20 Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru 2021

liputanberitaku.com— 20 Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru 2021- Ikan koi telah menjadi idaman bagi para kolektor ikan di seluruh Indonesia. Ikan hias air tawar jenis ini memiliki tampilan fisik yang nyaris sempurna untuk dipandang.

Sebenarnya Ikan yang berasal dari Jepang ini awalnya untuk dikonsumsi. Namun karena bentuk fisiknya yang sangat indah, dan juga beberapa corak yang terdapat pada setiap tubuh yang berbeda modelnya, hewan ini digunakan sebagai hewan peliharaan dan untuk mempercantik estetika rumah.

Sulit membedakan jenis-jenis koi. Ada juga beberapa sifat pada setiap tubuh, jadi sangat sulit untuk membedakannya.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui perbedaan dan karakteristik jenis koi berikut agar Anda dapat membedakannya dan memilih yang paling Anda sukai!

20 Jenis Ikan Koi dan Harga Terbaru 2021

Goromo

sumber gambar : koi-shops

Goromo pada dasarnya adalah Jenis Kohaku dengan batas biru atau hitam yang ditambahkan ke setiap skala merah. Hingga saat ini, goromo ada tiga subtipe, yaitu Budo Goromo, Ai Goromo, dan Sumi Goromo.

Budo goromo memiliki batas biru tidak bersisik yang menghasilkan efek gugusan seperti anggur.

Ai goromo memiliki batas biru tepat di dalam skala merah.

Sedangkan sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir seluruhnya hitam.

Ikan ini bernilai 1,8 juta rupiah, sebanding dengan model unggulannya.

 

Kumonryu

sumber : Pinterest

Jenis ikan ini sangat dijamin memiliki corak yang berbeda-beda. Warna abu-abu putih susu yang menciptakan corak abstrak yang tidak biasa. Mungkin ini yang paling menarik dari jenis koi lainnya, kumonryu benar-benar mengubah corak  mereka berkali-kali sepanjang hidup mereka.

Jenis koi ini bisa berubah dari putih solid menjadi hitam pekat, atau kemungkinan kombinasi keduanya. Biasanya Anda akan menemukan ikan jenis ini dengan harga Rp 600.000 / ekor.

 

Hi Utsuri

sumber gambar : pinterest

Hi utsuri bernuansa gelap jingga hitam dan perpaduan merah tua. Jika anda suka warnanya yang agak gelap, Anda pasti akan jatuh cinta dengan koi jenis ini. Variasi hi utsuri termasuk gin rin hi utsuri dan doitsu hi utsuri.

Hi utsuri biasanya seharga Rp 125.000-300.000 bila warnanya berubah dari merah tua menjadi oranye.

 

Koi Slayer

sumber gambar : unknown google

Sama Seperti namanya, jenis ikan koi ini memiliki sirip yang panjang dan sangat indah seperti selendang panjang. Ada banyak jenis ikan koi slayer ini, namun yang paling banyak dicari adalah ikan koi slayer platinum dan ikan koi slayer kumay.

Harga ikan koi slayer platinum lebih mahal karena jarang ditemukan di pasaran. Harga ikan koi Super Platinum Slayer bisa dijual hingga Rp 5.000.000 per ekor. Namun pada ukuran normal, harga ikan ini mulai dari Rp 160.000 saja.

 

Shiro Utsuri

sumber gambar : pinterest

Jenis ini Seunik jenis Tancho, ikan koi Shiro Utsuri memiliki 2 warna yang berbeda dari yang lain yaitu hitam pekat dan putih bersih jika jenis ikannya bagus.

Jenis koi ini sangat digemari karena memiliki dua warna dasar yang berbeda. Biasanya harga ikan ini berkisar antara Rp 130.000 hingga Rp 300.000.

 

Kikokuryu

sumber gambar : pinterest

Kikokuryu adalah koi (doitsu) tanpa kepala dengan dasar putih dikombinasikan dengan area hitam di dalam sisik, di sepanjang garis belakang dan di sekitar mata dan hidung di kepala.

Kikokuryu pada umumnya dianggap kumonryu versi metalik. Cukup sulit untuk menemukan tipe ini. Tipe ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 150.000 hingga Rp 800.000.

 

Soragoi

sumber gambar : pinterest

Biasanya ikan jenis ini berwarna hitam atau abu-abu tua. Sedikit menakutkan dalam hal warna. Tetapi jika Anda bosan dengan warna-warna cerah, Anda pasti memilih tipe ini.

Jika Soragoi menyelam atau tetap berada di bawah, warnanya terlihat samar samar. Nilai ikan ini kira-kira. Rp 400.000

 

Hakarimono

sumber gambar : valentinac

Warna dasar putih pucat dari Koi Hikarimoyomonoini, dan memiliki pola buram hitam di bagian belakang. Motifnya seperti tulangnya keluar dari tubuhnya.

Ikan jenis ini cukup sulit didapatkan. Selain itu, ikan ini juga cukup mahal, kira-kira. 700 ribu Rp / ekor.

 

Ochiba Shigure

sumber gambar : pinterest

Skema warna pucat Shigure adalah putih susu dan oranye. Warnanya tidak terlalu cerah dan sederhana. Jika Anda tidak menyukai warna-warna terang, masuk akal untuk membeli jenis yang satu ini.

Jenis ikan ini tersedia di pasaran dengan harga Rp 200.000 / ekor.

 

Chagoi

sumber : pinterest

Ciri yang membedakan ikan koi Chago adalah hanya memiliki satu warna. Selain itu, harga per kapita cukup tinggi yaitu 300.000. Jenis ini terbilang jarang digandrungi dan banyak ditemukan di pasaran karena sulit ditemukan.

Selain itu, hanya ada satu warna pada warna bodinya. Namun para kolektor tetap masih mencari ikan ini untuk dijadikan ikan hias di rumahnya masing-masing.

 

Matsuba

sumber gambra : blueridgekoi

Matsuba adalah koi yang menggabungkan warna dasar logam padat dan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba bisa berubah. Warna dasar Jenis Gin natsuba adalah putih, sedangkan untuk jenis ki matsuba berwarna kuning dan aka  matsuba berwarna merah.

Sedangkan variasi matsuba satu-satunya adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba ini biasanya banyak ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp 500.000.

 

Goshiki

sumber gambar : pinterest

Ikan jenis ini hampir identik dengan spesies Sanke karena memiliki ciri khas berwarna merah di atas kepalanya nya dengan warna dasar abu-abu. Hanya tipe Sanke yang berwarna putih. Siripnya berwarna putih, garis putih susu di punggungnya juga pendek.

Terlihat sangat cantik dan elegan, kan? Harga ikan ini berkisaran Rp 700 ribu.

 

Tancho

sumber gambar : pinterest

Tancho adalah versi kohaku yang sangat popular, di mana pola merah tunggal muncul sebagai titik merah di kepala. Dalam industri koi Jepang, Tancho sangat dihormati karena memiliki kemiripan dengan Grus japonensis atau red Crowned crane.

Ikan ini cukup unik dan berbeda, harga ikan ini tidak mahal dan juga tidak murah yaitu antara Rp 125 ribu hingga Rp 550 ribu.

 

Showa Sansoku

sumber gambar : pinterest

Ikan bercorak 3 warna ini terlihat sangat keren saat Anda berenang bebas di dalam kolam. Namun harga ikan jenis ini cukup mahal, yakni berkisar Rp 200 ribu sampai 1 juta.

Biasanya ikan ini memiliki corak warna hitam, merah tua, dan putih.

 

Ogon

sumber gambar : pinterest

Kolektor ikan koi kuning keemasan pastinya mendambakan ikan yang satu ini. Koi Ogon adalah sejenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dan tipe Shiro-Fuji.

Awal percobaan belum menghasilkan warna emas di seluruh tubuh, tetapi setelah 6 generasi keturunan Koi yang disilangkan, warna emas eksotis tersebut telah diperoleh ikan Koi Ogon ini.

Harga ikan ini cukup mahal, namun masih di bawah goromo, yakni sekitar Rp 1,5 juta.

 

Kinginrin

sumber gambar : pinterest

Ikan koi kinginrin memiliki ciri-ciri tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menunjukkan bahwa itu adalah jenis ikan koi. Namun, tampaknya itu salah satu jenis Koi yang diturunkan dari persilangan.

Bisa didapatkan dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp 900 ribu per ekor.

 

Ki Utsuri

sumber gambar : pinterest

Ki utsuri masih memiliki turunan dari Hi utsuri dan Shiro utsuri. Jenis ini tergolong langka dan banyak diminati. Ini akan terlihat elegan dengan pola dasar hitam dan aksen kuning cerah.

Tipe ini dinilai sama dengan kakaknya, yakni sekitar Rp 130.000.

 

Hariwake

sumber gambar : pinterest

Doitsu Hariwake bisa dikatakan sebagai spesies ikan koi termewah. Tubuhnya berwarna putih keperakan seperti mutiara. Ditambah Ada bintik kuning muda di beberapa titik yang tersebar. Siripnya juga berwarna putih keperakan.

Mata di satu sisi memiliki kelopak mata putih dan yang lainnya berwarna kuning. Dari Modelnya bisa terlihat ikan ini cukup eksklusif yaitu berkisar Rp 700 ribu, sama seperti gosiki.

 

Shuisui

sumber gambar : google

Jenis ikan Koi Shusui agak mirip dengan Hikarimoyomono, hanya saja bagian merahnya lebih banyak. Ciri-ciri ikan koi shushui memiliki pola yang mirip dengan tulang rusuk yang berwarna abu-abu di bagian punggung.

Unik bukan? Kalian Bisa didapatkan dengan harga Rp 400.000.

 

Taisho Sanke

sumber gambar : pinterest

Jenis ini merupakan salah satu spesies ikan koi tertua dalam sejarah. Para kolektor ikan koi begitu memburu Taisho Sanke sehingga jenis ini cukup mendunia. Ikan ini Ini memiliki gaya yang memiliki dasar putih solid dengan pola putih dan merah yang tumpang tindih

Harga ikan koi Taisho Sanke biasanya Rp 500.000.

 

Nah itulah jenis jenis ikan koi termahal sampai termurah teman-teman. Bagaimana, mau koleksi jenis apa kalian? Tentu kalian sesuaikan dengan keinginan kalian kan? Bagi kamu untuk memeliharanya tidak sulit, yang penting perhatikan kebersihan air, pola makan dan perhatikan juga lingkungan atau ekosistem nya