tahun lalu atau pada akhir kuartal kedua (Q2) tahun 2021.

Menurut penelitian, pengguna internet di Amerika Serikat (AS) lebih suka menonton TikTok daripada YouTube. Setiap warga AS menghabiskan 24 jam sebulan menonton video di TikTok.

Angka ini lebih tinggi dari durasi setiap netizen menonton video di YouTube, yakni 22 jam 40 menit per bulan. Hal yang sama terjadi di Inggris pada Mei 2020. Bedanya, waktu yang dihabiskan di TikTok dan YouTube untuk setiap netizen Inggris cenderung lebih besar.

Menurut laporan, pada Mei 2020, dalam sebulan, pengguna Internet Inggris menonton hampir 26 jam konten di TikTok.

Pada saat yang sama, mereka menonton YouTube kurang dari 16 jam. Perlu ditekankan bahwa dalam penelitian ini, App Annie menghitung durasi pengguna Android, tidak termasuk iOS.

App Annie percaya bahwa keberhasilan aplikasi Bytedance didorong oleh format video pendek, konten nyata, dan siaran langsung yang disajikan di platform.

Tak heran jika YouTube juga mengadopsi format video pendek di platformnya dan merilis fitur YouTube Shorts.

YouTube masih berkinerja baik dalam “total durasi”

Meskipun TikTok telah melampaui TikTok dalam hal durasi setiap pengguna, YouTube masih juara dalam hal durasi total semua pengguna.

Meski tidak ada indikasi spesifik berapa angka ini, kemungkinan waktu yang dihabiskan oleh semua pengguna YouTube akan jauh lebih lama dari waktu yang diterima TikTok.

Hal ini mengingat pengguna YouTube yang tercatat telah mencapai 2 miliar pengguna. Pada saat yang sama, menurut catatan BBC, TikTok saat ini memiliki 700 juta pengguna di seluruh dunia, tidak termasuk pengguna Douyin versi China, yang juga dikenal sebagai aplikasi TikTok.

Menurut data App Annie pada paruh pertama tahun 2021, basis pengguna YouTube yang begitu besar akhirnya menjadikan aplikasi video Google sebagai aplikasi yang paling banyak dilihat secara keseluruhan oleh pengguna Android. TikTok menempati posisi kelima. Masih kalah dengan Facebook, WhatsApp dan Instagram.

App Annie juga mencatat, pengguna Android maupun iOS di seluruh dunia (tidak termasuk Android user di China) juga lebih banyak “belanja” di YouTube ketimbang TikTok, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (8/9/2021).

TikTok Paling Banyak Diunduh

Pada bulan Agustus, App Annie juga melaporkan bahwa TikTok mengalahkan Facebook untuk menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Biasanya, posisi nomor satu ditempati oleh Facebook.

Namun kini jejaring sosial yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu menempati urutan kedua. Dikatakan bahwa selama pandemi, popularitas TikTok meningkat, yang memaksa orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

TikTok juga merupakan pemimpin dalam unduhan di Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Selatan. Selain App Annie, laporan awal oleh perusahaan riset Sensor Tower juga menunjukkan hasil serupa.

Menurut laporan Sensor Tower, TikTok telah diunduh 384,6 juta kali dalam enam bulan pertama tahun 2021.

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari angka unduhan di toko aplikasi App Store dan Google Play Store. Dengan angka download yang mencapai 384,6 juta kali, TikTok secara umum mengalahkan jumlah download media sosial raksasa dari keluarga Facebook (Facebook, WhatsApp, Instagram).

 

 

Artikel asli