Lebih Penting Bakat atau Kerja Keras Agar sukses? Ini Jawabannya!

Liputanberitaku.com — Lebih Penting Bakat atau Kerja Keras Agar sukses? Ini Jawabannya!- Bakat dan kerja keras dipercaya banyak orang sebagai dua modal utama meraih kesuksesan. Namun, dari kedua hal tersebut, manakah dari kedua hal tersebut yang lebih diperlukan, khususnya dalam menghadapi ketatnya persaingan global di masa sekarang?

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma mengungkapkan bahwa memiliki gritty leadership lebih penting ketimbang bakat dan kerja keras. Gritty Leadership merupakan pola pikir yang membentuk seseorang menjadi individu pantang menyerah, berani dan konsisten mewujudkan target karir dicita-citakan. Lebih Penting Bakat atau Kerja Keras Agar sukses? Ini Jawabannya!

Mereka yang memiliki Gritty Leadership biasanya akan mengerahkan bakat dan bekerja keras sampai apa yang dicita-citakannya tercapai. Dengan demikian, kerja keras dan konsistensi berperan penting dalam metode ini. “Seseorang yang memiliki grit dalam hidup akan terus berusaha mencapai goals-nya meski banyak hambatan dan kesulitan,” kata Galuh

Untuk menumbuhkan grit di dalam diri generasi muda perlu menerapkan pola pikir yang berkembang (growth mindset) dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan terbiasa menghadapi tantangan dan tidak selalu berada di zona nyaman, pantang putus asa, terbuka terhadap kritik dan berusaha bangkit ketika menghadapi keterpurukan.

Kamu pasti pernah mendengar istilah ‘bakat terpendam’ bukan? Istilah itu menunjukkan bahwa sebuah bakat bisa terpendam alias gak terdeteksi oleh siapa pun. Bahkan mungkin si empunya bakat sendiri gak sadar bahwa dia sebenarnya berbakat.

Hal itu bisa terjadi jika seseorang gak mau menggali potensi diri dan bakatnya. Bagaimana kalau bakat itu baru ketahuan ketika sudah terlambat, misalnya ketika keadaanmu gak memungkinkan lagi untuk mengembangkannya? Akhirnya bakat itu pun jadi gak berguna.

Sebaliknya, kerja keras selalu bisa membawa kesuksesan, kapan pun itu. Entah kamu masih muda atau sudah tua, kamu tetap bisa meraih keberhasilan jika bekerja keras.

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli