Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama

Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama–Alasan mengapa perlu bagi kita untuk bekerja sama adalah karena dengan bekerja sama maka beban terbagi sehingga pekerjaan yang sulit sekalipun terasa mudah dan cepat selesai. Selain itu, kerja sama juga akan memperkokoh kebersamaan dan menjalin rasa persaudaraan yang akan mempererat persatuan dan kesatuan. Marik kita bahas Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama

Mengapa kita harus bekerja sama? Karena bekerja sama memfasilitasi atau memfasilitasi kegiatan bersama. Dalam buku Communication in Organizational Leadership (2016) karya Muwafik Saleh, orang sangat perlu berkolaborasi dengan orang lain. Baca Juga: Singapura, Satu-Satunya Negara Asia Tenggara Tanpa Produk Tambang. Dua hal yang bertolak belakang ini, manusia perlu berinteraksi, berkelompok dan bekerja sama dengan orang lain.

Dengan kerja bersama, kebutuhan dan keinginan dapat diwujudkan. Tidak ada manusia yang dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginannya tanpa bantuan orang lain. Sejak kita dilahirkan, kita membutuhkan orang lain. Orang harus bisa bekerja sama dengan orang lain. Kerja sama membawa manfaat yang signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Prinsip kerjasama ditujukan untuk mencapai tujuan yang baik.

Selain kerja sama, perhatian harus diberikan pada kepentingan bersama, bukan kepentingan pribadi dan saling menguntungkan. Kerjasama tidak dapat didorong oleh kepentingan sepihak, tetapi harus berdasarkan kesepakatan yang saling menguntungkan. Dimanapun kita berada, kita harus bisa bekerja sama dengan orang lain dan tidak egois. Kolaborasi dapat terjadi di rumah, di sekolah, di komunitas, atau di tempat kerja. Melalui kerja sama, tujuan yang dinamis terwujud dan persatuan tercipta untuk semua individu.

Kita Perlu Bekerja Sama

Pembahasan

Kerja sama, gotong royong, tolong menolong dan musyawarah adalah amanat luhur dari PancasilaKerja sama, seperti yang disinggung pada soal, menjadi bukti kuatnya rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat sebab kerja sama baru akan terwujud jika ada kekompakan. Ini perlu untuk kita laksanakan dalam kehidupan karena membawa banyak manfaat bagik bagi diri sendiri, masyarakat maupun bangsa dan negara. Apabila dirinci, berikut ini beberapa alasan penting mengapa kita perlu menjalin kerja sama :

  1. menjadikan beban terbagi sehingga pekerjaan terasa ringan, mudah dan lebih cepat selesai.
  2. yang terjalin dengan baik akan melatih diri seseorang untuk mengedepankan kepentingan bersama, tidak bersikap egois atau mementingkan diri sendiri.
  3. memperkokoh kekompakan, menciptakan hubungan persaudaraan dan mempererat kebersamaan dalam masyarakat.
  4. akan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga masyarakat tidak mudah terpecah. Dengan persatuan tersebut, masyarakat bisa menghadapi masalah yang datang menghadang.
  5. terlaksana dalam kehidupan bukan sekedar cerminan kepatuhan diri pada nilai-nilai Pancasila tetapi juga akan membawa dampak positif bagi kehidupan diri pribadi, masyarakat, bangsa dan juga negara.