Rekomendasi Website Untuk Mencari Jurnal Indonesia

Website Untuk Mencari Jurnal Indonesia — Anda dapat menemukan jurnal Indonesia terlengkap di banyak website. Salah satunya dapat ditemukan di perpustakaan elektronik atau perpustakaan nasional, yang merupakan situs resmi pemerintah Indonesia. Penelitian jurnal itu sendiri juga diteliti oleh para akademisi untuk mendukung temuan penelitian mereka. Mungkin untuk Anda juga?

Ada beberapa halaman majalah di Indonesia, tetapi Anda harus selektif dalam mencari majalah. Padahal ada juga tempat yang menyediakan majalah yang kurang bereputasi. Anda bisa mengunjungi beberapa situs servis majalah Indonesia di bawah ini, tidak perlu merogoh kocek karena rata-rata juga gratis. Cukup daftar dan cari jurnal yang terkait dengan topik penelitian Anda.

Website Tempat Mencari Jurnal Indonesia

Berikut adalah beberapa situs di mana Anda dapat menemukan majalah Indonesia yang dapat diandalkan. Jurnal internasional dan jurnal nasional sangat bermanfaat bagi para peneliti, mahasiswa dan pendidik. Hal ini dikarenakan jurnal biasanya digunakan untuk mengembangkan penelitian yang sedang berjalan. Langsung saja berikut adalah daftar tempat di mana Anda dapat menemukan majalah Indonesia.

1. Perpustakaan Nasional Indonesia

Tempat dimana Anda bisa menemukan jurnal-jurnal Indonesia yang tidak diragukan lagi dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, atau yang biasa disebut PNRI. Sebagai pusat perpustakaan tentunya terkait dengan dunia literasi, termasuk hasil-hasil jurnal penelitian Indonesia.

Bagi yang berminat bisa langsung mengunjungi e-resources.perpusnas.go.ig. Ini karena kami tidak hanya mencari jurnal untuk mempelajari referensi penelitian. Tetapi Anda juga dapat bergabung dengan perpustakaan online atau menjadi anggota. Adapun varietas yang tersedia secara online. Jadi tidak hanya dalam bentuk majalah, tetapi juga dalam bentuk e-book dan karya akademis.

Tidak banyak yang tahu ternyata Perpusnas sendiri berlangganan penyedia referensi nasional dan internasional. Ada yang seperti Proquest, sciencedirect, Cambridge University Press, Princeton University Press, dan Balai Pustaka. Jadi dijamin lengkap kalau merujuk ke sini.

2. Directory of Open Access Journal

Tempat yang direkomendasikan untuk mencari jurnal Indonesia adalah Directory of Open Access Journals atau DOAJ. Yang mau lihat lengkapnya bisa search di duaj.org. Sayangnya, portal ini bersifat open access. Kelebihan DOAJ adalah banyaknya koran gratis yang bisa Anda unduh di waktu senggang.

3. Researchgate

Tempat mencari majalah Indonesia selanjutnya adalah researchgate.net. Portal ini beroperasi sebagai komunitas peneliti online. Di sinilah peneliti dapat mengunggah karya mereka ke buku harian. Keuntungan dari komunitas ini adalah anggota yang terdaftar dapat mengirimkan permintaan log secara gratis.

Untuk mengakses komunitas researchgate.net, Anda perlu menggunakan alamat email institusi atau kampus Anda. Mungkin ada orang yang masih gaptek dan tidak tahu caranya, langsung saja ke kampus IPTIK atau ICT atau lembaga tertentu itu kemudian Anda akan mendapatkan email mahasiswa atau email khusus mahasiswa. Keuntungan Researchgate adalah alur kerja seperti jejaring sosial. Dimana situs ini menawarkan sejumlah fitur yang memudahkan penggunanya untuk fokus pada area tertentu.

Penulis juga dapat saling berhubungan dengan mengajukan pertanyaan atau berdiskusi dengan anggota di sana.

4. JSTOR

Tempat lain untuk mencari majalah Indonesia dan internasional adalah JSTOR. Website ini memiliki koleksi majalah yang sangat banyak, tidak hanya ratusan ribu, tetapi juga sekitar 12 juta majalah.

Keuntungan dari jaringan ini adalah memudahkan peneliti untuk mencari sumber referensi selain jurnal. Termasuk buku-buku. Jadi bagi yang ingin mencari sumber referensi jurnal di berbagai negara dan ingin melihat ilmu dari dunia luar bisa mengunjungi website ini. Di sini juga, studi di jurnal bersifat transnasional dan antardepartemen. Dari ilmu film, hubungan internasional, musik, arkeologi, agama dan banyak lagi.

Manfaat JSTOR selanjutnya adalah jurnal atau jurnal yang tersedia berisi kumpulan jurnal yang telah lolos proses review dan memenuhi kriteria. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi mengetahui atau melihat apakah mereka telah ditinjau atau belum.

5. Sage Journals

Jika beberapa rekomendasi di atas masih belum terpenuhi. Maka majalah bijak bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk mencari jurnal Indonesia yang layak untuk dicoba. Sayangnya, jurnal bijak bukanlah situs milik Indonesia melainkan milik Amerika Serikat, sehingga isi diary di dalamnya juga mengandung bahasa asing.

Namun, web ini juga menawarkan sejumlah majalah dalam berbagai disiplin ilmu. Dari ilmu politik, sosiologi, kriminologi, hubungan internasional hingga manajemen dan banyak lagi. Ya, Anda juga dapat menambahkan buku harian favorit Anda ke web ini dan meletakkannya di kolom favorit.