Cara Cek Speed Website Dengan Mudah

Kecepatan situs yang lambat berdampak buruk bagi bisnis. Istilah ini tidak masuk akal karena kecepatan sebuah website semakin berperan penting dalam perkembangan website. Kecepatan web membuat kesan pertama dan abadi. Orang yang lambat dan malas kembali sekali. Anda harus memeriksa kecepatan situs Anda secara teratur untuk melihat apakah kecepatan situs Anda dipertahankan, ditingkatkan atau bahkan dikurangi.

Sekarang ada semakin banyak situs di mana Anda dapat memeriksa kecepatan situs Anda. Ini memiliki efek positif karena memeriksa kecepatan web bukan lagi tugas yang sulit. Hasil audit tersebut dapat dijadikan sebagai penilaian untuk menilai jika ada yang salah dengan perkembangan situs yang sedang Anda jalankan. Tentu ada kebutuhan untuk menemukan solusi untuk masalah ini dengan cepat dan akurat.

Tidak dapat disangkal bahwa kecepatan situs web menjadi semakin penting. Alasan utama kecepatan situs sangat penting adalah karena tidak ada yang mau menunggu lama hingga situs terbuka sepenuhnya. Bahkan, dalam hitungan detik, pengunjung langsung lari dan berpindah ke situs lain. Tentu saja, pentingnya kecepatan situs web bukanlah segalanya. Berikut adalah 5 alasan mengapa kecepatan situs penting.

1. Mempengaruhi Kesan Pertama

Kecepatan web adalah kesan pertama yang didapat pengunjung. Jika kesan pertama negatif, kesan itu akan bertahan lama di benak pengunjung. Akibatnya, mereka tidak kembali dan bahkan mungkin berbicara dengan orang lain tentang pengalaman buruk mereka. Sebaliknya, kecepatan web cepat dan mudah diakses. Anda akan langsung terkesan.

2. Mempengaruhi Pendapatan

Pengunjung yang melarikan diri dari situs yang lambat dapat menjadi calon pengunjung yang bersedia menghabiskan uang mereka atau memberikan kontribusi positif pada konten yang Anda buat. Bayangkan sebelum Anda melihat apa yang Anda tawarkan, mereka sudah menoleh. Tentunya hal ini akan berdampak pada pendapatan yang sudah diantisipasi sebelumnya. Intinya, calon pelanggan tidak perlu menunggu lama.

3. Mempengaruhi Pengalaman Pengunjung

Setiap pengunjung yang mengunjungi sebuah situs ingin menemukan apa yang mereka cari. Katakanlah situs Anda memberikan apa yang mereka cari. Tapi sayangnya kecepatanmu lambat. Pengunjung ini tidak akan ragu untuk mengabaikan apa yang mereka temukan karena lambatnya akses ke konten. Dalam hal pengalaman pengunjung, kecepatan adalah kuncinya dan tidak ada kompromi.

4. Mempengaruhi Ranking Google

Ya memang, kualitas konten, relevansi, dan otoritas adalah metrik yang berdampak besar pada peringkat Google. Meskipun kecepatan situs bukanlah metrik utama, Anda tidak boleh mengabaikannya. Ini karena Google “malas” dalam menemukan dan mengevaluasi situs yang lambat. Jika Google merayapi dua situs, Google akan memilih situs tercepat terlebih dahulu.

5. Mempengaruhi Opini Publik Jangka Panjang

Situs web yang lambat sering kali memiliki masalah keamanan. Situs Anda mungkin atau mungkin tidak diklasifikasikan sebagai berbahaya dan tidak aman. Pengunjung tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi jika mereka telah berhasil menciptakan opini publik yang menyebar dan mempengaruhi citra website Anda oleh orang-orang pada umumnya. Efeknya bukan lelucon. Keaslian situs Anda bisa rusak.

Cara Cek Kecepatan Website

Memeriksa kecepatan akses ke situs Anda itu mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web penyedia tes kecepatan dan memeriksa kecepatan situs di sana. Ada sejumlah alat yang dapat digunakan pengembang untuk menentukan kecepatan situs Anda secara lebih akurat. Google PageSpeed ​​​​Insights dan GTMetrix adalah dua situs yang masih populer untuk pengujian kecepatan.

1. Cara Cek Speed Website di Google PageSpeed Insights

test speed website
test speed website

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa kecepatan situs Anda di Google PageSpeed ​​​​Insights.

Buka situs web Google PageSpeed ​​​​Insights
Masukkan URL situs web di kotak uji di halaman.
Klik Analisis.
Tunggu hingga proses pengujian selesai.
Setelah selesai, Anda akan menerima laporan tes kecepatan.

2. Cara Cek Speed Website di GTMetrix

test speed website
test speed website

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa kecepatan situs Anda di GTMetrix.

Kunjungi situs web GTMetrix.
Masukkan URL situs web di kotak uji di halaman.
Klik Situs Uji.
Tunggu hingga proses pengujian selesai.
Setelah selesai, Anda akan menerima laporan tes kecepatan.